Perawatan Alami untuk Meredakan Perut Kembung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Perawatan Alami untuk Meredakan Perut Kembung

Halodoc, Jakarta - Tentu rasanya tidak nyaman ketika mengalami perut kembung. Pada kebanyakan kasus, perut kembung bukan hal yang berbahaya dan bisa mereda dengan sendirinya. Namun, ada beberapa cara atau perawatan alami untuk meredakan perut kembung yang bisa dicoba.

Seperti namanya, perut kembung adalah kondisi ketika ada sejumlah gas yang menumpuk di dalam saluran pencernaan. Setiap orang bisa mengalami kondisi ini. Untuk mengetahui trik meredakan perut kembung secara alami, simak pembahasan berikut hingga tuntas, ya!

Baca juga: 5 Makanan Penyebab Perut Kembung

Tips Meredakan Perut Kembung

Sebelum buru-buru minum obat, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk meredakan perut kembung, lho. Berikut di antaranya:

1.Jangan Tahan Kentut dan Sendawa

Jika ingin meredakan perut kembung, jangan tahan kentut ataupun sendawa. Dua hal tersebut adalah cara tubuh mengeluarkan gas berlebih dari dalam perut. Jika merasa perut tidak nyaman, tapi sedang di tempat umum, segera cari tempat untuk buang gas, misalnya di toilet.

2.Kompres Hangat

Rendam handuk kecil atau kain bersih dalam wadah berisi air panas, lalu peras kelebihan airnya. Kemudian, tempelkan kompres panas tersebut selama 10-15 menit di perut untuk meredakan rasa nyeri dan kembung. Cara lainnya bisa dengan mengisi botol plastik dengan air panas, kemudian balut dengan handuk tipis dan tempelkan di atas perut.

Suhu hangat dari kompres dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga darah pembawa oksigen bisa mengalir dengan lancar. Selain itu, otot-otot perut juga menjadi lebih kendur dan rileks, yang dapat mengurangi kembung dan membantu mengeluarkan kelebihan gas.

Baca juga: Perut Sering Kembung, Hati-Hati Gastritis

3.Olahraga Ringan

Ketika perut terasa kembung, cobalah bangkit dari duduk, dan jalan kaki sekitar 10-15 menit saja. Olahraga ringan membantu mengendurkan otot-otot usus, sehingga memperlancar proses mengalirkan kelebihan gas yang terperangkap di perut.

Selain jalan kaki, kamu juga bisa mencoba latihan pernapasan dengan menarik napas dalam-dalam secara perlahan. Lalu, keluarkan juga dengan perlahan dalam 10 hitungan.

4.Makan secara Perlahan

Jika tidak ingin keluhan perut kembung semakin bertambah parah, sebaiknya ubah tempo makan menjadi lebih perlahan. Makan terlalu cepat dapat memicu masuknya banyak udara ke dalam sistem pencernaan. Hal ini yang menyebabkan perut terasa kembung dan begah. 

Jadi, usahakan untuk mengunyah makanan sekitar 30 hitungan dan selalu mengunyah makanan sampai halus terlebih dahulu sebelum menelannya. Dengan begitu, kamu dapat mencegah munculnya gangguan pencernaan, termasuk perut kembung.

5.Hindari Minum Soda

Minuman bersoda mengandung banyak gas yang dapat menumpuk di dalam perut. Hal ini karena minuman bersoda memiliki kandungan karbon dioksida di dalamnya, sehingga dapat menimbulkan gelembung di perut dan menyebabkan kembung. 

Terlebih, minuman bersoda biasanya diberi tambahan pemanis buatan. Kandungan pemanis buatan dalam makanan dan minuman juga dapat memicu penumpukan gas, sehingga membuat perut menjadi kembung. 

Baca juga: Ketahui 7 Makanan yang Ampuh Usir Perut Kembung

6.Kurangi Porsi Makan

Coba ingat-ingat, apakah sebelum mengalami perut kembung kamu makan dalam porsi besar? Jika iya, bisa jadi itulah penyebabnya. Selain mengenyangkan, makan dalam porsi besar bisa membuat perut terasa penuh, begah, serta kembung. Saat mengalami perut kembung pun sebaiknya hindari dulu makan terlalu banyak.

Itulah beberapa tips perawatan rumahan untuk meredakan perut kembung. Jika setelah mencobanya perut kembung tak kunjung membaik, sebaiknya download aplikasi Halodoc untuk membicarakannya pada dokter.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. 8 Ways to Relieve Gas Pain Fast.
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to get rid of trapped gas.
Healthline. Diakses pada 2020. What’s Causing My Abdominal Bloating, and How Do I Treat It?
Everyday Health. Diakses pada 2020. Home Remedies for Gas and Bloating.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Belching, Intestinal Gas and Bloating: Tips for Reducing Them.