• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini 4 Manfaat Imlek untuk Kesehatan

Perlu Tahu, Ini 4 Manfaat Imlek untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Tahun Baru Imlek adalah perayaan tahun baru menurut sistem penanggalan kalender lunar. Perayaan ini penting bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Perayaan tahun baru Imlek dimulai pada hari pertama di bulan pertama di penanggalan kalender lunar dan berakhir pada tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama) atau di Indonesia disebut Cap Go Meh.

Perayaan ini memang syarat akan makna. Seperti halnya perayaan keagamaan lain, semua anggota keluarga berkumpul di malam tahun baru Imlek. Mereka saling berbagi kebahagiaan, seperti berbagai angpao, makan malam bersama, dan masih banyak lagi. Nah, tahukah kamu bahwa perayaan semacam tahun baru Imlek juga memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti:

Baca juga: Bukan Cuma Materi, Kesehatan Juga Penting saat Tahun Baru Cina

  • Makan Bersama

Di setiap perayaan, acara makan-makan bersama menjadi hal yang sangat ditunggu. Saat tahun baru Imlek, tersaji banyak makanan sehat dengan makna simbolisnya masing-masing. Mulai dari ikan untuk memberikan keberlimpahan, jeruk untuk keberuntungan dan kekayaan, atau mi untuk memohon panjang umur.

Melansir Health Link British Columbia, banyak manfaat dari makan bersama keluarga. Hampir semua orang dari segala usia makan lebih baik ketika mereka berbagi makanan dengan orang lain. Mereka cenderung makan lebih banyak buah dan sayuran dan makanan kaya nutrisi lainnya. Akibatnya, mereka memiliki berat badan yang lebih sehat, terhindar dari risiko gangguan makan, dan terhindar dari stres. Bagi anak-anak, makan bersama memberikan mereka kesempatan untuk belajar lebih banyak kata dan cara berkomunikasi dengan lebih baik.

  • Ajang Mempererat Persaudaraan

Pertemuan keluarga saat perayaan Imlek membuat anggota keluarga untuk berkumpul kembali. Saat Imlek juga umumnya orang akan pulang ke rumah orangtua, dan pada momen ini akhirnya anggota keluarga bisa bertemu dan membantu menyatukan kembali hubungan yang mungkin sudah renggang di antara anggota keluarga akibat jarang bertemu. Terlebih jika selama kumpul keluarga tersebut ada salah satu anggota keluarga ada yang sedang hamil, merencanakan pernikahan atau akan menempuh ujian, maka bisa saling mendukung sehingga memberikan dampak pada kesehatan mental.

Baca juga: Cara Cegah Persaingan Antara Kakak dan Adik 

  • Bagi-Bagi Angpao

Inilah yang menjadi salah satu tradisi khas dari perayaan tahun baru Imlek. Angpao atau uang jajan biasanya akan diberikan oleh pasangan yang sudah menikah, atau orang tua kepada anak-anak dan orang muda lain yang belum menikah. Jika diperhatikan, bagi-bagi uang bukanlah hanya tradisi semata. Hal ini juga akan memberikan manfaat untuk anak-anak dalam hal keuangan. Memberikan sejumlah pada anak-anak melatih mereka untuk mengetahui manfaat menabung, berlatih untuk membuat pengeluaran yang cermat, dan pengelolaan uang. Mereka juga belajar untuk lebih menghargai nilai uang dan kerja keras.

  • Mengurangi Stres

Setiap manusia pastinya tidak lepas dari stres, seperti akibat pekerjaan, tugas perkuliahan, dan masih banyak lagi. Salah satu langkah menurunkan stres dari semua masalah itu ternyata tidak sulit, hanya dengan berkumpul bersama keluarga. Dengan berbagi cerita, menangis dan tertawa bersama bisa mengurangi beban hidup. Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial, sehingga tidak dapat menjalani hidup sendiri. Manusia perlu dukungan sosial, dan salah satu cara mendapatkan dukungan sosial dengan berkumpul bersama keluarga selama perayaan tahun baru Imlek ini. 

Baca juga: Enggak Hanya Sehat, 5 Makanan Khas Imlek Ini Juga Bawa Keberuntungan

Itulah beberapa manfaat imlek bagi kesehatan kamu. Nah, kalau kamu punya keluhan kesehatan saat perayaan Imlek, gunakan aplikasi Halodoc saja untuk berbicara dengan dokter. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Setelah itu, kamu bisa chat dengan dokter kapan saja dan dimana saja. 

Referensi:
British Nutrition Foundation. Diakses pada 2020. Chinese New Year.
Health Link British Columbia. Diakses pada 2020. The Benefits of Eating Together For Children and Families.
Sitters.co.uk. Diakses pada 2020. Benefits of Pocket Money.