• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Menghangatkan Tubuh, Ini 5 Khasiat Lain Jahe

Menghangatkan Tubuh, Ini 5 Khasiat Lain Jahe

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Bukan rahasia lagi bahwa jahe dapat memberikan kehangatan bagi tubuh. Saat cuaca dingin, jahe menjadi rempah-rempah favorit yang sering digunakan sebagai tambahan dalam minuman untuk menghangatkan tubuh. Namun tidak hanya menghangatkan saja lho, jahe juga punya banyak khasiat lain yang baik bagi tubuh.

Berikut ini khasiat jahe yang sudah didukung oleh penelitian ilmiah:

 

1. Sebagai Obat yang Luar Biasa

 

Jahe mengandung gingerol, senyawa yang memiliki manfaat besar dalam pengobatan. Masih tergolong keluarga Zingiberaceae, jahe memang sudah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional atau alternatif. Tanaman yang berasal dari Cina ini dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, mengurangi mual, serta membantu melawan flu dan pilek.

Senyawa gingerol yang terkandung di dalamnya juga memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat, sehingga mampu menangkal berbagai macam penyakit.

2. Dapat Mengatasi Berbagai Bentuk Rasa Mual, Terutama Morning Sickness

Khasiat jahe lainnya yang juga sangat terkenal adalah mengatasi rasa mual. Bahkan, jahe sudah lama digunakan sebagai obat mabuk laut yang memiliki khasiat yang sama dengan resep. Jahe juga dapat meringankan rasa mual dan muntah setelah operasi, dan pada pengidap kanker yang menjalani kemoterapi.

Tidak hanya itu, tanaman yang terkait erat dengan kunyit dan lengkuas ini juga dianggap efektif dalam mengatasi mual yang berhubungan dengan kehamilan atau morning sickness. Menurut review dari 12 studi yang melibatkan total 1278 wanita hamil, 1–1,5 gram jahe secara signifikan dapat mengurangi gejala mual. Namun, jahe tidak berpengaruh pada gejala  muntah saat hamil.

Meskipun berkhasiat, sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jahe dalam jumlah besar selama kehamilan. Pasalnya, jahe dalam porsi banyak dipercaya dapat meningkatkan risiko keguguran.

Baca juga: 5 Tips Atasi Morning Sickness

3. Dapat Mengurangi Nyeri Otot

Buat kamu yang aktif berolahraga dan sering mengalami nyeri otot setelah latihan, nah kamu bisa coba mengonsumsi jahe untuk mengatasi kondisi tersebut.

Jahe telah terbukti efektif mengurangi nyeri otot akibat olahraga. Dalam satu penelitian, mengonsumsi 2 gram jahe per hari, selama 11 hari, mampu mengurangi nyeri otot secara signifikan pada orang-orang yang sering melakukan latihan lengan. Khasiat jahe tersebut diduga berkat sifat antiinflamasi yang terkandung di dalamnya.

Namun, khasiat jahe tidak bisa kamu langsung rasakan setelah mengonsumsinya, tetapi mungkin efektif dalam mengurangi perkembangan nyeri otot sehari-hari.

4. Membantu Memperbaiki Kondisi Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah masalah kesehatan umum. Penyakit ini terjadi akibat degenerasi sendi dalam tubuh, sehingga menyebabkan gejala, seperti nyeri sendi dan kekakuan.

Dalam uji coba terkontrol terhadap 247 orang dengan osteoarthritis lutut, mereka yang mengonsumsi ekstrak jahe mengalami rasa sakit yang lebih ringan dan lebih jarang mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.

Studi lain menunjukkan bahwa kombinasi jahe, damar wangi, kayu manis, dan minyak wijen dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan sendi pada pengidap osteoarthritis ketika dioleskan.

Baca juga: Banyak Macamnya, Ketahui Jenis Terapi Osteoarthritis Ini

5. Dapat Menurunkan Gula Darah Secara Drastis

Dalam penelitian yang terbilang masih cukup baru, jahe diduga memiliki sifat anti-diabetes yang kuat.

Dalam sebuah penelitian tahun 2015 baru-baru ini, 41 peserta dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi 2 gram bubuk jahe per hari dapat menurunkan gula darah puasa sebesar 12 persen. Hal ini secara dramatis juga meningkatkan kondisi HbA1c (penanda untuk kadar gula darah jangka panjang) di mana mengalami pengurangan sebanyak 10 persen setelah mengonsumsi jahe selama 12 minggu.

Namun, perlu diingat bahwa hasil penelitian tersebut hanya berasal dari satu studi kecil. Jadi, perlu dikonfirmasi lebih lanjut dalam studi yang lebih besar sebelum rekomendasi dapat dibuat. 

Baca juga: Ini Perbedaan Jahe Merah dan Jahe Biasa

Itulah 5 khasiat lain jahe selain menghangatkan tubuh. Bila kamu sakit, beli obatnya di Halodoc saja. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga ya di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Proven Health Benefits of Ginger.