• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pola Makan yang Tepat Mampu Atasi Nyeri Haid

Pola Makan yang Tepat Mampu Atasi Nyeri Haid

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Saat mengalami menstruasi, banyak wanita yang merasakan nyeri dan kram pada perut. Tentu hal tersebut dapat mengganggu aktivitas harian yang membutuhkan konsentrasi saat melakukannya. Tidak sedikit wanita yang langsung minum obat karena sudah tidak tahan terhadap gangguan yang dirasakan. Padahal, ada cara yang lebih baik untuk mengatasi nyeri haid, yaitu dengan mengatur pola makan yang tepat. Untuk lebih jelasnya, baca ulasannya di bawah ini!

Atasi Nyeri Haid dengan Pola Makan

Sebelum menstruasi terjadi, sel-sel yang membentuk lapisan rahim (sel endometrium) mulai rusak selama haid terjadi dan melepaskan banyak prostaglandin yang dapat mengakibatkan inflamasi. Selain itu, bahan kimia ini juga dapat menyempitkan pembuluh darah di rahim dan membuat lapisan otot mengalami kontraksi, sehingga kram dan nyeri terasa. Selain itu, prostaglandin juga dapat masuk ke aliran darah yang menyebabkan sakit kepala, mual, dan muntah.

Baca juga: Apa yang Menyebabkan Nyeri Haid yang Tak Tertahankan?

Meski begitu, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah pembentukan senyawa penyebab inflamasi tersebut agar nyeri haid berkurang. Kamu dapat mengonsumsi beberapa makanan yang sangat baik untuk meredam kandungan yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman tersebut. Nah, berikut ini beberapa pola makan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum atau saat kamu mengalami menstruasi:

1. Mengonsumsi Makanan Anti-Inflamasi

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengurangi atau menghentikan konsumsi makanan yang dapat meningkatkan peradangan untuk sementara. Makanan tertentu diketahui dapat menyebabkan respons peradangan pada sebagian besar orang. Beberapa sumber makanan dengan kandungan tersebut, yaitu gula, gluten, dan produk susu. Memang sulit untuk menghindarinya karena kandungan tersebut biasa digunakan dalam campuran makanan.

Nah, kamu juga dapat mengonsumsi lebih banyak makanan yang bersifat anti-inflamasi. Jahe adalah salah satu makanan yang terbukti secara signifikan meredakan kram saat diminum selama lima hari. Beberapa makanan yang dapat mengatasi peradangan di dalam tubuh, yaitu blueberry, stroberi, alpukat, dan kunyit. Dengan lebih banyak mengonsumsi makanan tersebut, diharapkan nyeri haid yang dirasakan saat menstruasi lebih minim.

Baca juga: Nyeri Haid Tak Tertahankan, Apa Penyebabnya?

2. Konsumsi Vitamin untuk Jaga Keseimbangan Hormon

Tubuh menggunakan makanan untuk membuat dan mendetoksifikasi hormon. Jadi, sangat penting untuk memperhatikan nutrisi apa saja yang masuk ke tubuh. Hormon keluar dari tubuh melalui urine dan usus dan pembuangan yang tidak tepat memungkinkan penyerapan kembali, sehingga menyebabkan masalah pada keseimbangan hormon. Hal ini dapat terjadi pada estrogen yang dapat mengakibatkan menstruasi menjadi lama dan berat.

Maka dari itu, mengonsumsi lebih banyak sayuran adalah kunci diet agar tubuh terbebas dari rasa sakit dan nyeri saat haid, terlebih lagi sayuran berdaun hijau. Selain itu, kamu juga harus meningkatkan asupan makanan atau suplemen yang mengandung vitamin B6. Vitamin ini sangat penting untuk menjaga kadar progesteron tetap normal. Beberapa makanan dengan nutrisi ini, yaitu kalkun, ikan cod, wijen, hingga lobak.

Nah, dengan menerapkan segala pola makan tersebut, diharapkan menstruasi yang terjadi setiap bulan dapat dilewati tanpa merasakan nyeri atau kram. Dengan begitu, aktivitas harian yang harus dilakukan tidak terganggu hanya karena nyeri saat haid. Cobalah untuk melakukan ini secara rutin agar manfaat lainnya juga dapat dirasakan oleh tubuh sehingga terasa lebih sehat.

Baca juga: Nyeri Haid Ganggu Aktivitas, Apa yang Menyebabkannya?

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara yang paling efektif untuk mengatasi atau mencegah nyeri saat haid dan juga kram. Caranya mudah sekali, hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu dapat merasakan kemudahan dalam akses kesehatan dengan berinteraksi pada ahli medis yang berpengalaman!

Referensi:

PCRM. Diakses pada 2020. Using Foods Against Menstrual Pain.
Yogi Approved. Diakses pada 2020. That Time of the Month? Try These 3 Changes in Your Diet for Menstrual Pain Relief.