• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Penyebab Ibu Hamil Alami Gangguan Pencernaan

4 Penyebab Ibu Hamil Alami Gangguan Pencernaan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Menjalani kehamilan tentunya membuat ibu perlu melakukan adaptasi terhadap kondisi tubuh yang sedang dialami. Banyaknya perubahan pada tubuh juga membuat ibu merasa tidak nyaman hingga gangguan kesehatan, seperti masalah pencernaan. Mengalami gangguan pencernaan saat menjalani kehamilan adalah hal normal yang kerap dialami oleh hampir semua ibu hamil.

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami Ibu Hamil 

Ada beberapa tanda yang dialami oleh ibu hamil yang mengalami gangguan pencernaan, seperti perut terasa kembung, begah, mual, dan lebih sering bersendawa. Tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa penyebab ibu hamil rentan alami gangguan pencernaan, agar kondisi ini dapat diatasi dengan segera.

Penyebab Gangguan Pencernaan pada Ibu Hamil

Menjalani masa kehamilan tentunya menyebabkan ibu mengalami banyak perubahan. Perubahan yang terjadi kerap menyebabkan rasa tidak nyaman, seperti munculnya gangguan pencernaan pada ibu hamil. Kondisi ini terbilang normal dan wajar dialami oleh ibu hamil khususnya pada ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trimester ketiga.

Ada beberapa penyebab yang membuat ibu hamil dapat mengalami gangguan pencernaan. Sebaiknya ketahui beberapa penyebabnya agar ibu dapat mengatasi kondisi ini dengan tepat.

1. Perubahan Hormon

Melansir Pregnancy Baby and Birth, tidak jarang ibu hamil yang memiliki usia kehamilan trimester pertama mengalami gangguan pencernaan. Umumnya, pada trimester pertama ibu hamil akan mengalami gangguan pencernaan yang dikenal sebagai dispepsia.

Dispepsia merupakan kondisi yang tidak nyaman pada perut bagian atas karena naiknya asam lambung. Kondisi ini disebabkan adanya perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil. Selain perubahan hormon, dispepsia pada ibu hamil dapat disebabkan oleh mengonsumsi makanan terlalu banyak, mengonsumsi makanan tinggi kandungan lemak jenuh, melakukan aktivitas setelah makan, dan ketika ibu hamil merasakan gelisah yang berlebihan.

Baca juga: Waspada, Ini Kelainan dalam Kehamilan

2. Usia Kehamilan

Usia kehamilan juga dapat menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan pencernaan. Melansir National Health Service UK, bertambahnya usia kehamilan, tentu ukuran bayi juga akan semakin membesar. Bayi yang semakin membesar membuat tekanan di dalam perut semakin besar. Hal ini yang memicu ibu hamil mengalami dispepsia. 

3. Perubahan Pola Makan

Di awal kehamilan, ibu hamil mengalami perubahan pola makan. Melansir dari Healthline, perubahan pola makan yang dialami oleh ibu hamil menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan pencernaan seperti penyakit diare. Sebaiknya perhatikan pola makan dan kebersihan makanan yang ibu konsumsi. Perubahan pola makan yang dialami memicu virus, bakteri, maupun keracunan makanan yang membuat ibu mengalami diare. Selalu jaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik saat alami diare agar ibu terhindar dari gangguan kesehatan lainnya.

4. Suplemen Zat Besi

Zat besi memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, seperti mencegah risiko keguguran, menjaga berat badan bayi tetap normal, dan juga mencegah kelahiran prematur. Namun, tentunya mengonsumsi zat besi sebaiknya sesuai dengan anjuran dokter.

Melansir American Pregnancy Association, terlalu banyak mengonsumsi zat besi dapat menyebabkan ibu hamil mengalami konstipasi atau sembelit. Itulah alasan mengapa sebaiknya konsumsi suplemen zat besi sesuai dengan anjuran dokter. Jika ada yang ingin ditanyakan, ibu dapat bertanya langsung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc.

Selain itu, ibu dapat mengatasi konstipasi saat hamil dengan perbanyak konsumsi air putih setiap harinya, makanan yang mengandung serat, dan rutin melakukan olahraga ringan yang baik bagi ibu hamil.

Baca juga: Perlu Tahu 7 Gangguan Pencernaan dari yang Ringan Sampai Berat

Itulah penyebab yang membuat ibu hamil mengalami gangguan pencernaan. Lakukan pencegahan dengan konsumsi makanan sehat dan jangan lupa untuk rutin lakukan pemeriksaan kandungan pada dokter kandungan agar gangguan kesehatan yang dialami selama menjalani kehamilan dapat segera diatasi dengan tepat.

Referensi:
American Pregnancy Association. Diakses pada 2020. Constipation in Pregnancy
Healthline. Diakses pada 2020. Remedies for Diarrhea During Pregnancy
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Indigestion and Heartburn in Pregnancy
Pregnancy Baby and Birth. Diakses pada 2020. Indigestion and Heartburn in Pregnancy