• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Berbuka Puasa dengan Bubur Kacang Hijau

4 Manfaat Berbuka Puasa dengan Bubur Kacang Hijau

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Bulan puasa adalah momen bagi setiap muslim untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya dengan beribadah. Selain itu, tidak sedikit orang juga memanfaatkannya untuk membuat tubuhnya lebih sehat dengan menurunkan berat badan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Banyak makanan yang dapat kamu konsumsi untuk menyehatkan tubuh saat berbuka puasa, salah satunya adalah bubur kacang hijau. Memang banyak orang yang menyukai makanan ini karena rasanya yang khas. Manfaat apa saja yang dapat kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsi bubur kacang hijau sebagai menu berbuka puasa? Berikut bahasannya!

Baca juga: Cicip Bubur Kacang Hijau, Ini Manfaatnya

Manfaat Konsumsi Bubur Kacang Hijau saat Berbuka Puasa

Setiap orang yang berpuasa sangat menantikan momen berbuka dan telah menyiapkan beberapa makanan yang sudah dipersiapkan agar dapat disantap langsung. Selain rasa yang nikmat, penting juga untuk selalu memperhatikan nilai gizi dan manfaat yang dapat diterima oleh tubuh saat memakannya. Dengan itu, bubur kacang hijau dapat menjadi salah satu pilihan.

Bubur kacang hijau memang salah satu jenis kacang yang umum diolah karena rasa yang nikmat dan mudah untuk membuatnya. Selain itu, kacang tersebut kaya akan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Mineral tersebut antara lain mangan, potasium, folat dan zinc. Maka dari itu, berikut adalah beberapa manfaat dari konsumsi bubur kacang hijau saat berbuka puasa:

  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat dari konsumsi bubur kacang hijau saat berbuka puasa adalah untuk melancarkan pencernaan. Kacang tersebut mengandung serat yang mampu membuat sistem pencernaan lebih sehat dan mempercepat pengolahan makanan di dalam usus. Maka dari itu, sangat disarankan berbuka puasa dengan makanan itu terutama saat pencernaan terganggu.

  1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Rutin konsumsi bubur kacang hijau ketika berbuka juga baik untuk seseorang yang mengalami gangguan terkait kolesterol. Kandungan pada kacang hijau mampu menurunkan kolesterol jahat, sehingga tubuh lebih sehat. Pasalnya, kandungan isoflavon yang dapat menekan lemak jahat agar tidak menyebar di dalam tubuh. Sangat disarankan untuk memakan bubur kacang hijau secara rutin agar manfaatnya terasa pada tubuh.

Baca juga: 9 Manfaat Kacang Hijau yang Luar Biasa

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait manfaat apa saja yang dapat diperoleh tubuh saat rutin mengonsumsi bubur kacang hijau saat berbuka puasa. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc melalui Play Store dan App Store.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kamu juga dapat menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi bubur kacang hijau saat berbuka puasa. Beberapa kandungan di dalamnya, seperti zat besi, fosfor, kalium, dan magnesium sangat baik untuk menjaga fungsi pembuluh darah tetap stabil. Akhirnya, jantung dapat memompa lebih efektif tanpa adanya hambatan yang berarti.

  1. Menjaga Berat Badan

Jika kamu ingin menjaga atau menurunkan berat badan jika berlebih, penting untuk mengonsumsi bubur kacang hijau. Kandungan serat dan proteinnya mampu membuat perut lebih cepat kenyang dan tahan lebih lama. Dengan begitu, kamu dapat menahan diri dari mengonsumsi terlalu banyak makanan yang malah memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Baca juga: 4 Inspirasi Menu Berbuka Puasa yang Sehat

Itulah beberapa manfaat yang dapat dirasakan tubuh saat mengonsumsi bubur kacang hijau secara rutin. Penting untuk selalu memperhatikan konsumsi semua makanan kamu agar membuat tubuh lebih sehat, bukan membuatnya semakin buruk. Kamu juga dapat mengombinasikan kacang hijau dengan konsumsi buah-buahan agar lebih sehat.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Everything you need to know about green beans.
Nutrition Foundation. Diakses pada 2020. A healthy Ramadan.