Menjenguk Pasien Tifus, Hindari Berikan Makanan Ini

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   16 Desember 2020
Menjenguk Pasien Tifus, Hindari Berikan Makanan IniMenjenguk Pasien Tifus, Hindari Berikan Makanan Ini

Halodoc, Jakarta - Bakteri Salmonella typhi adalah penyebab penyakit tifus atau demam tifoid yang bisa muncul akibat sanitasi yang buruk. Saat terserang penyakit ini, seseorang bisa alami demam yang sangat tinggi dan beberapa gejala lain yang perlu perawatan atau pengawasan dokter. Alhasil, mereka yang mengidap penyakit ini seringkali harus dirawat di rumah sakit supaya pemulihannya bisa lebih cepat.

Namun, saat kamu pergi mengunjungi teman atau sanak saudara yang mengidap tifus, kamu perlu memikirkan lagi tentang makanan yang akan kamu berikan. Pasalnya, jika kamu membawa makanan yang tidak tepat, bisa saja kamu malah memperburuk gejalanya dan ia malah tak kunjung sembuh. 

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa jenis makanan yang tidak boleh kamu berikan kepada mereka yang sedang mengidap tifus: 

Baca juga: Rentan Terjadi saat Banjir, Ini 9 Gejala Penyakit Tifus

Makanan dengan Rasa yang Cukup Kuat

Selama proses penyembuhan, pengidap tifus tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki bumbu sangat kaya, rasa yang terlalu manis, atau terlalu asin. Gangguan saluran pencernaan yang dialami oleh pengidap tifus bisa mengurangi nafsu makan mereka dan makanan yang kaya bumbu bisa membuat nafsu makan menurun. Selain itu, aroma yang kuat dan rasa yang cukup kuat dikhawatirkan bisa memperburuk kondisi saluran pencernaan.

Makanan Pedas

Meskipun teman atau kerabatmu adalah penggemar makanan pedas, saat ia sedang dirawat karena tifus, kamu tak boleh membawakannya makanan pedas. Entah itu pedas karena cabai atau karena paprika atau lada, sebaiknya hindari makanan tersebut. Saluran pencernaan pada pengidap tifus bisa mengalami iritasi jika makan makanan pedas. Mengonsumsi makanan pedas juga dikhawatirkan akan membuat saluran pencernaan mengalami iritasi yang lebih parah bahkan perdarahan. Kondisi ini dapat memperparah penyakit tifus dan memperlambat proses penyembuhan yang telah dijalani. 

Baca juga: Begini Cara Bakteri Salmonella Sebabkan Tipes

Makanan Mentah

Jangan pernah juga membawakan makanan mentah untuk diberikan kepada teman atau kerabat yang sedang mengidap tifus. Kamu juga perlu memperhatikan sayur atau buah yang hendak kamu berikan, dan pastikan mereka sudah dicuci dengan bersih. Saat memberikan buah, sebaiknya minta pendamping pasien untuk mengupaskan kulit buah. Pasalnya, air yang tercemar bakteri Salmonella thypi dan digunakan untuk mencuci buah bisa menjadi perantara seseorang alami penyakit tifus.

Makanan Berserat

Makanan serat memang baik untuk pencernaan, akan tetapi sebaiknya jangan berikan makanan dengan kandungan serat yang cukup tinggi untuk pengidap penyakit tifus. Makanan dengan kandungan serat yang cukup tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh pencernaan. Kondisi ini kemudian bisa membuat nutrisi lebih lama diserap oleh pencernaan. Bila perlu, sebaiknya konsumsi makanan dengan tinggi serat dalam porsi kecil.

Selain itu, ada beberapa makanan lain yang tak boleh diberikan kepada pengidap tifus, antara lain: 

  • Sayuran mentah: brokoli, kangkung, kembang kol, kubis, dan bawang.
  • Buah-buahan: buah kering dan beri mentah, nanas, dan kiwi.
  • Kacang: almond, pistachio, kacang macadamia, dan kenari.
  • Biji-bijian: biji labu, biji rami, dan biji chia.
  • Kacang-kacangan: kacang hitam, kacang merah, lentil, dan buncis.
  • Makanan berlemak: donat, stik mozarella, ayam goreng, keripik kentang, dan onion ring.

Baca juga: Tifus Jangan Disepelekan, Waspada Komplikasinya

Jika kamu hendak menjenguk teman atau kerabat yang sedang sakit tifus, kamu bisa tanyakan pada dokter di Halodoc mengenai jenis makanan yang paling baik untuknya, dan bisa mempercepat pertumbuhannya. Selain itu, kamu juga bisa tanyakan mengenai keamanan saat menjenguknya dan bertanya pada dokter bagaimana agar tidak tertular penyakit tifus. Ambil smartphone-mu sekarang dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter, kapan dan di mana saja!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Typhoid Diet: Overview, Foods, and Benefits.
Kids Health. Diakses pada 2020. Typhoid Fever.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What You Need to Know About Typhoid.
Medlife. Diakses pada 2020. Foods for Typhoid.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan