• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Penyakit yang Pernah Menjadi Pandemi di Dunia

Ini 4 Penyakit yang Pernah Menjadi Pandemi di Dunia

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - COVID-19 yang disebabkan oleh virus corona sudah dinyatakan sebagai pandemi. Arti dari pandemi adalah penyakit baru yang telah menyebar di seluruh dunia. Penyakit ini telah menyebar hampir ke seluruh benua dan menginfeksi banyak orang. Hal yang paling berbahaya adalah belum ada obat yang dapat menyembuhkan seseorang yang terserang virus corona.

Namun, tahukah kamu apabila terdapat penyakit lainnya yang menjadi pandemi di seluruh dunia sebelum virus corona ini? Beberapa penyakit pandemi ini pun telah menewaskan jutaan orang dalam kurun waktu tertentu. Berikut adalah beberapa penyakit yang telah mendapat sebutan pandemi dan terjadi sebelum COVID-19!

Baca juga: Ini yang Harus Diperhatikan saat Isolasi di Rumah Terkait Virus Corona

Penyakit Pandemi di Dunia yang Pernah Terjadi

Tahukah kamu, kebanyakan pandemi yang terjadi di dunia disebabkan oleh virus influenza? Virus flu dapat berubah dari waktu ke waktu dan umumnya ahli medis dapat memprediksi perubahan yang terjadi. Namun, terkadang mungkin saja muncul virus baru yang tidak bermutasi seperti yang telah diperkirakan. Hal tersebutlah yang menyebabkan timbulnya pandemi dari virus baru.

Saat pandemi akibat virus corona terjadi, banyak orang di seluruh dunia menjadi lebih sadar akan praktik kebersihan, seperti mencuci tangan dengan benar hingga menjaga jarak fisik (physical distancing). Dengan melakukan hal-hal tersebut diharapkan tidak semakin banyak orang yang tertular selagi obat untuk mengatasinya ditemukan.

Ternyata, pandemi ini bukan yang pertama kali di dunia. Beberapa penyakit telah terjadi di dunia, bahkan sebelum masuk ke tahun masehi. Maka dari itu, penting untuk mengetahui pandemi apa saja yang pernah terjadi agar lebih hati-hati dalam melakukan sesuatu atau berinteraksi dengan hewan dan lainnya. Berikut beberapa pandemi yang pernah terjadi:

  1. HIV/AIDS

Salah satu penyakit pandemi yang pernah terjadi adalah HIV/AIDS. Gangguan ini tercatat telah menyebabkan kematian pada 36 juta jiwa. Awal ditemukan pada 1976 di Kongo, penyakit ini disebut-sebut belum menemukan pengobatan yang efektif hingga sekarang. Puncak kejadian dari gangguan ini dari tahun 2005 hingga tahun 2012.

Baca juga: WHO Resmi Nyatakan Corona sebagai Pandemi

  1. Flu Asia

Penyakit pandemi lainnya yang pernah terjadi dan menyerang banyak daerah di seluruh dunia adalah flu asia. Penyakit ini berasal dari wabah pandemi influenza A subtipe H2N2. Awalnya, penyebaran gangguan ini dari China pada 1956-1958. Beberapa daerah yang terkena penyakit ini adalah Singapura, Hong Kong, dan Amerika Serikat. Flu asia ini tercatat menyebabkan kematian sebanyak 2 juta jiwa.

  1. Flu Babi

Penyakit pandemi lainnya yang disebabkan oleh flu adalah flu babi. Hal ini disebabkan oleh virus baru dengan jenis H1N1 yang berasal dari Meksiko pada  2009 sebelum menyebar hingga ke seluruh dunia. Total infeksi yang terjadi karena penyakit ini adalah 1,4 miliar orang dengan angka kematian dapat mencapai 500.000 ribu orang.

  1. Flu Spanyol

Flu Spanyol juga termasuk salah satu pandemi yang menyebar ke seluruh dunia. Sekitar 500 juta orang menjadi korban dari penyakit ini dan sekitar seperlima dari total tersebut meninggal dunia. Hal tersebut diperparah karena bersamaan dengan terjadinya Perang Dunia I. Faktanya, penyakit ini tidak berasal dari negara tersebut, hanya pemberitaan berasal dari situ. Maka dari itu, hingga saat ini penyakit tersebut disebut flu Spanyol.

Baca juga: Ini Cara Virus Corona Menyerang Tubuh

Itulah beberapa penyakit pandemi yang pernah terjadi sebelum adanya COVID-19. Dengan mengetahui beberapa penyakit sebelumnya, diharapkan banyak orang sadar tentang arti kesehatan dan kebersihan. Karena umumnya penyakit tersebut disebabkan oleh flu, sehingga lebih mudah menularkan orang lain.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait penyakit pandemi lainnya atau ingin memastikan segala hal terkait virus corona, dokter dari Halodoc dapat membantumu. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan.

Referensi:
Live Science. Diakses pada 2020. 20 of the worst epidemics and pandemics in history.
MPH Online. Diakses pada 2020. Outbreak: 10 Of The Worst Pandemics In History.