• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Diwaspadai, Inilah 3 Gejala Kanker Tulang

Perlu Diwaspadai, Inilah 3 Gejala Kanker Tulang

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Gejala kanker tulang dapat muncul pada tulang bagian manapun di seluruh tubuh. Meski umumnya muncul di tulang pinggul atau jenis tulang panjang, seperti tulang lengan dan tungkai. Kanker tulang mungkin termasuk penyakit yang langka. Kondisi yang banyak terjadi biasanya tumor tulang yang tidak ganas (non kanker).

Kanker tulang kebanyakan terjadi akibat penyebaran atau metastasis dari kanker pada bagian tubuh lain. Meski begitu, bukan berarti kanker ini boleh disepelekan. Mendeteksi gejala kanker tulang sedini mungkin sangatlah penting, agar pengobatan bisa segera dilakukan. Lantas, apa saja gejala kanker tulang yang perlu diwaspadai?

Baca juga: 4 Penyebab Terjadinya Kanker Tulang pada Anak

Gejala Kanker Tulang

Beberapa ciri-ciri yang paling sering dikeluhkan sebagai gejala kanker tulang adalah:

1. Rasa Sakit di Area Tulang

Gejala paling umum dari kanker tulang adalah rasa sakit pada area tulang yang terserang kanker. Awalnya, rasa sakit mungkin terasa hilang dan timbul. Namun, gejala ini dapat bertambah parah di malam hari atau ketika tulang digunakan untuk beraktivitas. Jika sel kanker berkembang dan bertambah banyak, rasa sakit pun akan semakin memburuk.

2. Bengkak

Pembengkakan pada tulang yang terkena kanker biasanya tidak langsung muncul sampai berminggu-minggu setelah mulai timbul rasa sakit. Hal ini tergantung lokasi kanker pada tulang. Benjolan bengkak yang muncul kadang-kadang bisa teraba, tetapi bisa juga tidak teraba.

Baca juga: Menyebar Cepat, Kanker Tulang Menguras Biaya dan Tenaga

3. Tulang Jadi Lemah dan Rapuh

Kanker tulang bisa membuat tulang tempat tumbuhnya kanker menjadi lemah. Namun pada kebanyakan kasus, tulang tidak sampai patah. Pada gejala kanker tulang berupa patah tulang, pengidapnya bisa merasakan sakit luar biasa yang muncul secara mendadak pada tulang, yang tadinya hanya terasa nyeri selama beberapa bulan sebelumnya. 

Itulah beberapa gejala umum kanker tulang. Perlu diketahui bahwa gejala kanker tulang bisa muncul berbeda-beda pada setiap pengidapnya, tergantung lokasi kanker tulang. Jika menyerang tulang belakang, kanker bisa menekan saraf tulang belakang dan menyebabkan anggota tubuh mati rasa, kesemutan, atau memiliki kemampuan gerak yang melemah. 

Gejala kanker tulang juga bisa berupa penurunan berat badan dan kelelahan yang terus-menerus muncul. Jika sel kanker sudah menyebar ke organ lainnya, bisa pula timbul gejala lain yang berkaitan dengan organ yang diserang. Misalnya, sulit bernapas, jika kanker sudah menyebar ke paru-paru. 

Jika mengalami gejala kanker tulang seperti yang dijelaskan tadi, sebaiknya segera download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter spesialis tulang di rumah sakit. Semakin dini kanker tulang dideteksi, semakin cepat pengobatan dan perawatan gejala bisa dilakukan.

Baca juga: MRI Dapat Deteksi Penyakit Kanker Tulang, Begini Prosedurnya

Jenis-Jenis Kanker Tulang

Ada beberapa jenis kanker tulang yang bisa menyerang. Beberapa di antaranya adalah:

  • Osteosarkoma

Ini adalah jenis kanker tulang yang paling sering terjadi. Osteosarkoma umumnya bermula di sel-sel yang membentuk tulang. Lokasi terjadinya osteosarkoma adalah pada tulang-tulang panjang, misalnya tungkai dan lengan. Namun, kanker tulang jenis ini lebih banyak menyerang tulang tungkai daripada tulang lengan. 

  • Chondrosarkoma

Jenis kanker tulang ini biasanya bermula di dalam tulang. Namun, ada juga chondrosarkoma yang bermula di jaringan lunak di sekitar tulang. Tulang panggul (pelvis) dan tulang bahu merupakan bagian tulang yang paling sering terserang chondrosarkoma. Gejala khas kanker ini adalah sel-sel kankernya yang memproduksi tulang rawan. 

  • Sarkoma Ewing

Jenis kanker tulang sarkoma Ewing bisa terjadi di dalam tulang ataupun jaringan lunak di sekitar tulang. Kanker tulang ini biasanya terjadi pada tulang-tulang panjang di pelvis, kaki, serta lengan. Sementara itu, pada kasus yang jarang, kanker tulang sarkoma Ewing dapat bermula di jaringan lunak pada lengan, kaki, perut, dan bagian tubuh lain. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Bone Cancer.
American Cancer Society. Diakses pada 2020. Bone Cancer - Signs and Symptoms.