• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Alpukat untuk Menu Berbuka Puasa

4 Manfaat Alpukat untuk Menu Berbuka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Alpukat merupakan buah yang bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk meningkatkan pencernaan yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa. Buah dengan tekstur lembut ini serbaguna, satu-satunya buah yang menyediakan sejumlah besar asam lemak tak jenuh tunggal sehat. 

Apalagi alpukat merupakan makanan padat nutrisi alami dan mengandung hampir 20 vitamin dan mineral, sehingga termasuk dalam makanan yang cukup sederhana dan nyaman jika dimakan saat berbuka puasa. Terlebih lagi alpukat tidak mengandung kolesterol atau natrium apapun dan rendah lemak jenuh. 

Baca juga: 6 Buah yang Cocok untuk Berbuka Puasa

1. Mengandung Lemak Baik

Alpukat adalah makanan berlemak tinggi. Namun, mayoritas lemak dalam alpukat adalah asam oleat, asam lemak tak jenuh tunggal yang juga merupakan komponen utama minyak zaitun dan diyakini berfungsi atas beberapa manfaat kesehatan. 

Asam oleat dikaitkan dengan pengurangan peradangan dan terbukti memiliki efek menguntungkan pada gen yang berkaitan dengan kanker. Lemak dalam alpukat juga agak tahan terhadap oksidasi yang disebabkan oleh panas. Inilah yang membuat lemak pada alpukat menjadi pilihan yang sehat dan aman untuk berbuka puasa.

2. Mengandung Serat yang Cukup

Serat adalah nutrisi yang relatif kaya dalam alpukat. Alpukat berkontribusi pada penurunan berat badan, mengurangi lonjakan gula darah. Orang yang mengonsumsi alpukat secara teratur cenderung dapat menahan kenaikan berat badan dan memiliki lemak perut lebih sedikit. Mereka juga memiliki kadar kolesterol baik yang lebih tinggi. 

Baca juga: Lagi Sahur, Konsumsi 7 Makanan Ini Biar Kenyang Lebih Lama

3. Membantu Penyerapan Nutrisi

Makanan yang kamu makan harus diserap nutrisinya oleh tubuh kemudian dipindahkan ke tempat nutrisi tersebut akan digunakan. Dengan mengonsumsi alpukat, maka proses penyerapan dan pemindahan nutrisi dapat berjalan dengan lancar. 

Beberapa nutrisi larut dalam lemak, artinya mereka perlu dikombinasikan dengan lemak agar dapat dimanfaatkan.  Vitamin A, D, E, dan K larut dalam lemak, bersama dengan antioksidan seperti karoten. Dengan mengkombinasikan alpukat dalam makanan dapat meningkatkan penyerapan antioksidan hingga 15 kali lipat. 

Jadi, tidak hanya alpukat yang bergizi tinggi, alpukat juga dapat meningkatkan nilai gizi makanan nabati lain yang kamu makan. Ini adalah alasan yang sangat baik untuk selalu memasukkan sumber lemak sehat saat berbuka puasa. Tanpanya, banyak nutrisi tanaman yang terbuang sia-sia. 

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daripada terlalu banyak makan goreng-gorengan saat berbuka puasa, lebih baik menggantinya dengan alpukat. Buah alpukat terbukti sebagai makanan yang ramah untuk menurunkan berat badan. Maka memasukkan alpukat dalam menu buka puasa dapat membantu kamu makan lebih sedikit kalori secara alami dan memudahkan kamu untuk tetap berpegang pada kebiasaan makan yang sehat 

Mengingat alpukat mengandung tinggi serat dan karbohidratnya sangat rendah, dua atribut yang seharusnya membantu mempromosikan penurunan berat badan. Setidaknya dalam konteks berpuasa dengan basis makanan yang sehat dan nyata. 

Baca juga: Hindari Makan Berlebihan saat Berbuka Puasa, Ini Sebabnya

Mengolah Alpukat untuk Berbuka Puasa

Ada banyak cara kreatif untuk mengolah alpukat sebagai hidangan berbuka puasa. Beberapa menu yang dapat kamu buat di antaranya:

  • Yoghurt Alpukat

Yoghurt merupakan minuman sehat dengan rasa yang sedikit asam. Jika kamu tertarik, kamu bisa memilih yoghurt alpukat sebagai hidangan berbuka puasa. Kamu dapat mencampurkan beberapa mililiter alpukat dengan sepertiga cangkir alpukat. 

Cara membuatnya, campurkan alpukat dan yoghurt ke dalam blender. Setelah halus, masukan tambahan garam dan perasan lemon. Agar sedikit manis, kamu bisa menambahkan madu. Blender hingga halus, kemudian sajikan. 

  • Es Alpukat

Mendengar namanya saja sudah sangat menyegarkan untuk dimakan saat berbuka. Kamu dapat membuat es alpukat dengan tambahan bahan lainnya. Campurkan alpukat matang yang sudah dipotong dadu dengan air kelapa muda, kelapa serut, krimer kental manis, dan selasih. Masukkan semua bahan ke dalam wadah, kemudian aduk. Sajikan secara dingin. 

Jika kamu ingin mengetahui manfaat buah lainnya untuk pilihan berbuka, kamu dapat menanyakannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 12 Proven Health Benefits of Avocado.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Why is avocado good for you?