• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Nutrisi Penting yang Harus Ada dalam Menu Sahur

4 Nutrisi Penting yang Harus Ada dalam Menu Sahur

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Agar tubuh tetap sehat selama menjalani puasa di bulan Ramadan, kamu perlu memenuhi berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh. Hal tersebut mungkin terdengar klise dan sudah sering kamu dengar. Namun nyatanya, saat berpuasa, kamu tidak mendapatkan asupan makanan dan cairan selama kurang lebih 14 jam. Nah, memenuhi kebutuhan nutrisi dapat membantu tubuh kamu agar dapat tetap berfungsi dengan baik. 

Sahur adalah waktu makan saat puasa yang sangat penting di mana kamu bisa mengisi tubuhmu dengan “bahan bakar” dan berbagai nutrisi yang diperlukan untuk menjalankan puasa selama satu hari penuh. Yuk, simak nutrisi apa saja yang harus ada dalam menu sahur kamu di sini.

1. Protein

Nutrisi pertama yang perlu ada dalam menu sahur kamu adalah protein. Nutrisi yang satu ini bermanfaat untuk memberimu energi yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitasmu sepanjang hari. Makanan yang berprotein tinggi juga dapat meningkatkan rasa kenyang atau membuat kamu merasa lebih kenyang dibandingkan makanan yang tinggi lemak atau karbohidrat. Selama waktu berpuasa, sangat wajar bila kamu merasa lapar. Namun, dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein, kamu bisa merasa kenyang lebih lama.

Makanan yang kaya protein, antara lain telur, kacang-kacangan, yoghurt, ikan, ayam, dan kacang-kacangan.

Baca juga: Banyak Daging atau Sayur, Agar Lebih Kuat Puasa?

2. Serat

Serat juga merupakan nutrisi yang tidak kalah penting yang harus ada dalam menu sahur kamu. Pasalnya, serat dapat memberi kamu banyak manfaat baik selama berpuasa, seperti membantu menjagamu tetap kenyang sepanjang pagi, menunda rasa lapar, dan membantu menjaga kesehatan usus.

Makanan yang kaya akan serat, antara lain roti gandum, pasta gandum, kacang-kacangan, beras merah, sayuran, dan buah-buahan.

Baca juga: 5 Menu Makanan Kaya Serat yang Cocok Selama Bulan Puasa

3. Lemak

Jangan berprasangka buruk dulu bila mendengar tentang nutrisi yang satu ini. Nyatanya, lemak merupakan salah satu nutrisi yang tetap diperlukan tubuh saat puasa. Lemak sehat dapat membuat kamu kenyang lebih lama saat menjalankan puasa. 

Makanan yang kaya akan lemak sehat, antara lain minyak zaitun, kacang-kacangan, dan alpukat.

4. Vitamin dan Mineral

Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral juga sangat penting untuk dimasukkan ke dalam menu sahur kamu. Mereka dapat membantu kamu untuk merasa berenergi selama menjalani puasa. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran juga adalah cara lain selain minum air putih untuk membantu menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi. 

Contoh buah-buahan dan sayuran yang baik untuk dikonsumsi saat sahur, antara lain semangka, stroberi, jeruk, tomat, mentimun, selada, bayam dan seledri.

Namun, selama bulan puasa, mungkin sulit untuk mendapatkan cukup vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan fungsinya. Karena itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen multivitamin yang dapat membantu mencukupi kekurangan vitamin dan mineral penting, karena kamu tidak mengonsumsi makanan utuh biasa. Selain itu, mengonsumsi multivitamin juga dapat membantu meningkatkan energi kamu selama berpuasa.

Beli multivitaminnya lewat aplikasi Halodoc saja. Enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal order multivitamin yang kamu perlukan lewat fitur Buy Medicines dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi di atas, memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga sangat penting saat sahur, agar tubuh tetap terhidrasi selama menjalani puasa nanti. Kamu dianjurkan untuk minum dua gelas air putih saat sahur. Selain air putih, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi makanan atau minuman, seperti jus buah, smoothie, susu, dan sup.

Baca juga: Ibu, Begini Cara Penuhi Nutrisi Anak saat Puasa

Itulah nutrisi yang harus ada dalam menu sahur kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatanmu selama bulan puasa.

Referensi:
Huffpost. Diakses pada 2020. Nutrition During Your Fasting Season.
The Daily Crisp. Diakses pada 2020. 4 Nutrients You Need To Include In Your Suhoor.
NDTV Food. Diakses pada 2020. Ramadan 2020: Foods to Eat At Suhoor To Remain Hydrated And Energised.