• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Olahraga Muay Thai bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Olahraga Muay Thai bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Olahraga Muay Thai tidak hanya menyenangkan dilakukan sebagai aktivitas fisik, tetapi nyatanya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh secara total. Ini dikarenakan latihan Muay Thai menggunakan kombinasi, seperti berlari, lompat tali, kickboxing, dan shadowboxing

Data kesehatan yang dipublikasikan oleh Fight City Gym, mengungkapkan kalau 60 hingga 90 menit latihan Muay Thai dapat membakar 1000–1200 kalori. Itulah alasan kenapa Muay Thai efektif mengencangkan otot, meningkatkan fleksibilitas dan latihan untuk core yang kuat. Informasi selengkapnya mengenai olahraga Muay Thai bisa dibaca di bawah ini!

Kelebihan Muay Thai Dibanding Olahraga Kontak Fisik Lainnya

Muay Thai tidak sama dengan olahraga kontak fisik lainnya. Olahraga ini menggunakan siku dan lutut. Muay Thai membutuhkan banyak ketangkasan dan keterampilan sehingga menjadikannya sebagai bentuk latihan yang bagus untuk kesehatan emosi dan fisik. Apa sajakah manfaat Muay Thai?

Baca juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan Agar Tetap Sehat

  1. Muay Thai Meningkatkan Disiplin Diri

Menghadiri kelas dan pelatihan Muay Thai secara teratur adalah cara yang brilian untuk meningkatkan disiplin diri. Ketika kamu mempelajari keterampilan dan teknik baru serta melihat adanya kemajuan, ini secara tidak langsung memotivasi diri untuk disiplin pada latihan. Pola semacam ini pada akhirnya akan mengembangkan kebiasaan sehat serta meningkatkan disiplin diri pada aktivitas lainnya.

  1. Muay Thai Melatih Pertahanan Diri 

Latihan Muay Thai dapat mengajarkan seseorang bagaimana tetap tenang, berpikir secara strategis, dan berani menghadapi lawan, baik secara harfiah maupun metaforis. Dengan mempelajari teknik-teknik dalam Muay Thai, secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa percaya diri dan pembawaan diri dalam situasi apa pun.

  1. Meningkatkan Stamina dan Kesehatan Jantung

Muay Thai melatih stamina fisik dan mental secara signifikan. Muay Thai akan membuat kamu menjalani latihan yang keras dan menguji kekuatan dan stamina secara signifikan. Latihan kardiovaskular ini akan meningkatkan stamina dan kesehatan jantung jika mau menjalaninya secara totalitas dan disiplin tinggi. 

  1. Meningkatkan Mobilitas Pinggul

Menggerakkan pinggul secara teratur melalui aktivitas olahraga akan memberikan komplimen mobilitas lebih baik seiring pertambahan usia. Mobilitas pinggul yang baik akan menurunkan risiko cedera pinggul dan kondisi medis terkait lainnya. 

  1. Penghilang Stres Mujarab

Setelah menjalani hari yang panjang, latihan Muay Thai dapat menjadi sarana untuk melepaskan semua stres melalui pukulan dan tendangan. Ini secara efisien dapat menyalurkan segala bentuk emosi negatif dan memberikan stimulus endorphin yang tinggi. Makanya, kamu akan merasa bahagia setelah selesai latihan.

Baca juga: 4 Olahraga yang Aman Dilakukan saat Menopause

Butuh rekomendasi jenis olahraga terbaik sesuai dengan kebutuhanmu? Informasi ini bisa ditanyakan langsung lewat aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu.  Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa ha.

Melepaskan Agresif dan Mencari Risiko

Data kesehatan yang dipublikasikan oleh Science Focus, menunjukkan kalau olahraga agresif dan kontak fisik seperti Muay Thai disukai karena ada sensasi yang tidak diberikan oleh olahraga lainnya. Dua sensasi tersebut adalah melepaskan agresivitas serta keinginan untuk mencari risiko. 

Sebuah hasil survei di Indiana University Bloomington, Amerika Serikat (AS), menunjukkan kalau menonton ataupun melakukan olahraga kontak fisik memberikan kenikmatan. Baik itu kenikmatan dari sensasi takut ataupun keberhasilan karena sudah berhasil keluar dari krisis risiko. 

Pada intinya secara psikologis manusia senang akan tantangan. Dan terkadang menempatkan diri pada risiko yang “berbahaya” untuk merasakan sensasi kecemasan dan ketakutan, kemudian juga kelegaan karena berhasil keluar dari bahaya tersebut. Ini alasan penjelasan lain yang ditinjau secara psikologis, kenapa orang kerap melakoni olahraga kontak fisik yang salah satunya adalah Muay Thai.

Referensi:
Fight City Gym. Diakses pada 2020. WHAT ARE THE PHYSICAL AND MENTAL BENEFITS OF MUAY THAI TRAINING.
Science Focus. Diakses pada 2020. Why do we enjoy watching other people fight?