• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan Terbaik untuk Anjing Berperawakan Kecil

Makanan Terbaik untuk Anjing Berperawakan Kecil

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Makanan Terbaik untuk Anjing Berperawakan Kecil

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu kalau ukuran anjing memengaruhi jenis makanan yang dibutuhkannya? Anjing berperawakan kecil membutuhkan makanan yang dirancang khusus untuk ukuran taringnya.

Anjing kecil berkembang agak berbeda dari jenis anjing lainnya. Menurut American Kennel Club (AKC), kamu bisa menambahkan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian sebagai nutrisi lengkap makanannya untuk anjing peliharaan. Informasi selengkapnya mengenai makanan terbaik buat anjing berperawakan kecil bisa dibaca di sini!

Takaran Makanan yang Baik untuk Anjing Kecil

Sebenarnya anjing tidak sepenuhnya karnivora. Seperti sudah disinggung sebelumnya, kamu dapat menambahkan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian sebagai pendukung nutrisi anjing peliharaan.

Sebagian besar makanan anjing komersial yang kamu temukan di toko makanan anjing mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan anjing kecil untuk tetap sehat. Makanan anjing berkualitas akan diberi label "lengkap dan seimbang," yang terdiri dari protein, karbohidrat, serat, serta vitamin dan mineral. Secara umum, ini adalah diet terbaik untuk anjing.

Baca juga: Tips Melakukan Grooming Anjing di Rumah

Selain itu untuk memudahkannya mengunyah, pilihlah kibble yang lebih kecil sehingga anjing nyaman mengunyahnya dan tidak terlalu berisiko tersedak. Ikuti petunjuk jumlah makanan yang perlu diberikan kepada anjing kecil sesuai anjuran dokter hewan. 

Ingatlah bahwa anjing kecil membakar lebih banyak kalori daripada anjing besar. Anjing kecil bisa menjadi hipoglikemia jika tidak cukup makan. Tanda-tanda anjing kecil mengalami hipoglikemik, seperti badan terlihat lesu dan lemah, kejang, hingga terjadi tremor otot.

Itulah mengapa dokter hewan merekomendasikan untuk memberikan camilan kepada anjing ukuran kecil. Butuh rekomendasi ukuran asupan kalori yang dibutuhkan hewan peliharaanmu, tanyakan saja langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc

Kamu bisa menanyakan masalah kesehatan apapun ke Halodoc dan dokter terbaik di bidangnya akan memberikan solusi. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bahkan bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Kombinasi Makanan Basah dan Kering

Kalori dan nutrisi bukanlah satu-satunya hal yang penting bagi anjing ukuran kecil. Asupan air bersih juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Memasukkan kelembapan ke dalam makanan dengan sesekali memberi makanan basah juga membantu. Kamu bisa menambahkan kaldu dari ayam atau tulang daging yang dibuang di slow cooker yang dicampur dengan makanan anjing. 

Baca juga: 6 Ras Kucing yang Bersahabat dengan Anjing

Cara lain untuk memastikan anjing kecil mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya adalah melalui pemberian makan bergilir. Memvariasikan sumber protein, formula, dan tidak menu itu melulu. Kombinasi ini bermanfaat bagi anjing kecil untuk mendapatkan protein yang berkualitas.

Kamu disarankan untuk memberikan kombinasi jenis makanan yang berbeda setiap hari atau setidaknya 2-3 kali seminggu. Jangan lupa mengombinasikan memberikan makanan basah dan kering untuk memberikan tekstur yang berbeda. 

Jangan Memberikan Makanan Manusia

Makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi anjing dapat menjadi berbahaya. Itulah sebabnya kamu tidak bisa memberikan makanan yang kamu makan ke anjing peliharaan. Meskipun terkadang berbagi apa pun yang kamu makan dengan anjing adalah sesuatu yang menyenangkan, tetapi tidak memberikan makanan manusia ke anjing adalah bentuk rasa sayang dan ini yang terbaik buat peliharaan. 

Baca juga: Ketahui Dampak Jika Sering Berteriak dan Menghukum Anjing

Makanan manusia sering kali terlalu kaya bumbu dan dapat merusak saluran pencernaan anjing. Makanan yang tidak dikenal dapat menyebabkan muntah, diare, atau bahkan radang pankreas, yang dikenal sebagai pankreatitis, yang dapat mengancam jiwa. Selain masalah kesehatan, ini bisa menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. 

Referensi:
Reader Digest. Diakses pada 2020. The Best Dog Food for Small Dogs
American Kennel Club. Diakses pada 2020. Best Dog Food for Small Breeds