• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Pantangan Makanan saat Kadar Trigliserida Tinggi

5 Pantangan Makanan saat Kadar Trigliserida Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Bila selama ini kamu rutin melakukan cek kolesterol dan tekanan darah, ada satu hal lagi yang juga tidak kalah penting untuk dipantau, yaitu kadar trigliserida dalam tubuhmu. Pasalnya, kadar trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko kamu terkena penyakit jantung. Namun untungnya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kadar trigliserida yang tinggi, sehingga kesehatan tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan menjauhi beberapa jenis makanan berikut.

American Heart Association menganjurkan orang-orang yang berusia di atas 20 tahun untuk menjalani tes secara rutin untuk memantau kadar kolesterol dan trigliserida mereka. Berdasarkan cek darah puasa, kadar trigliserida bisa dikatakan normal bila kurang dari 150 mg/dL. Namun, kamu perlu berhati-hati bila kadar trigliserida berada di angka 200 sampai 499 mg/dL, karena itu berarti kadar trigliserida kamu tinggi. Kadar trigliserida bisa dikatakan sangat tinggi bila mencapai 500 mg/dL atau lebih.

Mengapa Kadar Trigliserida Tinggi Dapat Berdampak Buruk pada Kesehatan?

Kadar trigliserida yang sangat tinggi sering dikaitkan dengan masalah hati dan pankreas. Namun, tidak semua ahli sepakat bahwa kadar trigliserida berperan penting dalam menyebabkan masalah jantung. Hal ini karena kadar trigliserida tinggi biasanya cenderung muncul bersamaan dengan masalah lain, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, kadar kolesterol LDL ‘jahat’ yang tinggi dan kadar HDL “baik” yang rendah. Jadi, sulit untuk mengetahui dengan pasti masalah kesehatan mana yang hanya disebabkan oleh kadar trigliserida tinggi.

Sebagai contoh, beberapa orang memiliki kondisi genetik yang tampaknya menyebabkan kadar trigliserida dalam tubuh mereka tinggi. Namun, mereka tidak memiliki risiko penyakit jantung. Namun, ada beberapa bukti bahwa kadar trigliserida tinggi dengan sendirinya meningkatkan risiko penyakit. Studi lain menunjukkan bahwa kadar trigliserida tinggi hanya memainkan peran kecil bila dibandingkan dengan faktor risiko penyakit jantung lainnya. 

Meski begitu, kamu tetap dianjurkan untuk menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat untuk menjaga kadar trigliserida tetap normal, sehingga risiko masalah jantung dan pembuluh darah pun dapat berkurang.

Baca juga: 7 Cara untuk Menurunkan Trigliserida dalam Darah

Makanan yang Perlu Dijauhi Bila Memiliki Trigliserida Tinggi

Beberapa jenis makanan dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam tubuhmu. Oleh karena itu, menjauhi beberapa jenis makanan berikut merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kadar trigliserida tetap normal:

1. Sayuran Bertepung

Tidak semua sayuran baik untuk dikonsumsi ketika kamu memiliki trigliserida tinggi. Batasi sayur-sayuran yang mengandung tepung, seperti jagung dan kacang polong. Dengan begitu, tubuh kamu tidak akan mengubah pati ekstra menjadi trigliserida. Sayur-sayuran yang baik dikonsumsi untuk menjaga kadar trigliserida, antara lain kembang kol, kangkung, dan jamur.

2. Kacang Panggang dengan Tambahan Gula dan Daging Babi

Kacang-kacangan memang memiliki serat dan berbagai nutrisi lain yang baik untuk tubuh. Namun, bila kacang-kacangan diolah dengan tambahan gula atau daging babi, jenis makanan ini mungkin bukan pilihan baik untuk kamu yang memiliki kadar trigliserida tinggi. Jadi, sebelum membeli kacang-kacangan dalam kemasan kaleng, perhatikan dulu kandungan gula dan lemak yang terdapat di dalamnya. Sebaiknya, beralihlah ke kacang hitam yang merupakan sumber serat dan protein, tanpa lemak jenuh atau tambahan gula.

3. Buah-buahan

Tidak diragukan lagi bahwa buah sangat baik untuk kesehatan. Namun, ketika kamu memiliki kadar trigliserida tinggi, kamu mungkin perlu membatasi konsumsi buah-buahan menjadi 2–3 potong saja dalam sehari. Dengan begitu, kamu tidak akan mendapatkan terlalu banyak asupan gula alami yang terdapat dalam buah. Bila kamu ingin mengonsumsi buah kering, ingatlah bahwa porsinya harus jauh lebih sedikit, contohnya untuk buah kismis, hanya 2 sendok makan saja.

Baca juga: Buah Segar atau Kering, Mana yang Lebih Tinggi Gula?

4. Alkohol

Kamu mungkin menganggap bahwa alkohol memiliki kandungan yang baik untuk jantung. Namun, minum alkohol terlalu banyak dapat meningkatkan kadar trigliserida kamu. Hal ini karena alkohol, baik itu wine, bir, maupun minuman keras memiliki kandungan gula. Sedangkan terlalu banyak gula, dari sumber apa pun bisa menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, dokter mungkin akan menyarankan kamu yang memiliki trigliserida tinggi untuk tidak minum alkohol sama sekali.

5. Ikan Kalengan

Ikan juga merupakan makanan yang baik untuk jantung. Namun, sebaiknya jangan membeli ikan dalam kemasan kaleng yang biasanya dikemas dalam minyak. Mengonsumsi terlalu banyak minyak juga dapat meningkatkan kadar trigliserida.

Baca juga: Sisi Positif dan Negatif Makanan Kaleng

Itulah lima pantangan makanan bagi kamu yang memiliki kadar trigliserida tinggi. Bila kamu ingin melakukan cek kadar trigliserida, langsung saja buat janji di rumah sakit pilihanmu lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. High Triglycerides: What You Need to Know.
WebMD. Diakses pada 2020. Foods to Avoid If You Have High Triglycerides.