Seluk Beluk Bahasa Tubuh Kucing yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   08 Desember 2020
Seluk Beluk Bahasa Tubuh Kucing yang Perlu DiketahuiSeluk Beluk Bahasa Tubuh Kucing yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta - Pernahkan kamu bertanya-tanya dalam hati, apa yang sedang kucingmu pikirkan? Jika kamu sedang berusaha ingin tahu sebagai pemilik kucing, kamu perlu memahami bahasa tubuh mereka, karena ini mungkin bisa mengungkapkannya.

Kucing menggunakan berbagai bahasa non-verbal seperti postur tubuh, ekspresi wajah, serta vokal untuk menyampaikan pesan mereka dan menghindari konfrontasi yang tidak diinginkan. Dengan mempelajari cara memahami bahasa tubuh kucing ini, kamu sebagai pemiliknya pun bisa memperdalam ikatan kasih sayang dengan kucing serta mencegah kesalahpahaman dan potensi konflik.

Sayangnya, banyak yang merasa bahwa bahasa tubuh kucing sangatlah sulit untuk dipahami dan sulit untuk diuraikan. Mengutip berbagai sumber, berikut adalah beberapa arti dari bahasa tubuh kucing yang perlu kamu ketahui: 

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Kucing Peliharaan

Menampilan Perut

Karen Sueda, seorang ahli dari American College of Veterinary Behaviorists, menyebutkan bahwa bahasa tubuh kucing sedikit berbeda dengan anjing. Ia juga menilai bahwa beberapa masalah akan muncul ketika orang-orang mengambil pengetahuan mereka tentang anjing dan menerapkannya pada kucing. 

Misalnya, pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa perilaku kucing terlihat genit dengan berguling-guling untuk memperlihatkan perutnya dapat menimbulkan kemarahan yang terang-terangan saat kamu mencoba mengelusnya?

Saat kucing merasa puas dan rileks, ia mungkin akan berbaring dan berguling. Namun, dalam situasi lain, ketika kucing merasa terpojok dan tidak dapat melarikan diri, pose ini yang diikuti dengan cakar yang terulur penuh dan gigi tajam mungkin sangat defensif, menunjukkan bahwa mereka siap bertarung. Seperti interaksi kucing-manusia lainnya, penting untuk mempelajari apa yang disukai kucing, sehingga saat ia tak suka akan suatu hal, ia mungkin juga akan menunjukkan hal ini. 

Kedipan

Ketika seekor kucing menyapa kucing lain atau seseorang dengan berkedip lambat dan lesu, itu mengomunikasikan kasih sayang. Mengapa? Karena di dunia kucing, menutup mata seseorang di hadapan orang lain adalah tanda kepercayaan yang utama. Dengan mengedipkan mata perlahan pada kucing, kamu menyatakan bahwa kamu bukanlah ancaman. Jadi, lain kali kucing berkedip kepadamu. coba balas gerakannya.

Ekor dan Gerak-Geriknya

Salah satu barometer paling akurat dari suasana hati kucing adalah ekornya. Ketika diangkat tinggi, ini mengkomunikasikan kepercayaan. Meringkuk di sekitar ekor kucing lain atau kaki manusia, itu menandakan keramahan. Menyelip di bawah atau di antara kedua kaki, itu menandakan ketidakamanan atau kecemasan.

Ekor yang tegak adalah tanda yang jelas bahwa kucing merasa terancam. Ketika dikombinasikan dengan punggung melengkung, rambut tegak di sepanjang tulang belakang, dan cakar yang terhunus, kuda-kuda itu adalah petunjuk yang memaksamu untuk mundur. 

