• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ternyata, Ini Manfaat Suka Berbicara dengan Diri Sendiri

Ternyata, Ini Manfaat Suka Berbicara dengan Diri Sendiri

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Berbicara mungkin menjadi hal yang paling disukai oleh seseorang dengan tipe kepribadian ekstrovert. Mereka mudah menemukan topik obrolan sehingga orang-orang dapat dengan mudah akrab dengannya. Namun, bagaimana jika seseorang memiliki hobi berbicara sendiri? Bagi beberapa orang mungkin hal ini sedikit aneh, tetapi beberapa ahli menganggap hal ini bisa memberikan manfaat. 

Kebiasaan berbicara sendiri oleh psikolog disebut sebagai external self-talk. Meskipun self-talk kadang-kadang dipandang hanya sebagai kekhasan karakter, namun penelitian telah menemukan bahwa hal itu dapat memengaruhi perilaku dan kognisi.

Ethan Kross, profesor psikologi di University of Michigan menyebutkan saat berbicara kepada diri sendiri, kamu mencoba untuk melihat segala sesuatu dengan lebih objektif. Jadi, kegiatan self-talk ini bisa menjadi hal yang penting untuk dirimu sendiri. 

Baca juga: Pentingnya Self Love untuk Kesehatan Mental

Ada dua jenis self-talk yang mungkin paling dikenal, yakni instructional self-talk, seperti berbicara sendiri melalui tugas, dan motivation self-talk, seperti mengatakan pada diri sendiri, "Saya bisa melakukan ini." Mungkin terdengar klise, namun memotivasi diri sendiri adalah salah satu cara terbaik untuk menggapai kesuksesan. 

Melansir The Healthy, berikut ini manfaat lainnya dari berbicara sendiri:

Meringankan Rasa Kesepian

Berbicara kepada diri sendiri membantu mengurangi kesepian. Hal ini bisa menenangkan dan membantu mengisi tempat yang tenang dengan suara kamu sendiri saat tengah sendirian. Namun, kamu perlu khawatir jika kamu malah gemar berdebat dengan diri sendiri. Ini bisa menjadi indikasi perilaku abnormal yang perlu mendapatkan perawatan dari psikolog dan psikiater profesional.

Membuat Kamu Tetap Teratur

Berbicara pada diri sendiri misalnya tentang agenda harian akan memungkinkan kamu untuk tetap di jalur yang seharusnya. Penting untuk diketahui, pikiran hanya dapat memproses satu tugas pada satu waktu meskipun kamu berpikir bisa melakukan banyak tugas. Cobalah berbicara sendiri bisa sambil berjalan, mengemudi, atau menyiapkan makanan. Melakukan hal ini membantu pikiran kamu memilah-milah kekacauan hari itu, sehingga dapat memprioritaskan suatu hal dengan lebih baik. 

Baca juga: Tingkat Percaya Diri Pengaruhi Kesehatan Mental 

Menghilangkan Stres

Karena berbicara kepada diri sendiri memungkinkan kamu untuk mengatur pikiran dan memprioritaskan kewajiban, maka pada gilirannya kamu akan menjadi lebih rileks, terhindar dari stres dan dapat mengikuti arus.

Selain itu, berbicara kepada diri sendiri mampu mempersiapkan diri untuk masa-masa sulit dalam hidup, seperti percakapan dengan orang yang dicintai, kolega, atau bos. Entah melatih pembicaraan apa yang kamu katakan, atau mendengar kata-kata yang kiranya akan keluar dari mulut, beberapa hal ini bisa kamu lakukan. Hal ini memungkinkan kamu mampu menghadapi situasi sulit dengan keberanian dan percaya diri.

Menumbuhkan Kemandirian

Mereka yang berbicara kepada diri mereka sendiri dapat mencari ke dalam diri mereka sendiri ketika mereka membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan masalah. Sementara orang yang tidak gemar berbicara sendiri mungkin secara otomatis menceritakannya ke kolega atau orang lain untuk mendapatkan bantuan.

Nah, orang-orang yang berbicara dengan diri mereka sendiri dapat menganalisis situasi dan mengambil kesimpulan secara mandiri tanpa bimbingan dari luar. Berbicara kepada diri sendiri dan mendengarkan suara hati membantu menemukan apa yang sebenarnya kamu inginkan untuk mendapatkan suatu hal. Sederhananya, mereka yang menghabiskan waktu berbicara dan mendengarkan diri mereka sendiri, tahu yang terbaik yang perlu dilakukan. 

Baca juga: 4 Cara Agar Mental Sehat dan Hidup Lebih Lama

Itulah manfaat psikologis dari aktivitas berbicara kepada diri sendiri yang mungkin bagi sebagian orang tampak aneh. Namun, jika suatu hari kamu benar-benar membutuhkan bantuan saran dari ahli mengenai kondisi mental kamu, sebaiknya segera hubungi psikolog di Halodoc. Psikolog selalu siaga memberikan saran kesehatan mental yang kamu butuhkan. Tunggu apa lagi? Segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Lifehack. Diakses pada 2020. 6 Benefits of Talking to Yourself.
The Healthy. Diakses pada 2020. Surprising Benefits of Talking to Yourself.
The New York Times. Diakses pada 2020. The Benefits of Talking to Yourself.