• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Negara-Negara dengan Durasi Puasa Terpanjang

Ketahui Negara-Negara dengan Durasi Puasa Terpanjang

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Bulan Ramadan adalah bulan ketika muslim menjalankan ibadah puasa. Di mana pun kamu berada, kamu harus menahan makan dan minum mulai dari sebelum terbit fajar hingga terbenam matahari. Setiap negara memiliki waktu yang berbeda yang menyebabkan waktu berpuasa berbeda-beda. 

Hal ini disebabkan kemiringan sumbu bumi yang mengubah posisi matahari di langit, menyebabkan muncul waktu durasi siang dan malam yang berbeda selama hari tertentu. Pada bulan-bulan musim panas, waktu antara matahari terbit dan terbenam lebih lama, sehingga memperpanjang waktu yang dibutuhkan bagi umat islam untuk berpuasa. Sementara di musim dingin, umat islam menikmati berbuka puasa sedikit lebih awal. 

Baca juga: 6 Pilihan Takjil Sehat untuk Menu Buka Puasa

Negara dengan Durasi Puasa Paling Lama 

Setiap hari, matahari terbit dan terbenam sedikit lebih awal, menyebabkan jam puasa berubah beberapa menit. Tahun ini, saat Ramadan jatuh antara bulan April dan Mei, beberapa Muslim akan berpuasa selama 20 jam, sementara di negara lainnya berpuasa sekitar 11,5 jam. Inilah negara dengan durasi puasa terlama:

1. Eropa

Negara-negara Nordik akan berpuasa untuk periode waktu terpanjang. Norwegia, Greenland, dan Finlandia semuanya akan menjalani 20 jam siang hari. Sementara negara-negara Eropa lainnya seperti Spanyol, Prancis, dan Italia semua akan berpuasa antara 16,5 dan 18 jam. Negara-negara Eropa Timur akan berpuasa selama 17 hingga 17,5 jam.

3. Amerika Utara dan Amerika Selatan

Muslim di Amerika Utara akan berpuasa selama 16 hingga 17 jam tahun ini. Di Amerika Selatan, yang mengalami bulan-bulan musim dingin, puasa akan berkisar antara 11,5 jam (Argentina dan Chili) dan 12,5 jam (Brasil). 

4. Timur Tengah

Mereka yang menjalani bulan puasa di Timur Tengah akan berpuasa antara 15 dan 16 jam. 

Baca juga: Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan, Ini Buktinya

5. Afrika

Di seluruh benua Afrika, waktu puasa akan berkisar antara 11,5 jam (Afrika Selatan). Terlama ada di Maroko selama 16 jam, disusul negara Mesir selama 15,5 jam, Sudan 14,5 jam, Ethiopia dan Yaman 14 jam, terakhir di Kenya selama 13 jam. 

6. Asia dan Australia

Di Cina, periode puasa akan berlangsung sekitar 16,5 jam, sementara di negara-negara Asia Tenggara seperti Singapura (13,5 jam), Malaysia (13,5), Indonesia (13 jam), dan Thailand (14 jam) akan berpuasa selama beberapa jam dengan sedikit selisih jam yang berbeda. 

Sementara Muslim di India, Bangladesh, dan Pakistan akan berpuasa selama 16 jam. Sedangkan Australia dan Selandia Baru akan menjadi salah satu negara yang mengalami puasa terpendek tahun ini, yaitu 11,5 jam. 

Agar Tidak Lemas Menjalani Puasa

Di negara mana pun kamu berada saat ini, pastikan untuk tetap semangat dan kuat menjalankan puasa. Kunci utama agar puasa semangat dan tidak lemas ada dalam keinginan dari dalam dari. Kumpulkan niat untuk bisa tetap produktif dan tidak lemas saat puasa. Setelah niat terkumpul, terapkan kebiasaan berikut!

  • Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab tubuh menjadi lemas saat berpuasa. Apalagi jika kamu tinggal di negara yang durasi puasanya lebih lama. Maka itu, pastikan kebutuhan cairan tubuh tercukupi pada saat berbuka puasa dan sahur.

Kamu bisa mencoba pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan 2 gelas lagi saat sahur. Perlu diketahui juga bahwa asupan cairan tubuh tidak hanya bisa diperoleh dari air mineral, tapi juga dari buah-buahan dan sayur yang memiliki kadar air tinggi. 

Baca juga: Jangan Khawatir Sakit, 6 Manfaat Berpuasa

  • Jangan Kurangi Jam Tidur

Mendapatkan cukup istirahat merupakan kunci untuk berenergi saat beraktivitas sepanjang hari. Cobalah untuk bagun dan tidur di jam yang sama tiap hari, dengan begitu tubuh memiliki jam biologis yang terjadwal. Buatlah jadwal istirahat yang sesuai dengan kebutuhan sahur di bulan Ramadan, dan menyesuaikan pula dengan jam produktif di negara kamu tinggal. 

Itulah kiat dasar yang perlu kamu terapkan selama menjalani puasa. Jika kamu mengalami gangguan kesehatan selama berpuasa, jangan ragu untuk membicarakannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tanpa perlu ke luar rumah, kamu dapat berinteraksi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc agar puasa lebih lancar!

Referensi:
Morocco World News. Diakses pada 2020. Ramadan 2020: Longest and Shortest Fasting Hours Worldwide.