• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gemar Konsumsi Apel Hijau, Apa Manfaatnya?

Gemar Konsumsi Apel Hijau, Apa Manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Kita mungkin lebih sering melihat atau mengonsumsi apel merah ketimbang apel hijau. Di Indonesia, apel hijau memang terbilang lebih langka ketimbang apel merah. Sebenarnya, apel hijau juga tidak kalah sehat dengan apel merah. Melansir dari Healthline, apel hijau juga mengandung beta karoten yang cukup tinggi dan memiliki jumlah kalori dan karbohidrat hingga 10 persen lebih rendah dibanding apel merah.

Bukan itu saja, apel hijau juga mengandung polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Melihat dari semua kandungan dalam apel hijau, berikut ini manfaat kesehatan yang bisa diperoleh saat mengonsumsi apel hijau. 

Baca juga: Apel Merah Vs Apel Hijau, Lebih Sehat Mana?

Manfaat Apel Hijau untuk Kesehatan

Berikut manfaat apel hijau untuk kesehatan yang dihimpun dari Health Reactive, yaitu :

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Apel adalah salah satu buah yang identik dengan diet. Kandungan seratnya yang tinggi menjadi alasan utama mengapa buah ini sangat cocok dikonsumsi saat menjalankan diet. Serat dalam apel membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna, sehingga kamu merasa kenyang lebih lama dan tidak cepat lapar.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Buah apel terkenal akan kandungan antioksidannya. Nah, kandungan flavonoid dan fitokimia dalam apel berkontribusi besar dalam mengurangi sel-sel penyebab kanker. Jenis antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas yang mampu mengembangkan penyakit kanker. 

  1. Memperkuat Tulang

Apel hijau adalah sumber vitamin C yang baik untuk membantu dalam produksi kolagen dan menjaga kepadatan tulang. Jadi, rutin mengonsumsi apel hijau dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari.

Baca juga: Khasiat Buah Apel yang Cocok untuk 6 Penyakit Ini

  1. Mendetoksifikasi Hati

Manfaat apel hijau selanjutnya adalah membantu mendetoksifikasi hati. Kandungan serat dan antioksidan meningkatkan produksi empedu, yang berguna untuk mengeluarkan racun sebelum mencapai hati.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Nutrisi dalam apel hijau bisa membantu meningkatkan bakteri “baik” pada usus. Kurangnya jumlah bakteri baik, terutama pada pengidap obesitas, bisa meningkatkan risiko gangguan metabolik dan peradangan. Nah, mengonsumsi apel hijau secara rutin membantu mengurangi risiko efek buruk tersebut.

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang lemah membuat tubuh mudah tertular infeksi. Ternyata, apel hijau mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh melalui sifat antioksidannya. Jadi, kalau kamu tidak mau gampang sakit, cobalah untuk rutin mengonsumsi apel hijau.

  1. Mempertajam Penglihatan

Mengonsumsi satu buah apel hijau setiap hari dapat membantu mempertajam penglihatan. Kandungan antioksidan, vitamin C dan fitonutrien yang bekerja melawan radikal bebas di retina, sekaligus melindungi lensa dan menyembuhkan luka di kornea lebih cepat.

Baca juga: Alasan Apel Dapat untuk Menurunkan Berat Badan

Semakin tertarik untuk mengonsumsi apel hijau? Sebaiknya rutin konsumsi buah beserta dengan kulitnya. Jika kamu punya pertanyaan lain mengenai buah yang satu ini, kamu bisa bertanya lebih lanjut ke ahli gizi melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, kamu bisa menghubungi ahli gizi kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Impressive Health Benefits of Apples.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to know about apples.
Health Reactive. Diakses pada 2020. 7 Health Benefits of Green Apples.