• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Air Rebusan Kencur untuk Kesehatan

4 Manfaat Air Rebusan Kencur untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Kencur menjadi salah satu bahan alami yang sering dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Nyatanya, ada manfaat baik yang bisa didapat dari rutin mengonsumsi air rebusan kencur. Apa saja manfaat yang bisa didapat dari tanaman yang satu ini? 

Kencur alias Kaempferia galanga masih masuk dalam famili jahe (Zingiberaceae). Tanaman ini sudah lama dikenal sebagai bahan dalam pengobatan tradisional. Rutin mengonsumsi jahe dan kencur bisa menjaga kesehatan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga:  Kencur, Jahe, dan Kunyit, Apa Saja Manfaatnya?

Manfaat Konsumsi Kencur 

Kencur biasanya mudah ditemukan di dapur, karena sering digunakan sebagai bumbu masakan. Namun tahukah kamu, kencur ternyata bisa diolah menjadi minuman yang bermanfaat untuk kesehatan. Kencur bisa dibuat jamu atau sekadar air rebusan. 

Ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapat dari rutin konsumsi minuman kencur, di antaranya: 

  • Mengatasi Batuk 

Salah satu masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan air rebusan kencur adalah batuk. Cobalah untuk membuat ramuan dengan merebus kencur dicampur garam yang dikenal sebagai obat batuk berdahak. Mengonsumsi air rebusan kencur disebut bisa membuat pernapasan menjadi lebih lega dan terasa nyaman. 

  • Tubuh Lebih Tenang 

Segelas air rebusan kencur setiap hari disebut bisa membuat tubuh lebih tenang dan terhindar dari stres. Kencur memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat. Konsumsi minuman ini kemudian akan memberikan efek sedatif atau menenangkan pada tubuh. Hal itu yang kemudian membuat beberapa orang memanfaatkan kencur sebagai obat untuk mengurangi efek stres, cemas, gelisah, dan depresi.

Baca juga: Ini Manfaat Kencur untuk Kesehatan

  • Mengatasi Gangguan Pencernaan 

Selain antidepresan, kencur juga disebut memiliki sifat antibakteri dan sitotoksik yang cukup banyak serta bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Hal itu yang membuat konsumsi air rebusan kencur dipercaya bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan, yaitu diare. Kondisi ini sebaiknya tidak dianggap sepele sama sekali. Diare yang tidak ditangani dengan tepat bisa meningkatkan risiko dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh. Diare juga bisa memberi efek lain, seperti tubuh lemas, pusing, hingga kesulitan beraktivitas. 

  • Menjaga Kesehatan Gigi

Rebusan kencur juga memiliki sifat antimikroba. Kandungan tersebut memiliki manfaat menakjubkan bagi tubuh dan bisa membantu menghambat perkembangan bakteri Lactobacillus acidophilus di dalam tubuh. Jika bakteri ini dibiarkan masuk tubuh, bisa memicu kerusakan gigi seperti munculnya karies gigi. Kondisi ini bisa memicu terjadinya lubang, infeksi, hingga sakit gigi. 

Rutin mengonsumsi air rebusan kencur juga bisa memberi dampak menyehatkan untuk tubuh. Minuman ini bisa menjaga imunitas tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Rebusan air kencur juga memiliki rasa yang menyenangkan dan bisa menghangatkan tubuh. 

Meski memiliki manfaat sehat untuk tubuh, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit jika mengalami gejala sakit yang parah. Konsumsi air rebusan kencur dalam jangka panjang yang tidak membuahkan hasil sebaiknya diwaspadai. Sebab, bisa jadi ada gejala penyakit yang muncul bersifat parah dan harus segera mendapat penanganan medis. 

Baca juga: 5 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Anak

Atau jika ragu, kamu bisa mencoba untuk menyampaikan keluhan dan gejala yang muncul ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi 

NCBI. Diakses pada 2020. Toxicity of Crude Rhizome Extract of Kaempferia Galanga
Plants Journal. Diakses pada 2020. A comprehensive review of Kaempferia galanga L (Zingiberaceae)