• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Okra untuk Kesehatan Rambut

5 Manfaat Okra untuk Kesehatan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Okra merupakan sayuran dengan banyak nutrisi sehat, yang juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Okra mengandung banyak asam folat yang dapat membantu mengontrol keseimbangan hormon untuk menghentikan kerontokan rambut. Okra mengandung 46 mcg Asam folat untuk mencegah kerontokan rambut. 

Selain asam folat, okra juga mengandung Vitamin C. Dalam 100 gram okra terdapat 16,5 vitamin C. Vitamin jenis ini diketahui dapat membantu menghentikan kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan radikal bebas dapat menghentikan pertumbuhan rambut. Selain itu, okra merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Sifat antioksidannya dapat membantu menghentikan kerontokan rambut. Untuk lebih lengkapnya, inilah manfaat okra yang perlu diketahui:

1. Melembutkan Rambut

Jika kamu memiliki jenis rambut kaku, lendir okra ini bisa kamu coba untuk melembutkan rambut. Gunakanlah okra untuk mendapatkan rambut indah bergelombang. Rebus okra dengan sedikit tambahan air dan lendir transparan yang muncul kemudian dapat digunakan untuk mengembalikan rambut indah kamu. 

Baca juga: Selain Buah, Daun Pepaya juga Punya Manfaat untuk Kesehatan

2. Sebagai Kondisioner Rambut

Cairan yang dihasilkan dari rebusan okra juga dapat digunakan sebagai hair conditioner. Caranya adalah dengan membasahi rambut, kemudian peras secara perlahan untuk membuang air yang berlebih. Setelah itu, ambil lendir dari buah okra, oleskan pada telapak tangan, dan pijatkan pada rambut. Kemudian, bilaslah rambut dengan air bersih. 

3. Melembapkan Kulit Kepala

Bukan cuma mampu melembapkan helaian rambut, okra juga sebagai pelembap alami yang sangat baik untuk kulit kepala yang kering dan gatal. Manfaat okra akan membuat rambut terasa lembut dan yang paling penting, tidak menimbulkan bahaya. Khasiat okra juga bermanfaat untuk orang yang memiliki rambut kusut dan keriting. 

4. Mengatasi Ketombe

Okra tidak hanya berguna bagi rambut, tetapi juga dapat memperbaiki keseluruhan kondisi kulit kepala dan melawan ketombe. Dengan khasiatnya yang dapat melembapkan kulit kepala, maka kulit kepala juga akan terhindar dari ketombe membandel. 

Baca juga: Jaga Kesehatan Rambut dengan 3 Cara Mudah Ini

5. Rambut Jadi Lebih Berkilau

Manfaat okra ada pada cairan yang dihasilkan buah okra. Cairan atau lendir tersebut bisa dijadikan bilasan pada rambut. Hasilnya rambut akan jadi lebih berkilau. Jadi kamu mungkin tidak perlu lagi menggunakan kondisioner yang dijual bebas, karena okra lebih alami.

Manfaat Lain dari Okra

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan rambut, okra juga bermanfaat untuk kesehatan lainnya. Dengan menerapkan pola makan yang kaya buah-buahan dan sayuran dapat mengurangi peluang seseorang untuk mengembangkan berbagai kondisi kesehatan, termasuk obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. 

Lendir okra juga dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh. Nutrisi dalam okra dapat berguna untuk mencegah beberapa masalah kesehatan, termasuk:

  • Kanker

Okra merupakan kacang-kacangan yang mengandung lektin yang merupakan jenis protein. Okra mengandung sumber folat yang baik. Salah satu ulasan pada 2016 menyarankan bahwa folat mungkin memiliki efek pencegahan terhadap risiko kanker payudara. Asupan folat yang rendah juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami berbagai jenis kanker, termasuk kanker servik, pankreas, paru-paru dan kanker payudara.

  • Baik untuk Kehamilan dan Menyusui

Folat dalam okra  juga penting untuk mencegah masalah janin selama kehamilan. Kadar folat yang rendah dapat menyebabkan keguguran dan masalah bagi anak, termasuk kondisi seperti spina bifida. 

  • Kesehatan Jantung

Okra mengandung tinggi serat yang dapat mengurangi kadar kolesterol berbahaya dalam darah. Makanan berserat tinggi menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, obesitas, dan diabetes. Serat juga dapat memperlambat penyakit jantung pada orang yang sudah memilikinya. 

Baca juga: 6 Penyebab Rambut Rontok pada Wanita

Itulah manfaat okra yang perlu kamu ketahui. Jika kamu mengalami masalah kesehatan lainnya, kamu juga dapat membicarakannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Komunikasi dengan dokter dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Nutrition and Health Benefits of Okra.
HHL. Diakses pada 2020. Amazing Benefits Of Okra For Hair.