• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Melihat Gerhana Matahari Langsung Bisa Bikin Sakit Mata

Melihat Gerhana Matahari Langsung Bisa Bikin Sakit Mata

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Pada akhir Desember ini, kamu mungkin akan mengalami suatu hal yang terbilang jarang terjadi, yaitu gerhana matahari. Fenomena alam ini termasuk hal yang ditunggu-tunggu karena momen yang langka. Disebutkan gerhana matahari cincin mungkin akan terjadi pada 26 Desember siang hari.

Walau begitu, kamu harus hati-hati ketika melihat gerhana matahari tersebut secara langsung. Pasalnya, momen langka ini dapat menyebabkan gangguan yang membuat mata kamu sakit. Hal ini dapat membuat penglihatan kamu buram. Maka dari itu, berikut adalah bahasan lengkap agar kamu tahu segala hal tentang sakit mata karena gerhana matahari!

Baca juga: 6 Risiko Sakit Mata Akibat Soflens

Gerhana Matahari Dapat Sebabkan Sakit Mata

Tidak sedikit orang yang penasaran untuk melihat langsung gerhana matahari yang merupakan fenomena langka dan patut untuk disaksikan. Walau begitu, kamu harus menggunakan alat bantuan untuk melihatnya. Jika menatapnya secara langsung, mungkin saja kamu mengalami sakit mata yang disebabkan pancaran sinar tersebut.

Pada dasarnya, sinar yang dipancarkan matahari memang sangat panas meskipun jarak tempuhnya sangat jauh. Jika kamu melihatnya tanpa bantuan alat, gangguan dapat terjadi pada bola mata. Sinar UV yang terkandung pada sinar tersebut dapat merusak mata, yang membuat kornea melepuh dan retak karena masuknya sinar tersebut secara berlebihan.

Gangguan tersebut disebut juga dengan retinopati matahari. Hal tersebut terjadi ketika jaringan retina mengalami toksisitas fotokimia dan cedera. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada ketajaman penglihatan yang ringan hingga sedang. Kamu mengalami gangguan ini karena radiasi matahari langsung mengarah ke retina mata yang menyebabkan gangguan.

Retinopati matahari ini memiliki pemulihan yang bersifat spontan dan dapat terjadi selama 3 hingga 6 bulan setelah kejadian tersebut. Walau begitu, mungkin saja pengobatan yang dilakukan tidak lengkap. Dampak buruk tahap panjangnya adalah kamu mengalami gangguan pada ketajaman penglihatan yang permanen dan skotoma pusat.

Kamu pasti benar-benar penasaran dan berkeinginan langsung untuk melihat gerhana yang terjadi. Jika begitu, kamu dapat bertanya secara detail tentang cara mengatasi sakit mata ketika melakukan hal tersebut pada dokter dari Halodoc. Caranya mudah, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi itu.

Baca juga: Mata Merah, Jangan Biarkan Berlama-lama!

Cara Melihat Gerhana Matahari Tanpa Sebabkan Sakit Mata

Momen yang aman jika kamu ingin melihat gerhana matahari tanpa menggunakan peralatan khusus adalah ketika gerhana matahari total. Hal tersebut terbilang aman dikarenakan bulan memang benar-benar menutup matahari sehingga sinarnya dapat diredam. Walau begitu, kamu tetap harus hati-hati saat melakukannya.

Gerhana matahari total sekalipun hanya dapat berlangsung dalam waktu yang singkat. Jika kamu melihat ke arah matahari saat bulan telah menjauh dari saat posisi menutupi matahari, kamu dapat mengalami luka bakar pada retina yang menyebabkan kerusakan permanen pada mata.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menonton gerhana matahari dengan aman:

  1. Proyeksi Lubang Jarum

Cara ini terbilang paling aman untuk menghindari sakit mata karena gerhana matahari dan terbilang murah. Kamu dapat terbantu agar dapat mampu melihat langsung ke gerhana dengan menggunakan gambar yang diproyeksikan. Kamu dapat membuat alat bantu ini sendiri dan banyak sumber yang dapat dijadikan rujukan untuk memudahkanmu.

  1. Kaca Tukang Las

Alat lainnya yang dapat membantu kamu untuk menghindari sakit mata karena terpapar sinar gerhana matahari adalah kaca tukang las. Kamu dapat menggunakan kaca dengan nomor 14 untuk memberikan perlindungan yang efektif dan dapat dibeli di beberapa toko. Dengan alat ini, sinar berbahaya yang dipancarkan selama gerhana dapat diredam. Pastikan tidak ada goresan atau kerusakan pada kaca.

Baca juga: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah

  1. Filter Mylar

Lembaran plastik filter mylar yang terbuat dari alumunium juga dapat digunakan sebagai kacamata untuk melihat gerhana. Kamu juga dapat mengolahnya menjadi kotak tampilan. Sama seperti kacamata las, jangan gunakan jika ada goresan atau kerusakan.

Referensi:
Preventblindness.org. Diakses pada 2019. Solar Eclipse and Your Eyes
Eyecaretrust.org.uk. Diakses pada 2019. Solar Retinopathy