Membacakan Buku Tingkatkan Hubungan Ayah dan Anak, Benarkah?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Januari 2021
Membacakan Buku Tingkatkan Hubungan Ayah dan Anak, Benarkah?Membacakan Buku Tingkatkan Hubungan Ayah dan Anak, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya dengan ibu, tentunya hubungan anak dengan ayah merupakan hal yang sama penting. Nah, untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan anak banyak hal yang bisa dilakukan oleh ayah. Salah satunya dengan menemani anak dan membacakan buku kesukaannya. 

Baca juga: Tips Bonding Agar Ayah dan Anak Laki-Laki Lebih Dekat

Tentunya, manfaat membaca buku bagi anak sudah diketahui oleh orangtua. Mulai dari meningkatkan kreativitas, menambah kosakata, hingga merangsang emosi anak. Namun, tahukah ayah dengan meluangkan waktu untuk membacakan buku dapat tingkatkan hubungan ayah dan anak? Yuk, simak ulasannya mengenai kegiatan positif ini, di sini!

Inilah Alasan Membacakan Buku Baik untuk Hubungan Ayah dan Anak

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan orangtua saat mendampingi dan mengisi waktu luang anak di rumah. Mulai dari mengajak anak berkebun, bermain bersama, hingga mengajaknya untuk membaca buku. Namun, apakah orangtua tahu, membacakan buku dapat tingkatkan hubungan ayah dan anak? Ya, kegiatan ini sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu saja. Ayah pun memiliki peran yang sama untuk membacakan buku bagi anak.

Saat ayah membacakan buku untuk anak, ayah akan memiliki interaksi yang berbeda dengan ibu. Interaksi yang dibuat oleh ayah saat membaca buku mampu meningkatkan komunikasi. Bahkan, tidak jarang dengan membacakan buku untuk anak, ayah dapat membahas sesuatu hal yang diluar kebiasaan mereka. Ayah dan anak dapat membuka topik untuk berdiskusi mengenai buku-buku bacaan yang menarik. 

Membacakan buku untuk anak membuat ayah lebih mengenal karakter anak. Mengenal karakter anak dengan baik membuat ayah lebih mudah untuk mendekatkan diri dengan anak.

Setelah membacakan buku, biasanya ibu lebih sering membahas isi dari buku yang mereka baca. Hal berbeda akan dilakukan oleh ayah. Seorang ayah biasanya akan membuat pertanyaan-pertanyaan yang lebih menantang untuk anak terkait dengan isi bacaan. Hal ini dapat membuat imajinasi dan kreativitas anak semakin berkembang. 

Baca juga: Inilah Jenis Aktivitas yang Baik Dilakukan Bareng Anak

Membacakan buku untuk anak pun memerlukan waktu yang luang dan santai. Ayah bisa memilih untuk membacakan buku saat siang hari atau malam hari sebelum tidur. Untuk lebih merasakan manfaat dari membacakan buku, ayah bisa bertanya pada anak buku apa yang ingin mereka dengar atau baca. Tentunya, anak akan lebih tertarik untuk mendengarkan buku bacaan yang menjadi kesukaannya.

Diakhir sesi membaca, tidak ada salahnya anak diminta bercerita mengenai hal-hal yang ia ketahui seputar topik pada buku bacaan. Dengarkan setiap kalimat yang keluar dari mulut anak tanpa memotong atau menghakimi. Hal ini dapat membantu ayah dan anak memiliki hubungan yang lebih baik.

Kegiatan Lain yang Dapat Meningkatkan Hubungan Ayah dan Anak

Bukan hanya membacakan buku, ayah bisa melakukan kegiatan seru lainnya yang dapat membantu untuk meningkatkan hubungan dengan anak. Berikut ini kegiatan yang bisa menjadi pilihan ayah.

1.Memelihara Hewan Peliharaan

Memelihara hewan peliharaan bisa menjadi pilihan ayah untuk meningkatkan hubungan dengan anak. Pilihlah hewan yang aman untuk anak-anak. Bukan hanya membuat hubungan semakin baik, memelihara hewan peliharaan juga mengajarkan anak untuk lebih bertanggung jawab dan disiplin, loh.

2.Olahraga

Bukan hanya orang dewasa yang membutuhkan olahraga secara rutin. Anak-anak pun membutuhkan olahraga untuk berbagai manfaat yang bisa mereka alami. Mulai dari meningkatkan kesehatan dan kecerdasan, menurunkan risiko obesitas, hingga mengoptimalkan tumbuh kembang.

3.Berlibur

Meluangkan waktu untuk berlibur berdua bersama anak merupakan cara tepat untuk meningkatkan hubungan ayah dan anak. Pilihlah destinasi liburan bersama dengan anak agar anak menikmati liburan bersama ayah.

Baca juga: Ayah Bekerja, Ini Cara Quality Time dengan Anak

Itulah beberapa cara lain yang bisa dilakukan ayah dan anak untuk meningkatkan hubungan. Jangan lupa, ayah juga perlu fokus terhadap kesehatan Si Kecil. Jika anak mengalami gangguan kesehatan, segera gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai keluhan kesehatan yang dialami anak.

Jika kesehatan anak tidak membaik, segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab keluhan kesehatan pada anak. Pemeriksaan lebih dini tentunya membuat penanganan lebih mudah dilakukan.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. A Father’s Role(s) in Reading.
Very Well Family. Diakses pada 2020. 10 Ways to Strengthen Your Father Son Relationship.
Good Housekeeping. Diakses pada 2020. It’s Time for Dad (Not Mom) to Take on Bedtime Stories Duty.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan