• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Pilihan Buah yang Bisa Dikombinasikan dengan Bit

3 Pilihan Buah yang Bisa Dikombinasikan dengan Bit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Food Revolution Network, disebutkan kalau buah bit kaya akan folat, mangan, dan tembaga. Folat sangat penting untuk sintesis DNA dan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan depresi.

Mangan diperlukan untuk proses enzimatik dalam tubuh serta metabolisme dan penyembuhan luka. Tembaga sendiri dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Menyadari pentingnya bit, membuat buah ini direkomendasikan untuk dikonsumsi. Untuk menambah khasiatnya kamu bisa mengombinasikan bit dengan aneka buah lainnya. Simak pembahasannya di bawah ini!

Mengakali Bit untuk Enak Dinikmati

Tadi sudah disinggung bagaimana buah bit memiliki banyak manfaat. Sayang, sebagian orang enggan untuk mengonsumsi bit karena aroma dan rasanya. Benci dan cinta buah bit mengelompokkan orang pada dua golongan; suka banget atau nggak suka banget dengan buah ini.

Baca juga: 6 Alasan Harus Sering Makan Buah Bit

Bit memiliki senyawa kimia organik yang disebut geosmin yang memberikan buah ini memiliki rasa yang khas dan sangat personal. Namun, sekali lagi, ketika mengingat manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi bit, diharapkan tidak perlu membuat kamu berpikir dua kali untuk mengonsumsinya.

Apalagi bit dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kinerja daya tahan tubuh, serta meningkatkan aliran darah ke otak. Bit juga kaya akan serat dan membantu memaksimalkan pencernaan secara keseluruhan. Berikut ini alternatif buah pendamping untuk menikmati dan mendapatkan khasiat bit lebih maksimal.

  1. Semangka

Buah semangka adalah salah satu pilihan tepat untuk mengombinasikan rasa anyep pada bit. Manis alami pada semangka akan menutupi rasa khas bit dan membuatnya semakin segar untuk dinikmati. Kamu bisa mengombinasikan semangka dan bit dan menjusnya untuk menjadikannya sajian segar.

  1. Apel

Selain semangka, alternatif buah lainnya untuk dijus bersama bit adalah apel. Sensasi asam pada apel akan membantu menyamarkan rasa bit yang “khas” tersebut. Kombinasi apel dan bit akan memberikan cita rasa spesial. Apalagi kalau diminum dingin-dingin.

  1. Wortel

Walaupun bukan tergolong buah, nyatanya menambahkan wortel dalam sajian bit juga disarankan. Wortel mengandung berbagai vitamin, termasuk vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, E dan K dan nutrisi, seperti niasin, asam folat dan asam pantotenat, serta mineral, misalnya fosfor, kalsium, kalium, magnesium, dan selenium. 

Baca juga: Buah-buahan Segar yang Bisa Turunkan Kolesterol

Salah satu komponen terpenting yang membuat wortel berbeda dari yang lain adalah beta-karoten. Tubuh kita mengubah beta-karoten menjadi vitamin A untuk membantu fungsi mata dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A juga membantu membuang racun dari tubuh serta mengurangi empedu dan lemak dari hati. 

Cara Terbaik Mengonsumsi Bit

Ada banyak pilihan untuk mengonsumsi bit. Mulai dari memakannya mentah, dimasak, atau dipanggang. Saat dimakan mentah, bit keras, renyah, dan rasanya agak manis. Mengonsumsi bit mentah dapat mempertahankan nutrisi dan membantu menjaga rasa alami dari buah tersebut.

Saat memasak bit, bit menjadi lebih lembut dan sedikit lebih manis. Ini membuat bit coco juga disandingan dengan goat cheese atau cuka untuk menyeimbangkan rasa manisnya. Memanggang bit juga mengeluarkan rasa manis alami dari bit, sehingga lebih legit. 

Penting untuk dicatat bahwa meskipun bit tampak sangat tahan dan keras, mereka sebenarnya adalah sayuran yang sangat lembut. Bit cenderung teroksidasi dan kehilangan sebagian nilai nutrisinya saat terlalu panas dan terlalu matang. 

Pastikan untuk memasak bit dengan suhu tidak terlalu panas dan lama untuk mencegah oksidasi dan memaksimalkan nilai nutrisi bit. Selain itu, pilih bit segar untuk memungkinkan kamu mendapatkan nutrisi sebanyak mungkin.

Cara paling sehat untuk memasak bit agar nutrisi mereka tetap utuh adalah dengan mengukusnya selama sekitar 20 menit atau kurang atau memanggangnya kurang dari satu jam. Informasi selengkapnya mengenai khasiat bit bisa ditanyakan langsung di Halodoc

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:

Draxe.com. Diakses pada 2020. 8 Beets Benefits You May Not Believe.
Food.ndtv.com. Diakses pada 2020. ABC Detox Drink: Why Apple, Beetroot and Carrot is a Great Combination.
Food Revolution Network. Diakses pada 2020. 10 Healthy Reasons to Brighten Your Meals with Beets.