• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bersihkan Wajah dengan Minyak Zaitun, Ini 6 Manfaatnya

Bersihkan Wajah dengan Minyak Zaitun, Ini 6 Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Bukan hanya minyak kelapa, minyak zaitun juga menjadi salah satu jenis minyak yang baik digunakan untuk menjaga kecantikan wajah. Kandungan nutrisi dan antioksidan dalam minyak zaitun sudah terkenal baik bagi kulit. Nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun, antara lain vitamin K, E, omega 3, 6, dan 9, lemak, serta zat besi. Meski kandungan lemaknya dinilai tinggi, minyak zaitun merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang merupakan lemak baik.

Baca juga: Kulit Sehat ala Wanita Korea, Ini Perawatannya

Minyak zaitun juga mengandung polifenol, yaitu zat yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas. Karena banyak kandungan baik di dalamnya, minyak zaitun memiliki manfaat bagi kecantikan kulit. Berikut manfaat minyak zaitun bagi kecantikan wajah!

  • Mengatasi Jerawat

Kandungan vitamin E di dalam minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk meredakan jerawat, serta menghilangkan bekas jerawat. Kandungan antibakterinya mampu redakan jerawat dengan cepat. Selain itu, antioksidan di dalamnya mampu mengeluarkan racun dari dalam kulit, sehingga kamu dapat mencegah berbagai masalah pada kulit. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu dapat mengoleskan minyak zaitun pada bagian wajah yang berjerawat, kemudian pijat secara perlahan selama lima menit. Setelah itu, tambah kekuatan pijatan, lalu pijat selama 10 menit. Setelah selesai, diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat, dan lap lembut hingga kering. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu dapat melakukannya dua kali sehari.

  • Melembapkan Kulit

Tahukah kamu bahwa vitamin E dan antioksidan dalam minyak zaitun dapat menggantikan kinerja losion yang biasa kamu pakai? Untuk mendapatkan kecantikan kulit, kamu dapat mengoleskannya pada bagian tubuh yang terasa kering. Efek melembapkan minyak zaitun akan menjaga elastisitas alami kulit, serta mengenyalkan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat menggunakannya sesering mungkin.

Baca juga: 4 Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diwaspadai

  • Menghaluskan Wajah

Kecantikan wajah dapat kamu peroleh saat mengaplikasikan minyak zaitun dengan pepaya yang telah dihaluskan pada kulit wajah. Enzim papain pada pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat memakai masker pepaya ini setiap hari.

  • Mengecilkan Pori-Pori

Memiliki pori-pori wajah yang besar bukan hanya mengganggu rasa percaya dirimu saja, make up juga menjadi susah menempel karena hal ini. Belum lagi minyak dan komedo yang tinggal dalam pori-pori besar. Untuk mencegah masalah-masalah kulit tersebut, kamu dapat mengoleskan minyak zaitun di area-area wajah yang bermasalah.

  • Mencerahkan Wajah

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah, adalah memutihkan wajah. Kandungan zat polifenol dalam minyak zaitun akan melindungi sel-sel kulit dari sinar UV dan radikal bebas. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu dapat menggunakan minyak zaitun setiap hari.

  • Mengencangkan Wajah

Zat linoleic acid dalam minyak zaitun akan menjaga kadar air pada kulit wajah, sehingga kamu terhindar dari gejala penuaan dini, seperti keriput. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan tinggi yang membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu dapat mencampurkan minyak zaitun dengan madu, kemudian aplikasikan sebagai masker. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga: 4 Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diwaspadai

Jika kamu memiliki kulit sensitif atau riwayat reaksi alergi pada wajah, diskusikan terlebih dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan bahan alami yang satu ini, ya! Meskipun minyak zaitun adalah bahan alami, pada sebagian orang berkulit sensitif, kandungan pada minyak zaitun dapat menimbulkan reaksi alergi yang berbahaya.

Referensi:

Medical News Today. Diakses pada 2020. Is Olive Oil a Good Moisturizer for Your Face?
Healthline. Diakses pada 2020. Olive Oil Benefits for Your Face.
Allure. Diakses pada 2020. 12 Unexpected Beauty Uses for Olive Oil.