Selain Pemeriksaan Kehamilan, Ini 7 Kegunaan Lain USG 3D

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 Agustus 2023

“Pemeriksaan USG 3D tidak hanya untuk mengecek kesehatan selama kehamilan, melainkan juga beberapa hal lain. Contohnya seperti masalah kardiovaskular, onkologi, gangguan pernapasan, dan masalah kesehatan reproduksi.”

Selain Pemeriksaan Kehamilan, Ini 7 Kegunaan Lain USG 3DSelain Pemeriksaan Kehamilan, Ini 7 Kegunaan Lain USG 3D

Halodoc, Jakarta – USG 3D adalah teknologi ultrasonografi yang menghasilkan gambar tiga dimensi dari organ atau jaringan dalam tubuh. Berbeda dengan USG 2D konvensional yang menghasilkan gambar datar. 

Pemeriksaan tiga dimensi ini dapat memungkinkan para profesional medis melihat organ dan struktur tubuh dalam bentuk tiga dimensi yang lebih realistis. Tujuannya untuk menciptakan gambar menggunakan pemindaian yang lebih canggih dengan variasi sudut pandang yang lebih luas.

Selain Cek Kesehatan Kehamilan, Ini Manfaat USG 3D

Meskipun pemeriksaan kehamilan menjadi salah satu aplikasi paling umum dari USG 3D, teknologi ini juga memiliki banyak kegunaan lain dalam bidang medis. Berikut ini beberapa kegunaan lainnya:

1. Diagnostik kecacatan janin

Selama kehamilan, USG 3D dapat mendeteksi kelainan atau kecacatan pada janin dengan lebih jelas daripada USG 2D. Dengan gambar tiga dimensi, dokter dapat melihat struktur janin dengan lebih mendalam, sehingga memungkinkan deteksi dini kelainan yang mungkin memerlukan tindakan medis lebih lanjut.

2. Pemeriksaan organ tubuh

USG ini bertujuan untuk pemeriksaan organ tubuh lainnya seperti hati, ginjal, kandung kemih, dan kelenjar tiroid. Gambar tiga dimensi memungkinkan dokter melihat organ secara lebih detail dan akurat, sehingga membantu dalam mendiagnosis berbagai kondisi dan memantau perkembangan penyakit. 

Bagaimana cara membaca pemeriksaan USG 3D? Ibu, Begini Cara Membaca Hasil USG 3D yang Benar.

3. Diagnostik masalah kardiovaskular

Dalam bidang kardiologi, USG tiga dimensi dapat membantu mendeteksi masalah kardiovaskular dengan lebih baik. Dokter dapat memeriksa struktur jantung, katup, dan aliran darah dalam bentuk tiga dimensi, yang memungkinkan evaluasi lebih mendalam tentang kondisi jantung dan sistem peredaran darah.

4. Onkologi dan kanker

Dalam bidang onkologi, USG ini digunakan untuk mendeteksi dan memantau pertumbuhan tumor dengan lebih akurat. Gambar tiga dimensi memungkinkan dokter melihat ukuran, bentuk, dan karakteristik tumor dengan lebih jelas, yang membantu dalam perencanaan pengobatan dan pemantauan respon terhadap terapi.

Ada banyak jenis pemeriksaan USG, cek bedanya di artikel USG 2D, 3D, dan 4D, Apa Bedanya?

5. Pemeriksaan organ reproduksi

USG 3D bertujuan untuk pemeriksaan organ reproduksi, seperti ovarium dan kandungan, dengan lebih baik. Gambar tiga dimensi memungkinkan dokter melihat perubahan dan kelainan pada organ reproduksi secara lebih detail, sehingga memfasilitasi diagnosis dan pengobatan penyakit ginekologi.

6. Rekonstruksi citra bedah

Dalam bidang bedah, pemeriksaan tiga dimensi bertujuan untuk perencanaan dan rekonstruksi citra sebelum melakukan prosedur bedah. Gambar tiga dimensi memungkinkan dokter untuk memvisualisasikan struktur tubuh secara lebih realistis, dan mengidentifikasi potensi risiko sebelum melakukan tindakan bedah.

7. Mengurangi kebutuhan biopsi

Dalam beberapa kasus, USG 3D membantu mengurangi kebutuhan biopsi. Sebab, kemampuannya dalam memberikan gambaran lebih mendalam tentang tumor atau jaringan yang mencurigakan.

Itulah informasi mengenai kegunaan pemeriksaan USG 3D selain untuk kehamilan. Informasi menarik lain bisa dibaca di artikel Adakah Efek Samping yang Ditimbulkan dari USG 3D pada Ibu Hamil?

Jika ingin melakukan pemeriksaan ini atau pemeriksaan kesehatan lainnya, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Klik gambar berikut untuk mengetahuinya lebih lanjut:

Dapatkan layanan home lab halodoc untuk pemeriksaan USG 3D
Referensi:
Memorialwomensspecialists. Diakses pada 2023. The Benefits of 3D and 4D Ultrasound.
Perth Obstetrics and Gynaecology Ultrasound. Diakses pada 2023. 3D / 4D Ultrasound & Pregnancy. 
Empowered Women’s Health. Diakses pada 2023. The Benefits of 3D Ultrasound in Gynecology.
Northvalleywomenscare.com. Diakses pada 2023. The Benefits of 3D Ultrasound [According to an Ob-Gyn].

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan