• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Manfaat PSBB bagi Keluarga

Ini 6 Manfaat PSBB bagi Keluarga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Sampai kini belum ada tanda-tanda pandemi virus corona akan segera berakhir di negara kita. Namun, langkah Pembatasan sosial berskala Besar (PSBB) yang diambil pemerintah terbukti memperlambat penyebaran virus corona di Indonesia. 

Kalau mau lihat lebih jauh, sebenarnya PSBB bukan cuma menyoal penyebaran virus corona saja. Kebijakan pemerintah ini ternyata bisa kita manfaatkan untuk memperkuat ikatan dengan keluarga, yaitu pasangan dan anak. 

PSBB mengharuskan sebagian besar masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Dengan kata lain, sebagian besar waktu kita akan dihabiskan di rumah bersama pasangan dan anak.

Penasaran apa saja manfaat PSBB bagi keluarga? Berikut penjelasan selengkapnya. 

Baca juga: Ketahui Quarantine Fatigue, Rasa Lelah Akibat di Rumah Saja

1. Quality Time Meningkat

PSBB yang telah berlangsung selama sebulan lebih ini memberikan kita kesempatan untuk membangun quality time bersama keluarga. Jangan salah, menurut ahli psikolog, meningkatnya quality time dengan keluarga bisa menciptakan suasana yang harmonis di rumah. 

2. Meningkat Semangat Hidup

Menurut beberapa penelitian, quality time yang meningkat juga bisa menaikkan semangat hidup anggota keluarga. Anggota keluarga dengan quality time yang cukup akan menjadi lebih bahagia, lebih rukun, dan memiliki lebih sedikit konflik.

3. Keakraban Semakin Erat

Untuk kita yang hidup di kota-kota besar, kesibukan, dan aktivitas di luar mungkin lebih menyita waktu ketimbang menghabiskan waktu bersama keluarga dirumah. Namun dengan diterapkannya PSBB, maka maka bersama keluarga pun semakin banyak. Nah, bila waktu bersama keluarga ini bisa dimanfaat dengan baik, maka kebersamaan dengan keluarga akan semakin intim. 

Baca juga: Ini Penjelasan Sistem Imun yang Kuat Bisa Lawan Virus Corona

Dengan kata lain, makin sering kita berinteraksi bersama pasangan atau anak, maka kita akan semakin lebih akrab dengan karakter setiap anggota keluarga. 

4. Meningkatkan Kemampuan Anak Bersosialisasi

Bagaimana cara meningkatkan kemampuan akan dalam bersosialisasi? Ingat, kemampuan anak dalam bersosialisasi di masyarakat, bermula dari dalam keluarganya. Bila komunikasi dan ikatan dalam keluarga baik, maka biasanya akan tumbuh rasa percaya diri dalam dirinya. Nah, rasa percaya diri inilah yang bisa men-support anak dalam bersosialisasi dengan lingkungannya. 

5. Lebih Sehat Bersama Anak dan Pasangan

Tetap aktif secara fisik amat penting untuk meningkatkan suasana hati. Awas, frustasi dan kebosanan bisa muncul ketika anak tidak mendapatkan kesempatan untuk aktif secara fisik. Oleh karena itu, sebaiknya ibu perlu membuat ide-ide olahraga atau latihan fisik yang kreatif. Misalnya, menyiapkan rintangan di halaman belakang, atau bermain bola basket dan sepak bola. Ajaklah pasangan agar kegiatan olahraga semakin menarik dan seru. 

Baca juga: Ini Alasan Virus Corona di Indonesia Disebut Berbeda 

6. Mencoba Aktivitas Baru 

Menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga, tidak perlu biaya banyak uang. Faktanya, beberapa kegiatan yang paling menyenangkan adalah petualangan tanpa biaya. Di masa PSBB ini, cobalah kegiatan baru bersama anak dan pasangan.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, contohnya memasak menu-menu baru. Bagi kamu yang selama ini selalu memasak seorang diri, ajaklah anak dan pasangan untuk turut andil. 

Anak-anak biasanya suka membantu orang tua mereka dengan tugas-tugas dewasa. Jadi, cobalah habiskan sore hari bersama memanggang kue kering atau biarkan mereka membantumu membuat makan malam. Kegiatan Ini tidak hanya memberikan rasa bangga dan prestasi kepada anak-anak, tetapi juga menetapkan landasan untuk mengajar mereka cara memasak.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
The Guardian. Diakses pada 2020. The family lockdown guide: how to emotionally prepare for coronavirus quarantine.
South University. Diakses pada 2020. The Advantages of Family Time.
Medcom. id. Diakses pada 2020. Enam Manfaat Quality Time saat PSBB.
CBT Baltimore. Diakses pada 2020. We Are Family: The Benefits of Spending Time Together.