• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Menu Takjil Sehat dan Lezat untuk Berbuka Puasa

7 Menu Takjil Sehat dan Lezat untuk Berbuka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Indonesia menjadi salah satu negara dengan euforia yang sangat tinggi pada bulan Ramadhan. Ramadhan menjadi momen yang selalu meriah dengan berbagai macam kuliner khas yang umum dijual, salah satunya adalah takjil. Takjil merupakan istilah yang dipakai pada makanan ringan yang dijual untuk berbuka puasa. Jangan bingung mau menyiapkan makanan apa untuk berbuka, berikut menu takjil sehat yang dapat kamu olah:

Baca juga: Alasan Mengapa Berbuka Sebaiknya dengan Minuman yang Hangat

  • Kolak Pisang

Kolak merupakan salah satu hidangan wajib untuk berbuka puasa di Indonesia. Bagi kamu yang ingin memasaknya, kamu dapat menyiapkan pisang, gula putih, gula merah, garam, santan, daun pandan, dan air. Rebus semua bahan menjadi satu, kemudian masukkan pisang di akhir.

  • Sop Buah

Menu takjil sehat selanjutnya adalah sop buah. Menu takjil ini sangat mudah dibuat dengan aneka buah-buahan, sirup, susu kental manis, serta air putih. Kamu tinggal memotong buah menjadi bagian-bagian kecil, masukkan air dan susu kental manis secukupnya. Tambahkan es batu dan aduk rata. Sop buah siap dihidangkan.

  • Es Campur

Sama seperti sop buah, cara membuat es campur juga tergolong mudah. Kamu hanya tinggal menyiapkan alpukat, kiwi, stroberi, kelapa, sirup, susu kental manis, agar-agar, dan air. Kemudian potong buah dan agar-agar menjadi bagian yang kecil, tambahkan air dan susu kental manis secukupnya. Tambahkan es batu, kemudian aduk rata. Es campur siap dihidangkan.

Baca juga: Susah Bangun Sahur saat Puasa, Ikuti 7 Trik Ini

  • Es Cincau Hitam

Menu takjil sehat yang satu ini membutuhkan bahan, seperti cincau hitam, santan, gula putih, gula merah, garam, dan vanili. Caranya dengan merebus gula merah dan gula putih sampai mendidih, kemudian tambahkan vanili. Potong cincau hitam menjadi potongan kecil, kemudian siram cincau dengan air gula dan santan. Tambahkan es batu. Es cincau siap dihidangkan.

  • Es Kelapa Muda

Kamu bisa membuat es kelapa muda sendiri sebagai menu takjil berbuka puasa dengan menyiapkan kelapa, gula aren, sirup, madu, dan es batu. Caranya dengan mengambil daging kelapa, kemudian tambahkan tambahkan gula, sirup, dan madu. Es kelapa siap dihidangkan.

  • Es Cendol

Di bulan Ramadhan es cendol biasanya dijadikan sebagai salah satu menu takjil untuk berbuka puasa. Bahan-bahan yang perlu disiapkan, yaitu cendol hijau, buah nangka yang sudah dipotong kecil-kecil, gula merah, garam, santan, daun pandan, dan air.

Caranya dengan mencampur santan dengan air dan garam secukupnya, kemudian rebus bersama daun pandan. Campurkan gula merah dan garam, kemudian rebus bersamaan. Setelah selesai dan didinginkan, masukkan cendol dan tambahkan es batu. Es cendol siap dihidangkan.

  • Es Oyen

Pernah mendengar nama makanan ini? Es oyen sangat mudah ditemui saat menjalani Ramadhan di wilayah Bandung dan sekitarnya. Es oyen sendiri mirip dengan es buah pada umumnya. Namun, es ini menggunakan buah durian sebagai salah satu komposisinya. Bahan yang perlu disiapkan adalah durian, buah naga, alpukat, cempedak, nanas, kelapa muda, jagung rebus, serta susu kental manis.

Cara membuatnya dengan memotong buah menjadi bagian-bagian kecil, masukkan ke dalam wadah. Kemudian masukkan susu kental manis dan es serut ke dalam wadah. Es oyen siap dihidangkan.

Baca juga: Adakah Pengaruh Puasa Terhadap Kadar Gula Darah?

Jika berpuasa membuat kamu mengalami sejumlah masalah kesehatan, kamu disarankan untuk mendiskusikannya langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya! Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.

Referensi:

IDN Times. Diakses pada 2020. 10 Takjil yang Selalu Dirindukan Saat Ramadhan, Lezatnya Berlipat Ganda.
Dokter Sehat. Diakses pada 2020. 21 Menu Takjil Buka Puasa.
Doyan Resep. Diakses pada 2020. 9 Resep Menu Takjil Buka Puasa Praktis Terbaru di 2020 Yang Enak dan Komplit.