• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Pentingnya Jaga Asupan Cairan saat Lembur

Ini Pentingnya Jaga Asupan Cairan saat Lembur

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Wabah virus corona atau COVID-19 di Wuhan China telah membuat tim medis setempat wajib bekerja ekstra keras. Bahkan demi efisiensi waktu, tim medis diimbau untuk mengenakan popok atau mengurangi asupan air supaya tidak perlu bolak-balik ke toilet.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health, orang yang aktif melakukan aktivitas fisik membutuhkan asupan cairan yang lebih besar daripada mereka yang beraktivitas normal. Mengurangi asupan cairan di saat lembur dapat menyebabkan dehidrasi. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Bukan Hanya Mengusir Dahaga

Tubuh membutuhkan air bukan hanya untuk mengusir dahaga melainkan untuk menjalankan setiap fungsinya. Dehidrasi adalah istilah untuk reaksi tubuh ketika kamu tidak mengonsumsi air yang cukup, sehingga mengakibatkan tubuh kekurangan cairan. 

Dehidrasi kronis adalah suatu kondisi ketika terjadi dehidrasi berulang untuk periode yang lebih lama. Umumnya orang bisa mengalami dehidrasi akut ketika berada dalam keadaan tertentu, seperti paparan panas ekstrem atau aktivitas fisik yang berkepanjangan. 

Baca juga: 4 Tips Jaga Imunitas untuk Cegah Penularan Corona 

Sebenarnya kondisi dehidrasi dapat diatasi dengan istirahat dan minum air putih. Namun, dehidrasi kronis tidak cukup diatasi dengan mengonsumsi banyak air putih sekaligus. Ketika seseorang sudah mengalami dehidrasi kronis, kondisi tersebut telah memaksa tubuh untuk berfungsi tanpa air yang cukup. 

Ketika tidak diobati, dehidrasi kronis dapat berujung pada gangguan kesehatan yang lain seperti tekanan darah tinggi dan batu ginjal. Informasi selengkapnya mengenai bahaya dehidrasi bisa diperoleh di Halodoc

Dokter asli yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja

Tadi sudah disinggung bagaimana kondisi dehidrasi kronis dapat membuat seseorang bisa mengalami kondisi kesehatan lainnya. Gejala-gejalanya, seperti mual, sakit kepala, pusing, dan kram otot dapat berlanjut atau memburuk saat dehidrasi berlanjut. Dehidrasi kronis dapat menurunkan fungsi ginjal, memicu hipertensi, infeksi saluran kemih, kegagalan usus, dan demensia.

Baca juga: Ini Alasan Cina Wajibkan Segera Kremasi Korban Corona

Perlu diketahui kalau tubuh akan terus-menerus kehilangan air, terutama melalui urine dan keringat—apalagi kalau kamu punya banyak aktivitas air yang keluar bisa lebih banyak lagi. Untuk mencegah dehidrasi, kamu perlu minum air yang cukup. Para ahli kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi air setidaknya 2 liter per hari buat kamu yang memiliki aktivitas normal. 

Buat kamu yang sering tanpa sengaja meluputkan konsumsi air putih, berikut ini tipsnya:

  1. Minum-minuman berbasis air, jadi tidak hanya air putih, tetapi bisa juga jus atau susu. 

  2. Konsumsilah cairan sebelum benar-benar haus. Pada saat haus, tubuh sudah mulai mengalami dehidrasi. Gunakan warna urine sebagai indikator untuk mengetahui apakah kamu sudah minum cukup. Air seni harus berwarna kuning pucat. Jika kamu melihat warna kuning yang lebih gelap, mungkin perlu menambah asupan cairan.

  3. Jika kamu minum minuman berkafein (kopi, teh, dan soda), perbanyak minum air putih sebagai gantinya. Minuman berkafein dan alkohol adalah diuretik yang dapat meningkatkan ekskresi air dari tubuh daripada menghidrasi.

  4. Kamu juga bisa mendapatkan tambahan asupan cairan melalui makanan, seperti sup kaldu, seledri, tomat, atau melon.

  5. Tidak hanya mendukung green living, selalu membawa botol air minum juga bisa menjadi pengingat untuk tahu sudah berapa banyak air yang kamu konsumsi hari ini. 

  6. Jika bosan dengan rasa air yang datar, kamu bisa menambahkan irisan jeruk nipis, lemon, atau jeruk untuk memberikan cita rasa pada air putih.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. What Does It Mean When Dehydration Becomes Long-Term and Serious?
National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Water, Hydration, Health.
Roswell Park. Diakses pada 2020. 10 Healthy Ways to Increase Your Fluid Intake.