• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Secantik J.Lo, Ini Tips Kecantikan Kulit di Usia 50-an

Secantik J.Lo, Ini Tips Kecantikan Kulit di Usia 50-an

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Menginjak usia 50 tahun, kulit mengalami beberapa perubahan besar. Artinya, perlu dilakukan perawatan-perawatan kulit untuk menjaga agar kulit tetap sehat. Kulit cenderung mengering dan keriput karena produksi kolagen semakin melambat, sementara menopause membuat hormon pada tubuh berapa pada fase fluktuatif alias tidak stabil, membuat kulit menjadi lebih sensitif. 

Menjaga kelembapan kulit menjadi hal yang penting dilakukan pada periode ini hingga seterusnya. Namun, kini kamu membutuhkan lebih dari sekadar hidrasi untuk menjaga kulit agar tetap terlihat awet muda. Produk-produk yang menggunakan bahan antipenuaan perlu dikombinasikan dengan pelembap untuk mengembalikan kekencangan kulit. 

Tips Kecantikan Kulit di Usia 50an

Tentunya, memiliki kulit yang terlihat selalu cantik, segar, dan awet muda seperti aktris dan penyanyi senior Jennifer Lopez atau kerap disapa J.Lo menjadi keinginan semua wanita. Meskipun tidak lagi berusia muda, kulit juga tidak harus ikut menua. Lalu, bagaimana caranya? Mudah saja, ikuti tips kecantikan kulit berikut ini. 

  • Bersihkan Make-up Sebelum Tidur

Jangan lupa membersihkan riasan sebelum kamu pergi tidur. Jika tidak, pori-pori kulit tersumbat dan wajah akan terlihat kotor serta bengkak ketika kamu terbangun keesokan harinya. Membersihkan riasan dan semua debu serta polusi bisa membantu mengurangi iritasi yang menjadi penyebab kulit mengalami penuaan dini. 

Baca juga: 6 Cara Merawat Kecantikan Sebelum Tidur

  • Bersihkan Muka dengan Tepat

Hindari membersihkan muka dengan sabun biasa karena bisa membuat kulit menjadi semakin kering. Pasalnya, ketika sabun tidak diformulasikan untuk wajah, ini dapat mengacaukan keseimbangan pH kulit dan membuatnya terasa lebih kering. Gunakan pembersih wajah yang tepat dan sesuaikan dengan jenis kulit wajah. Salah penggunaan produk pembersih wajah juga bisa memicu terjadinya iritasi pada kulit. 

  • Gunakan Serum Vitamin C

Menghindari paparan sinar matahari berlebihan dianjurkan untuk melindungi kulit dari bahaya kanker kulit. Namun, ada cara lain untuk membantu meminimalkan efek kerusakan akibat sinar matahari. Tips kecantikan kulit ini yaitu menggunakan serum vitamin C. vitamin C adalah bahan antioksidan terbaik yang menghidrasi, mencerahkan, dan mengencangkan kulit. Kombinasikan dengan vitamin E dan asam ferulic untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Baca juga: 10 Langkah Perawatan Kulit ala Wanita Korea

  • Minum Lebih Banyak

Rutin mengonsumsi air putih setiap hari sesuai dengan jumlah yang dianjurkan akan membantu menghidrasi kulit dan mencegah kulit menjadi kering. Tidak hanya itu, konsumsi air putih lebih banyak juga membantu meringankan sembelit dan membantu mengeluarkan kotoran dari tubuh lebih cepat. Kurang minum hanya akan membuat kamu mudah dehidrasi yang berujung pada rentannya tubuh terserang penyakit. 

  • Berhenti Merokok

Ingin kulit tetap cantik dan terlihat awet muda? Jangan pernah merokok, karena rokok sangat buruk untuk kulit dan gigi. Zat yang terkandung di dalam rokok menyebabkan kulit lebih mudah kering yang mengacu pada terjadinya penuaan dini. Selain itu, rokok juga bisa membuat gigi menguning, sehingga tidak hanya kulit, penampilan kamu akan terlihat semakin menua. 

Baca juga: Ini yang Dilakukan Setiap Hari oleh Wanita Berkulit Sehat

Ternyata, tidak sulit untuk mendapatkan kulit yang cantik alami seperti J.Lo di usia yang tidak lagi muda. Kamu hanya perlu menerapkan tips kecantikan kulit tadi secara rutin, disiplin, dan tentu saja konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika kamu memiliki masalah kulit yang tidak biasa, kamu bisa segera mendapatkan solusi pengobatan dengan bertanya pada dokter ahli kulit melalui aplikasi Halodoc. Yuk, selalu jaga kesehatan!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2019. 17 Beauty Tips Women 50+ Have for Their 20-Year-Old Self.
Skincity. Diakses pada 2019. Skin Care and Beauty Tips for Over 50s.
WebMD. Diakses pada 2019. Natural beauty Tips for Women Over 50.