• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Sering Buang Air Kecil di Malam Hari, Ini Penyebabnya

Anak Sering Buang Air Kecil di Malam Hari, Ini Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Malam hari adalah waktu yang tepat untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. Namun, bukan tidak mungkin kamu terbangun di malam hari karena anakmu minta diantar ke kamar mandi karena tidak dapat menahan pipisnya. Selain itu, hal lain yang dapat terjadi adalah anak juga mengompol di malam hari. Pasti sangat mengganggu jam istirahat bukan?

Memang buang air kecil di malam hari adalah hal yang biasa terjadi. Namun, apabila frekuensi dari kebiasaan tersebut terlalu sering, penting untuk mengetahui penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, diharapkan dapat dengan mudah mengatasi gangguan tersebut agar tidak terulang lagi. Berikut ulasan lengkapnya!

Baca juga: Sering Buang Air Kecil di Malam Hari, Bahayakah?

Penyebab Anak Sering Buang Air Kecil di Malam Hari

Anak-anak yang usianya masih belum genap 3 tahun, tubuhnya belum mampu untuk menahan keinginan untuk buang air kecil dan dapat membuatnya untuk ngompol. Memang hal tersebut terbilang wajar untuk anak usia kisaran tersebut. Namun, jika anak ibu terlalu sering untuk buang air kecil di malam hari di atas usia 3 tahun, berarti ada gangguan yang menjadi penyebabnya.

Anak sering buang air kecil di malam hari dikenal dengan istilah medis nocturnal enuresis. Buang air kecil di malam hari dapat berhubungan dengan gangguan pada fisik dan juga mental. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebabnya agar dapat diatasi segera. Berikut adalah beberapa penyebab dari anak yang terlalu sering buang air kecil di malam hari:

  1. Faktor Genetika

Salah satu penyebab anak sering buang air kecil di malam hari adalah disebabkan faktor genetika atau keturunan. Gangguan pada malam hari ini dapat diwariskan ke anak dengan persentase 50 persen jika salah satu orangtuanya pernah mengalaminya. Jika kedua orangtuanya pernah mengidap gangguan tersebut, risikonya meningkat menjadi 75 persen. Dengan begitu, ibu tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Baca juga: Anak Sering Buang Air Kecil, Apakah Berbahaya?

  1. Perkembangan Fisik yang Lambat

Hal lainnya yang dapat menjadi penyebab anak sering buang air kecil pada malam hari adalah perkembangan fisiknya yang terbilang lambat. Saat tidur, kandung kemih akan berkomunikasi dengan otak. Hal tersebut membuat otot-otot dasar panggul menjadi rileks dan kosong sehingga keinginan anak untuk buang air kecil meningkat. Seiring bertambahnya usia, kontrol otak-kandung kemih tersebut akan lebih baik dan dapat dipercepat dengan perawatan.

  1. Memproduksi Banyak Urine saat Tidur

Anak juga dapat mengalami terlalu sering buang air kecil saat malam disebabkan tubuh yang memproduksi terlalu banyak urine saat tidur. Hal tersebut disebabkan ginjal yang aktif pada malam hari, sehingga kandung kemih kesulitan menahannya. Otak dapat menghasilkan hormon antidiuretik yang dapat memperlambat produksi urin, tetap jika terdapat gangguan pada otak maka hal tersebut sulit dihindari. Gangguan ini menyebabkan anak sering bangun malam atau mengompol.

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari anak yang terlalu sering buang air kecil saat malam, diharapkan hal ini dapat membantu ibu untuk melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Dengan begitu, tidur malam dapat tetap terjaga tanpa bangun tiba-tiba karena anak yang meminta ditemani untuk ke toilet.

Baca juga: Anak Sering Buang Air Kecil, Waspada Penyakit Ini

Ibu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait penyebab anak yang terlalu sering buang air kecil di malam hari. Caranya mudah sekali, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari agar penanganan dini dapat diatasi!

Referensi:
Urology Health. Diakses pada 2020. What Is Nocturnal Enuresis (Bedwetting)?
WebMD. Diakses pada 2020. Overactive Bladder in Children.