Baca juga: Cara Merawat Kucing Peliharaan agar Tak Terjangkit Toksoplasmosis

Tatapan Langsung

Meskipun orang dapat menggunakan kontak mata langsung untuk menunjukkan kasih sayang, kebanyakan kucing menganggapnya mengancam. Itulah mengapa dalam lingkungan sosial, kucing biasanya tertarik pada satu orang di ruangan yang mencoba mengabaikannya. Semakin menakutkan seekor kucing, semakin lebar pupilnya membesar. Saat matanya melebar, pupil akan menerima informasi visual sebanyak mungkin. Tampilan pupil mata yang lebar ini menandakan bahwa kucing sangat ketakutan dan ingin mundur.

Pada kucing yang sedang terangsang atau marah, pupilnya mungkin menyempit atau terlihat lebih fokus pada detail. Namun, mata kucing juga merespons pencahayaan sekitar, jadi penting untuk mengamati bahasa tubuh secara keseluruhan dan tidak memilih satu bagian saja. Setelah kucing menyadari bahwa mereka sedang diawasi, mereka mungkin akan berhenti melakukan apa dan menilai situasinya.

Tanda Ingin Memangsa

Kucing yang berwatak paling lembut pun dapat membalas jika merasa terancam atau terangsang oleh terlalu banyak permainan atau belaian. Kucing pada dasarnya adalah predator yang secara alamiah akan cepat bertindak jika diberi stimulus. Jadi, ketika mereka melihat sesuatu bergerak (apakah itu tikus, mainan kucing, atau tangan manusia), mereka terprogram untuk mengejarnya. Semakin dekat, mereka melangkah maju sampai mencapai posisi dan waktu yang tepat. Kemudian mereka menerkam dan membunuh.

Jika target mangsa kucing kebetulan adalah tanganmu, lebih baik kamu diam. Tindakan penghentian itu akan menghentikan pola mengintai mangsa alamiah yang dimiliki kucing. 

Saat kamu melihat tanda-tanda peringatan ini, pupil membesar, ekor berkedut rendah, dan telinga rata, kucing sedang memberi tahu untuk mundur. Ini bukan waktunya untuk datang dan memperlakukannya seperti dia adalah kucing yang baik. Jadi. jangan menambah masalah dengan membelainya, terutama jika kucing dalam mode defensif.

Isyarat dari Suara 

Kucing mungkin telah menyesuaikan 'meow' mereka untuk memanipulasi orang agar kebutuhan mereka terpenuhi. Kucing tidak banyak mengeong kepada kucing lain, sebab mengeong diartikan sebagai "alat penarik perhatian" untuk mengungkapkan salam, persetujuan, permintaan makanan, dan banyak lagi.

Pelajari perbedaan kosakata suara kucing, sehingga kamu dapat mendeteksi perbedaan antara permohonan makan dan seruan mendesak minta tolong. Contohnya:

  • Mendengkur biasanya menandakan kepuasan dan mungkin juga merupakan perilaku mencari kenyamanan saat kucing sedang dalam pemulihan dari penyakit atau hampir mati.
  • Gemericik bernada tinggi atau obrolan menandakan keramahan.
  • Menggeram, mendesis, atau meludah adalah peringatan tegas untuk menjauh, setidaknya sampai kucing itu tenang.
  • Caterwauling adalah suara yang sangat keras dan parau yang dibuat kucing (terutama jantan yang belum dikebiri) saat diancam oleh kucing lain. Suara ini biasa terjadi pada kucing yang tuli.

Baca juga: 4 Nutrisi Penting untuk Makanan Kucing Anggora

Namun secara keseluruhan, kucing adalah makhluk yang unik. Tidak akan ada yang mengenal kucing lebih baik daripada kamu sebagai pemiliknya. Kamu juga bisa cari tahu lebih banyak informasi mengenai kucing pada dokter hewan di Halodoc. Ambil smartphone-mu sekarang dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter hewan kapan dan di mana saja!

Referensi:
Fetch by WebMD. DIakses pada 2020. What Your Cat's Body Language Is Saying.
Purina UK. Diakses pada 2020. Understanding Your Cat's Body Language.
Tuft and Paw. Diakses pada 2020. The Definitive Guide to Cat Behavior and Body Language. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan