Ladies, Mau Tahu Cara Agar Cepat Menstruasi? Ini 9 Tipsnya

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Agustus 2023
Ladies, Mau Tahu Cara Agar Cepat Menstruasi? Ini 9 TipsnyaLadies, Mau Tahu Cara Agar Cepat Menstruasi? Ini 9 Tipsnya

“Cara agar cepat menstruasi dapat kamu lakukan dengan beberapa langkah sederhana. Misalnya, berolahraga secara teratur, orgasme, dan mengonsumsi makanan tertentu, seperti pepaya dan wortel.”

Halodoc, Jakarta - Umumnya banyak wanita sudah tahu kalau siklus menstruasi berkisar 21 hingga 35 hari. Namun, rasanya hanya sebagian wanita yang tahu cara mempercepat datang bulan atau haid. 

Pertanyaannya, buat apa menggunakan cara agar cepat menstruasi?

Alasannya beragam, misalnya melakukan ibadah keagamaan, berlibur ke tempat yang diidam-idamkan, atau hal lainnya yang mengharuskan wanita tampil maksimal tanpa harus “terganggu” oleh keluhan datang bulan.

Lantas, bagaimana cara agar cepat menstruasi? Sebelum itu, simak dulu penyebabnya dengan klik artikel ini: Ini 7 Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur

Berbagai Cara agar Cepat Menstruasi

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat menstruasi, antara lain: 

1. Nanas

Cara agar cepat menstruasi juga bisa dengan mengonsumsi nanas. Buah ini kaya bromelain, enzim yang dipercaya memengaruhi estrogen dan hormon lainnya. 

Studi Properties and therapeutic application of bromelain: A review yang dipublikasikan Hindawi mengatakan, bromelain dalam nanas dapat membantu mengurangi peradangan. Dengan kata lain bromelain dalam nanas bisa membantu mengatasi menstruasi tidak teratur yang berhubungan dengan peradangan. 

Meski begitu, hingga kini masih belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan suplemen nanas atau bromelain sebagai cara agar cepat haid. Saat haid datang, nyerinya kerap mengganggu. Cari tahu di sini: Wanita, Wajib Tahu Cara Menghilangkan Nyeri Menstruasi.

2. Konsumsi vitamin c

Vitamin C juga mampu menginduksi menstruasi pembekuan darah di rahim, sehingga mengurangi perdarahan dan mempercepat haid. Sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang bisa diandalkan untuk mendukung klaim ini. 

Meski begitu, vitamin C diduga mampu meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron. Kandungan itu bisa membuat peluruhan lapisan rahim lebih cepat. 

Hasilnya, bisa mempersingkat masa menstruasi atau mempercepat datangnya haid. Untuk mencoba metode ini simpel kok. Konsumsilah makanan atau buah-buahan yang kaya vitamin C atau suplemen vitamin C.

Hal yang mesti diperhatikan, jangan sampai asupan vitamin C berlebih dalam tubuh. Kondisi ini memicu berbagai keluhan, seperti sakit perut hingga diare.

3. Jahe

Jahe memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Obat tradisional ini bisa menginduksi menstruasi karena bisa menyebabkan kontraksi uterus. 

Namun, sama seperti lemon dan nanas, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Memanfaatkan jahe sebagai cara cepat menstruasi adalah dengan membuat teh jahe.



4. Konsumsi makanan tertentu

Beberapa makanan sebagai cara cepat menstruasi, seperti pepaya, wortel, dan labu. Ketiganya jenis asupan itu mengandung karoten yang bisa merangsang terjadinya menstruasi.

Selain itu, ada juga seledri yang bisa merangsang aliran darah di dalam rahim. Seledri mengandung apiol, zat alami yang memicu rahim untuk berkontraksi, sehingga menyebabkan menstruasi

5. Relaksasi

Bukan rahasia lagi kalau stres bisa menyebabkan periode menstruasi jadi tertunda. Kok bisa? Ketika seseorang stres tubuh akan menghasilkan hormon seperti kortisol atau adrenalin. 

Nah, kedua hormon tersebut mampu menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron. Padahal, estrogen dan progesteron penting untuk mempertahankan siklus menstruasi yang teratur.

6. Berolahraga secara teratur

Cara agar cepat menstruasi selanjutnya adalah berolahraga secara teratur. Aktivitas ini dapat mempengaruhi hormon dan kesehatan secara keseluruhan, yang pada gilirannya dapat memengaruhi siklus menstruasi. 

Menstruasi bisa datang lebih cepat atau terlambat. Siklus masing-masing wanita biasanya berbeda. Namun, perhatikan perbedaan siklus yang normal dan tidak normal di artikel ini: “Ini Perbedaan Siklus Haid yang Normal dan Tidak”.

7. Orgasme

Kombinasi hormon yang diproduksi selama aktivitas seksual dan kontraksi rahim selama orgasme, dapat membantu melebarkan serviks dan membantu rahim mulai melepaskan lapisannya.

8. Minum cuka sari apel setiap hari

Penelitian Intake of vinegar beverage is associated with restoration of ovulatory function in women with polycystic ovary syndrome, yang dipublikasikan The Tohoku Journal of Experimental Medicine menunjukkan, bahwa minum 15 ml cuka sari apel setiap hari dapat memulihkan menstruasi ovulasi pada wanita dengan PCOS. 

Sari apel memiliki rasa pahit, yang mungkin sulit dikonsumsi oleh sebagian orang. Jika ingin mencoba meminumnya, kamu bisa mengencerkannya dengan air dan menambahkan 1 sdm madu.

9. Mengonsumsi folat

Folat dapat merangsang ovulasi teratur dan meningkatkan kadar progesteron pada siklus menstruasi. Rekomendasi asupannya sebanyak 400 mikrogram (mcg) setiap hari, tergantung pada kondisi kesehatan masing-masing.

Kandungan Obat untuk Mempercepat Menstruasi

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa mengonsumsi obat dengan kandungan metformin, clomifene, progestin, dan bromocriptine. Jenis obat ini bekerja dengan menyeimbangkan hormon yang berperan dalam siklus menstruasi.

1. Metformin

Metformin adalah kandungan dalam obat yang bekerja dengan meningkatkan efektivitas insulin dalam tubuh. Dengan begitu, kadar hormon androgen menjadi lebih seimbang. 

Pasalnya, siklus menstruasi yang tidak lancar juga dapat dipicu oleh ketidakseimbangan hormon androgen. Kondisi tersebut dipicu oleh resistensi insulin di dalam tubuh.

2. Clomifene

Clomifene adalah kandungan obat yang berfungsi untuk mengatasi masalah ovulasi. Caranya dengan meningkatkan dan menyeimbangkan kadar luteinizing hormone (LH) dan follicle stimulating hormone (FSH).

LH dan FSH adalah dua hormon pada kelenjar pituitari, ovarium, dan hipotalamus. Keduanya berperan penting dalam proses ovulasi. Dengan menyeimbangkannya, menstruasi lebih cepat datang.

3. Progestin

Cara agar cepat menstruasi selanjutnya dengan mengonsumsi obat yang mengandung progestin. Obat ini dapat membantu melancarkan menstruasi, terutama pada pengidap polycystic ovary syndrome (PCOS).

Progestin biasanya diminum selama 10-14 hari dalam waktu 1-3 bulan. Kandungan tersebut kemudian memicu perubahan dan luruhnya dinding rahim. Ini menjadi pertanda datangnya menstruasi.

4. Bromocriptine

Siklus menstruasi yang tidak lancar juga dapat dipicu oleh kadar hormon prolaktin yang terlalu tinggi. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi obat yang mengandung bromocriptine.

Cara Agar Haid Teratur Tiap Bulannya

Bagaimana agar menstruasi cepat keluar? Apa yang harus dimakan agar cepat haid? Nah, berikut beberapa upaya yang bisa kamu lakukan: 

1. Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang

Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang dapat membantu menjaga kesehatan reproduksi dan keseimbangan hormon. Pastikan mendapatkan cukup nutrisi, termasuk zat besi, kalsium, vitamin D, dan asam folat.

2. Kelola stres dengan baik

Cara agar cepat menstruasi selanjutnya adalah mengelola stres dengan baik. Gangguan ini dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh dan mempengaruhi siklus menstruasi. Carilah cara untuk mengelola stres, seperti dengan meditasi atau yoga.

3. Jaga berat badan ideal

Berat badan yang sehat dan stabil penting untuk menjaga siklus menstruasi tetap teratur. Berat badan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh.

4. Batasi rokok dan alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dan kesehatan reproduksi. Hindari atau kurangi konsumsi kedua hal ini untuk menjaga kesehatan menstruasi.

Bagi kebanyakan wanita, menstruasi bisa disertai dengan nyeri haid yang cukup mengganggu aktivitas harian yang dilakukan. Jika masalah ini tak kunjung membaik, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter spesialis kandungan untuk menemukan langkah perawatan yang tepat.

Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya dengan men-download Halodoc sekarang juga.


Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Can I Make My Period End Faster?
Journal of the Pakistan Medical Association. Diakses pada November 2019. Therapeutic Uses of Pineapple-Extracted Bromelain in Surgical Care - A review
MedlinePlus. Diakses pada 2019. Menstruation
WebMD. Diakses pada 2019. Stop Your Periods with Continuous Birth Control.
Healthline. Diakses pada 2023. to Get Regular Periods Naturally: 8 Home Remedies for Irregular Periods.
Healthline. Diakses pada 2023. How to Regulate Your Periods: 20 Tips and Tricks.
The Tohoku Journal of Experimental Medicine. Diakses pada 2023. Intake of vinegar beverage is associated with restoration of ovulatory function in women with polycystic ovary syndrome.
Hindawi. Diakses pada 2023. Properties and therapeutic application of bromelain: A review.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Progestin.
Medical News Today. Diakses pada 2023. How can you make your period come faster?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan