• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Lupus Kambuh

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Lupus Kambuh

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Sistem imun mempunyai peran penting dalam menjaga tubuh dari serangan penyakit yang berasal dari luar. Bagian tubuh tersebut bekerja dengan cara membunuh virus, bakteri, hingga kuman yang masuk agar tidak menimbulkan gangguan. Namun, bukan tidak mungkin seseorang mengalami gangguan yang disebabkan oleh sistem imun dirinya sendiri.

Lupus adalah salah satu penyakit yang terjadi ketika sistem imunitas tubuh malah menyerang diri sendiri alih-alih melindunginya. Gangguan ini dapat menimbulkan komplikasi berbahaya saat terjadi. Supaya lupus tidak kambuh lagi, beberapa makanan sebaiknya dihindari.

Baca juga: Mengidap Lupus, Ini Pola Gaya Hidup yang dapat Dilakukan

Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Lupus

Saat lupus terjadi, sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat secara tidak sengaja. Gangguan ini dapat menyebabkan peradangan pada seluruh tubuh, termasuk pembuluh darah, jantung, kulit, ginjal, paru-paru, hingga otak. Penyebab dari lupus masih belum diketahui hingga saat ini.

Gejala dari lupus yang timbul juga dapat berbeda-beda pada tiap orang. Beberapa gejala yang dapat terjadi adalah rasa sakit pada persendian, timbulnya ruam merah, kulit yang lebih peka pada sinar matahari, pembengkakan kelenjar, dan masih banyak lainnya.

Untuk membuat penyakit lupus menjadi lebih baik, kamu dapat menerapkan diet khusus dengan cara selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Kenyataannya memang konsumsi makanan tertentu tidak akan membuat lupus dapat sembuh. Namun, penting untuk menghindari makanan yang dapat menimbulkan kekambuhan. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari pengidap lupus:

  1. Makanan Berlemak

Salah satu makanan yang harus dihindari oleh seseorang dengan gangguan lupus adalah makanan kaya akan kandungan lemak. Contoh yang paling sering dikonsumsi banyak orang adalah daging merah. Makanan tersebut mampu menyebabkan gangguan pada jantung. Maka dari itu, cobalah untuk beralih konsumsi menjadi ikan karena kandungan lemaknya yang minim. Selain itu, kandungan asam lemak tak jenuhnya dapat melindungi tubuh dari gangguan pada jantung dan stroke.

  1. Bawang Putih

Jika kamu mengidap lupus, hindari konsumsi bawang putih. Kandungan bawang putih berupa tiosulfinat dan allicin dapat membuat sistem kekebalan terpengaruh, sehingga lupus mengalami kekambuhan. Selain itu, alfalfa juga dapat menyebabkan hal tersebut karena kandungan L-canavanine di dalamnya. Zat tersebut merupakan asam amino yang dapat menimbulkan peradangan.

Baca juga: Sering Telat Dideteksi, Kenali Lupus Sejak Dini

  1. Sayuran Nightshade

Lupus juga dapat kambuh saat seseorang mengonsumsi sayuran yang masuk kategori nightshade. Contoh dari jenis sayuran tersebut adalah terong, kentang, dan tomat. Jenis sayur ini dapat meningkatkan tingkat sensitif tubuh, sehingga lupus mengalami kekambuhan. Maka dari itu, hindari jenis sayuran ini agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

  1. Makanan Olahan dan Lemak Trans

Faktanya, semua orang benar-benar harus membatasi konsumsi makanan olahan dan yang mengandung lemak trans. Terlebih lagi jika kamu mengidap penyakit lupus yang dapat menimbulkan kekambuhan dan gangguan yang lebih parah. Pasalnya, makanan tersebut dapat meningkatkan kadar steroid yang membuat tubuh lebih lapar, sehingga porsi makan menjadi lebih banyak dan buruk bagi tubuh.

  1. Hindari Garam

Kamu juga harus benar-benar menghindari konsumsi garam karena mampu meningkatkan tekanan darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Kamu dapat mengganti garam dengan bumbu lainnya yang tetap membuat makanan menjadi lezat dan enak disantap. Cobalah untuk lebih banyak menggunakan rempah-rempah sebagai pengganti agar tubuh tetap sehat.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari oleh pengidap lupus. Sangat penting untuk selalu memperhatikan konsumsi makanan sehari-hari agar benar-benar menjaga lupus untuk tidak kambuh. Dengan begitu, aktivitas harian dapat terus berlanjut dan komplikasi berbahaya dapat dihindari.

Baca juga: Pola Hidup Sehat untuk Bumil yang Mengidap Lupus

Kamu juga dapat bertanya perihal makanan apa saja yang harus dihindari saat mengidap lupus pada dokter dari Halodoc. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Dengan begitu, kamu dapat bertanya tentang semua hal yang berhubungan dengan kesehatan.

Referensi:
Lupus News Today. Diakses pada 2020. 6 Foods Lupus Patients Might Want to Avoid.
Healthline. Diakses pada 2020. Diet Tips for Lupus.