Pentingnya Multivitamin dengan Ekstrak Ginseng untuk Imunitas Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 April 2022

“Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu bisa mengonsumsi multivitamin dengan ekstrak ginseng untuk meningkatkan imunitas tubuh.”

Pentingnya Multivitamin dengan Ekstrak Ginseng untuk Imunitas TubuhPentingnya Multivitamin dengan Ekstrak Ginseng untuk Imunitas Tubuh

Halodoc, Jakarta – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi, misalnya mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga. Ketika imun tubuh optimal, hal ini menjadi salah satu pencegahan penyakit yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan, termasuk COVID-19.

Bukan hanya memperhatikan asupan makanan dan olahraga, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang mengandung vitamin dan mineral untuk tubuh. Kamu bisa mencoba mengonsumsi multivitamin dengan ekstrak ginseng untuk meningkatkan imunitas tubuh. Simak ulasannya dalam artikel ini!

Manfaat Mengonsumsi Multivitamin dengan Ekstrak Ginseng

Mengonsumsi berbagai makanan sehat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Bukan itu saja, berolahraga secara teratur pun dapat  meningkatkan imunitas tubuh.

Kamu juga bisa mengonsumsi berbagai suplemen atau multivitamin untuk membantu meningkatkan imun tubuh. Namun, jangan sembarangan mengonsumsi multivitamin, pastikan kamu mengonsumsi multivitamin yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang  lengkap untuk kesehatan dan metabolisme tubuh.

Selain mineral dan vitamin, ada kandungan lain yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan imun tubuh, yaitu ekstrak ginseng yang memiliki kandungan senyawa aktif, seperti saponin, polisakarida, dan polipeptida. 

Multivitamin yang mengandung ekstrak ginseng terkenal karena respon adaptogenik terhadap kekebalan tubuh. Ginseng telah digunakan ribuan tahun di China, Korea dan Jepang untuk berbagai kebutuhan medis.

Ini dinilai mampu meningkatkan imun tubuh terhadap berbagai infeksi, mulai dari membantu mengatasi flu, mencegah penyakit kanker, menurunkan kadar gula darah, hingga mengatasi kelelahan.

Vitamin D menjadi salah satu vitamin yang tidak boleh dilewatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Melansir dari jurnal Nutrients, kekurangan vitamin D dikaitkan dengan munculnya penyakit parah dalam tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa vitamin D berfungsi baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu, zinc merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sayangnya, zinc tidak diproduksi oleh tubuh sehingga dibutuhkan asupan zinc dari makanan atau suplemen yang memiliki kandungan ini di dalamnya.

Zinc berfungsi untuk mengaktifkan sel darah putih yang dikenal dengan limfosit sel T. Sel ini sangat penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh. 

Kamu bisa menemukan manfaat ekstrak ginseng, serta vitamin dan mineral lebih mudah dengan mengonsumsi Provital atau Provital Plus. Suplemen makanan ini memiliki kandungan standardized ginseng extract (Ginselect®) sebanyak 50 miligram. 

Provital dan Provital Plus juga mengandung vitamin dan mineral lainnya, seperti vitamin A, B1, B2, nicotinamide, vitamin B6, B12, D, E, H, folic acid, inositol, lysine, glutamic acid, kalsium, copper, magnesium, kalium, mangan, zat besi, zinc, fosfor, iodine dalam bentuk tablet salut selaput. 

Khusus Provital Plus, juga dilengkapi dengan Pure Lecithin. Pure Lecithin berfungsi untuk menjaga kesehatan hati dan membantu mencegah kerusakan hati pada penderita penyakit liver.

Suplemen ini digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada kondisi tubuh yang menurun pada saat bekerja keras, berolahraga, dan membantu memelihara kesehatan tubuh.

Pada situasi pandemi seperti ini, mengonsumsi suplemen ekstrak ginseng dinilai mampu mencegah hingga meringankan gejala akibat COVID-19, seperti kelelahan dan nyeri tubuh. Ekstrak Ginseng juga bermanfaat untuk menjaga stamina khususnya selama menjalani puasa.

Suplemen ini bisa dikonsumsi sebanyak 1 kali perhari. Provital dan Provital Plus dianjurkan untuk dikonsumsi setelah makan. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat ginseng dalam tubuh.

Selain itu, dapatkan Provital dan Provital Plus melalui Halodoc. Kamu bisa cek kebutuhan suplemen dan multivitamin yang kamu butuhkan melalui aplikasi ini. Caranya, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play. Toko Kesehatan Halodoc siap mengantar kebutuhan suplemen kamu dalam waktu kurang dari 24 jam dan dikirim dari apotek resmi!

Referensi:

Elsevier – Journal of Ginseng Research. Diakses pada 2022. Ginseng, a Promising Choice for SARS-COV-2: A Mini Review.
Monograph. Diakses pada 2022. Panax Ginseng.
Nutrients. Diakses pada 2022. Investigating the Relationship Between Vitamin D and Persistent Symptoms Following SARS-CoV-2 Infection.
Nutrients. Diakses pada 2022. Zinc as a Gatekeeper of Immune Function.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan