• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Nutrisi Kulit dari Dalam, Konsumsi 5 Makanan Ini

Nutrisi Kulit dari Dalam, Konsumsi 5 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Perawatan dan perlindungan dari luar, seperti penggunaan tabir surya dan produk kecantikan bisa membuat kulit menjadi lebih sehat. Namun jangan salah, nutrisi kulit dari dalam ternyata tidak kalah penting. Kamu bisa “memberi makan” kulit untuk menjaga kelembapan alami dan selalu terlihat sehat dan cantik. Caranya dengan mengonsumsi makanan tertentu yang memiliki kandungan nutrisi baik.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit. Dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, artinya kamu juga memberi makan pada kulit sehingga selalu terjaga kebaikannya. Lantas, apa saja jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk menutrisi kulit dari dalam? 

Makanan yang Baik untuk Kulit 

Ada beberapa jenis makanan yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin dan mineral sehingga bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Berikut jenis-jenis makanan yang bisa dikonsumsi agar kulit tetap sehat, di antaranya: 

  • Buah-buahan 

Buah-buahan dikenal memiliki banyak serat dan baik untuk kesehatan tubuh. Ternyata, mengonsumsi makanan ini juga bisa menjaga kecantikan kulit, lho. Jenis buah yang bisa dikonsumsi untuk kesehatan kulit adalah stroberi dan pepaya. Pasalnya, kedua jenis buah ini memiliki kandungan vitamin C yang dibutuhkan kulit. 

Stroberi bisa membantu memperlambat munculnya kerutan dan masalah kulit kering akibat penuaan. Sementara pada pepaya kandungan vitamin C bisa membantu melindungi sel kulit dari kerusakan yang disebabkan sinar matahari. Kedua jenis makanan ini bekerja dengan memperbaiki DNA yang telah rusak oleh sinar UV. 

  • Tomat

Mengonsumsi tomat juga bisa membantu menjaga kecantikan kulit dan melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam buah ini, nyatanya bisa memberi manfaat yang baik bagi tubuh secara keseluruhan. 

  • Bayam

Sayur bayam memiliki banyak kandungan lutein yang berfungsi melindungi kulit dari serangan sinar UV. Selain itu, jenis sayuran yang satu ini juga kaya akan kadar vitamin C, K, dan E, asam folat karotenoid lutein, serta zeaxanthin.

  • Tahu 

Kamu pencinta tahu? Selamat! Rutin mengonsumsi tahu disebut bisa membantu meningkatkan produksi kolagen yang dapat melembutkan kulit. Saat tubuh memproduksi cukup kolagen, maka risiko gangguan kulit, termasuk penuaan dini bisa dihindari. 

  • Ikan

Selain buah dan sayur, mengonsumsi ikan juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Jenis ikan yang bisa menjadi pilihan adalah salmon dan tuna. Kandungan kandungan asam lemak omega-3 DHA dan EPA (docosahexaenoic dan eicosapentaenoic acids) yang ditemukan dalam salmon dan tuna dapat melindungi sel dari kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh sinar UV. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pastikan untuk memilih ikan yang baik dan diolah dengan cara yang tepat. 

Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga bisa membantu menutrisi kulit dengan suplemen khusus yang banyak dijual di pasaran. Biasanya, produk suplemen seperti ini sudah memiliki kandungan nutrisi yang cukup dan dibutuhkan kulit. Sebaiknya pilih jenis suplemen yang memang sudah dikenal khasiatnya dan sesuaikan dengan kondisi tubuh. 

Kini kamu bisa membeli suplemen untuk kulit atau untuk menjaga tubuh dengan aplikasi Halodoc. Lebih mudah membeli obat dan kebutuhan kesehatan hanya dengan satu aplikasi. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The 12 Best Foods for Healthy Skin.
Web MD. Diakses pada 2020. Foods for Healthy, Supple Skin.