• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Kanker Vulva

Begini Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Kanker Vulva

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Bagi para wanita, menjaga kesehatan area reproduksi menjadi salah satu cara yang perlu dilakukan untuk menghindari berbagai risiko gangguan yang mungkin saja dialami, salah satunya adalah kanker vulva. Vulva sendiri merupakan bagian dari organ seksual wanita yang berada dekat dengan lubang kencing dan juga vagina. 

Baca juga: Gejala Awal Kanker Vulva yang Harus Diwaspadai

Kanker vulva terjadi ketika kanker menyerang permukaan luar daerah kemaluan wanita. Tentunya, kondisi ini perlu segera diatasi agar tidak semakin memburuk. Selain itu, pola hidup sehat juga perlu dilakukan pengidap kanker vulva agar pengobatan yang dilakukan dapat berjalan dengan optimal. 

Kenali Gejala Kanker Vulva

Kanker vulva dapat dideteksi dengan munculnya benjolan pada area vulva. Melansir National Health Service UK, pengidap kanker vulva juga akan merasakan rasa gatal pada area vulva yang disertai dengan rasa nyeri, membengkak, hingga mengalami sensasi panas.

Perhatikan munculnya bercak atau adanya bagian kulit yang menebal pada area vulva, jika kamu mengalami kondisi tersebut, tidak ada salahnya untuk segera periksakan kesehatan ke rumah sakit terdekat agar gangguan kesehatan yang dialami dapat segera diatasi.

Keputihan yang disertai darah atau munculnya perdarahan pada area vulva juga sebaiknya jangan disepelekan karena ini menjadi tanda lain dari adanya penyakit kanker vulva. Kanker vulva juga dapat ditandai dengan rasa nyeri dan tidak nyaman ketika pengidap melakukan buang air kecil.

Baca juga: Lakukan Biopsi untuk Mendeteksi Kanker Vulva

Pola Hidup Sehat Pengidap Kanker Vulva

Hingga saat ini, penyebab kanker vulva belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang dapat memicu sel-sel bermutasi dan berkembang hingga menjadi tumor ganas yang menjadi sel kanker, seperti faktor usia, mengalami lesi prakanker pada vulva, dan memiliki gaya hidup yang buruk.

Menjalani pengobatan dapat dilakukan untuk mengatasi kanker vulva. Namun, tentunya pengidap kanker vulva juga perlu menjalani pola hidup yang sehat dan menghindari beberapa faktor pemicu yang dapat dihindari. Nah, ketahui pola hidup sehat yang bisa dijalankan oleh pengidap kanker vulva.

1. Rutin Lakukan Pemeriksaan

Jangan ragu untuk rutin lakukan pemeriksaan setelah pengobatan yang kamu jalani. Pemeriksaan rutin ke rumah sakit terdekat digunakan untuk memantau perkembangan kanker yang dijalani. Dengan begitu, ada perubahan kondisi dapat segera diatasi dengan baik.

2. Hindari Kebiasaan Merokok

Merokok menjadi salah satu pemicu sel bermutasi dan berkembang menjadi sel kanker pada tubuh. Bagi pengidap kanker vulva, tidak ada salahnya untuk menghentikan kebiasaan ini agar pengobatan yang dijalankan dapat berlangsung secara optimal dan pemulihan dapat berjalan dengan baik.

3. Lakukan Kegiatan Seksual yang Sehat

Kanker vulva dapat disebabkan oleh penyakit menular seksual, HPV dan juga HIV. Jadi, tidak ada salahnya pengidap kanker vulva menjalankan kegiatan seksual yang sehat dengan selalu menggunakan kondom dan tidak bergonta ganti pasangan saat melakukan kegiatan seksual.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Jalankan pola makan yang sehat dengan rutin mengonsumsi makanan yang sehat. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang lemah menjadi salah satu faktor yang memicu seseorang alami kanker vulva.

Baca juga: Adakah Pencegahan Efektif dari Kanker Vulva?

Itulah pola hidup sehat yang bisa dilakukan oleh pengidap kanker vulva agar kondisi ini dapat segera diatasi. Lakukan pencegahan dengan melakukan vaksin HPV yang membantu kamu untuk mengurangi perkembangan kanker vulva. Tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc apabila kamu masih ada pertanyaan seputar kanker vulva.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Vulvar Cancer
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Vulvar Cancer