• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Olahraga Ringan Ini Boleh Dicoba saat Puasa

6 Olahraga Ringan Ini Boleh Dicoba saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat menjalani puasa, tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman selama beberapa jam. Meski tidak makan dan minum, bukan berarti kamu jadi boleh santai-santai saja dan tidak lagi berolahraga. Sebab, olahraga adalah salah satu kunci penting untuk tubuh yang sehat dan bugar. Saat puasa, kamu pun sebaiknya tetap berolahraga, meski yang ringan-ringan saja.

Seorang ahli Pemrograman Kebugaran dan Nutrisi, Chelsea Amengual, mengatakan bahwa ketika puasa, glikogen atau karbohidrat yang disimpan tubuh kemungkinan besar akan habis. Jika kamu berolahraga saat puasa, lemak yang ada di tubuh kemungkinan akan terbakar lebih banyak dibanding biasanya. Jadi, selain menyehatkan, olahraga saat puasa juga bisa jadi solusi bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Baca Juga: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Olahraga

Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Puasa

Meski olahraga saat puasa itu baik untuk dilakukan, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan. Salah satunya adalah jenis olahraga yang dilakukan. Pilihlah jenis olahraga yang ringan-ringan saja, dengan intensitas yang juga tidak terlalu berat, untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat puasa.

Berikut beberapa jenis olahraga ringan saat puasa yang dapat dicoba:

1. Jalan Santai

Saat puasa, hindari olahraga yang bisa membuat kamu mudah berkeringat banyak. Nah, salah satu jenis olahraga yang bisa kamu pilih adalah jalan santai. Dengan melakukan jalan santai, kesehatan tubuh bisa terjaga, terutama kesehatan jantung dan bagian otot serta tulang, tanpa harus mengeluarkan keringat terlalu banyak. Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini, misalnya di sore hari menjelang buka puasa, untuk mencegah kondisi lemas yang terlalu lama.

2. Bersepeda

Bersepeda adalah contoh olahraga ringan sekaligus menyenangkan, yang bisa dicoba saat puasa. Selain mengencangkan otot, bersepeda juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Saat puasa, bersepeda juga dapat membuat tubuh tidak terlalu lemas, pikiran juga lebih tenang dan oksigen yang masuk ke dalam tubuh bisa terkontrol lebih mudah.

Baca Juga: Lakukan 3 Tips Olahraga Ini agar Tidak Cedera

3. Bowling

Bowling termasuk olahraga yang tidak membutuhkan banyak energi, tetapi tidak kalah mengasyikan dari bersepeda. Dengan bermain bowling, kamu bisa berolahraga sembari menunggu waktu berbuka puasa. Olahraga bowling bagus untuk menguatkan otot tangan dan melatih keseimbangan badan.

4. Latihan Beban

Meski olahraga ini terdengar cukup berat dilakukan, sebenarnya kamu bisa menyesuaikannya agar jadi lebih ringan, kok. Agar tidak menguras banyak energi, pilihlah beban yang tidak terlalu berat. Kemudian, lakukan gerakan angkat beban yang halus secara perlahan-lahan, agar otot tidak kram pada saat mengangkat beban.

5. Joging

Olahraga ini sebenarnya mirip dengan berjalan santai, tetapi dengan ritme yang sedikit lebih cepat. Tidak perlu khawatir, joging masih termasuk ke dalam olahraga ringan yang dapat dilakukan selama puasa dan dapat dilakukan kapan saja.

Baca Juga: Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat

6. Yoga

Yoga juga termasuk olahraga ringan, karena tidak terlalu menguras energi. Berlatih yoga saat puasa dapat menjaga tubuh tetap segar, bugar dan lebih rileks. Seperti yang diketahui, latihan yoga berfokus pada teknik pernapasan, yang otomatis menambah suplai oksigen ke seluruh jaringan dan menyeimbangkan produksi hormon.

Selain itu, yoga juga dapat membakar kalori dan mampu memperbaiki postur tubuh. Bisa dipastikan bahwa olahraga ini tidak akan membuat kamu mudah lelah, karena yoga tidak akan membuat kamu berkeringat banyak, sehingga kamu pun tidak akan mengalami dehidrasi.

Itulah beberapa pilihan olahraga ringan yang bisa dicoba saat puasa. Hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan olahraga saat puasa adalah memilih waktu yang pas, agar tidak mengganggu ibadah puasa kamu. Hindari berolahraga di siang hari, karena berisiko menyebabkan dehidrasi. 

Lakukanlah olahraga pada sore hari 2 sampai 1 jam menjelang berbuka puasa atau setelah berbuka. Jika masih bingung dalam memilih jenis olahraga apa yang tepat untuk kondisi tubuh dan kesehatan kamu, download saja aplikasi Halodoc untuk berdiskusi dengan dokter lewat chat, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Exercise Safely During Intermittent Fasting.
Livestrong. Diakses pada 2020. Should I Exercise While Fasting?