Memahami Lebih Jauh Tingkah Laku Kucing Peliharaan

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Januari 2021
Memahami Lebih Jauh Tingkah Laku Kucing PeliharaanMemahami Lebih Jauh Tingkah Laku Kucing Peliharaan

Halodoc, Jakarta - Cara merawat kucing terkadang gampang-gampang susah untuk sebagian orang. Ada aja pemiliknya yang tidak memahami beberapa perilaku kucing kesayangannya. Kadang kala tingkah laku kucing memang penuh intrik, membingungkan, dan bisa membuat frustasi pemiliknya.

Padahal, memahami beberapa perilaku kucing dapat membuat lebih mudah untuk memelihara dan merawat kucing tersebut. Nah, berikut beberapa hal mengenai perilaku atau tingkah laku kucing yang kerap membingungkan, dan alasan mengapa mereka melakukannya.

Baca juga: Ketahui Tips Memberi Makan Anjing Dewasa

1.Spraying

Spraying atau menyemprotkan air seni merupakan tingkah laku kucing peliharaan yang perlu kita pahami. Spraying ini dilakukan oleh kucing untuk menandai daerah kekuasaannya. Di samping itu, perilaku ini juga dilakukan sebagai salah satu cara untuk melepaskan stres.

Perilaku menyemprotkan air seni ini dilakukan oleh kucing jantan dan betina, tapi frekuensinya lebih tinggi pada kucing jantan. Akan tetapi, kebiasaan spraying ini akan menurun ketika kucing telah dikebiri. Kira-kira 90 persen kucing jantan utuh (belum dikebiri) dan 95 persen betina utuh menunjukkan penurunan signifikan spraying setelah pengebirian.

Nah, andaikan kucing peliharaanmu melakukan tindakan ini, segeralah bersihkan area atau barang yang terkena percikan urinenya. 

2.Menggosokan Badan 

Tingkah laku kucing peliharaan yang lainnya adalah menggosokan atau menempelkan kepala atau badannya ke barang atau tubuh pemiliknya. Gerakan ini mungkin melibatkan seluruh tubuh atau terkadang hanya di dahi dan pipi. Kebanyakan pemilik melihat ini sebagai tanda kasih sayang dan menyambut baik perilaku ini.

Ada pula maksud lain di balik tingkah laku ini. Ketika kucing menggosok-gosokan badannya ke benda atau dirimu, mereka ingin memindahkan bau tubuhnya ke benda atau dirimu. Seolah-olah mereka ingin menandakan benda atau dirimu sebagai miliknya.

Baca juga: Waspadai Masalah Pencernaan pada Anjing di Musim Hujan

3.Mencakar Furnitur

Tingkah laku kucing peliharaan yang suka membuat pemiliknya geleng-geleng kepala adalah kebiasaan mencakar-cakar sofa, tempat tidur, kursi, karpet, atau barang-barang lainya. Jangan salah, kebiasaan ini dilakukannya untuk menjaga dan mempertajam kuku.

Tak hanya itu saja, kebiasaan mencakar ini juga bertujuan untuk menandai daerah kekuasaannya dengan meninggalkan aroma di barang tersebut. Aroma yang ditinggalkannya berasal dari kelenjar bau di kedua kaki mereka.

Nah, andaikan kebiasaan mencakar ini sudah amat mengganggu atau merusak, cobalah fasilitasi kucing kesayanganmu dengan memberikan scratching posts untuk dirinya. 

4.Galak Bertemu Orang Tak Dikenal

Jangan heran bila di beberapa kesempatan ketika kucing peliharaanmu terlihat agak galak saat bertemu orang tak dikenal. Hal ini menandai dominasi pada dirinya.

Untuk menyiasati hal ini, cobalah jangan tatap matanya terlebih dahulu. Lalu, biarkan kucingmu yang mendekati orang baru tersebut, agar sifat galaknya tidak keluar. Ingat, kucing membutuhkan frekuensi bertemu yang cukup sering agar ramah dengan orang lain. 

Baca juga: Ketahui Waktu Terbaik Anjing Jantan di Sterilisasi

5.Kebiasaan Mengeong

Mengeong adalah salah satu tingkah laku kucing peliharaan yang terbilang umum. Dengan mengeong kucing mencoba untuk berkomunikasi dengan dirimu. Nah, bila dirimu memperhatikan apa yang kucing kesayangan lakukan saat mengeong, kamu bisa mengerti dan membedakan arti kucing mengeong.

Contohnya, suara mengeong yang pendek biasanya berupa sapaan. Suara mengeong yang berulang bisa menandai kucing peliharaanmu sedang senang. Sementara itu, suara mengeong bernada tinggi, sering kali menandakan amarah, rasa sakit, atau ketakutan. 

Mau tahu lebih jauh mengenai tingkah laku kucing peliharaan? Atau kucing kesayanganmu memiliki keluhan kesehatan? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
International Cat Care. Diakses pada 2021. Spraying
FETCH by Web MD. Diakses pada 2021. Cat Behavior
Purina. Diakses pada 2021. Cat Behaviour Explained

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan