Sering Alami Kesemutan, Bisa Jadi Tanda 8 Penyakit Ini

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Juni 2023
Sering Alami Kesemutan, Bisa Jadi Tanda 8 Penyakit IniSering Alami Kesemutan, Bisa Jadi Tanda 8 Penyakit Ini

“Penyebab tangan kesemutan sangat banyak. Jika gejala ini sering terjadi, mungkin itu tanda penyakit serius, seperti saraf terjepit atau diabetes.”

Halodoc, Jakarta - Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab tangan kesemutan, termasuk penyakit serius. Seperti neuropati perifer, hingga penyakit jantung. Kesemutan juga bisa jadi tanda peredaran darah kurang lancar. 

Kamu juga perlu waspada bila kesemutan disertai rasa sakit, gatal, mati rasa, dan pengecilan otot. Gejala-gejala tersebut dapat menjadi pertanda gangguan penyakit tertentu. Mulai dari kerusakan saraf, infeksi bakteri, dan penyakit diabetes. Informasi selengkapnya bisa kamu temukan di bawah ini!



Penyebab Tangan Kesemutan

Sangat penting untuk mengetahui penyebab tangan kesemutan. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa menjalani pengobatan yang sesuai dengan kondisi yang kamu alami. 

Semakin dini diketahui penyebabnya, maka kondisi ini dapat diidentifikasi dan dikendalikan dengan mudah. Berikut ini beberapa penyebab umum tangan kesemutan yang perlu diketahui:



1.Diabetes

Banyak pengidap diabetes kerap mengalami kondisi tangan kesemutan. Pada seseorang yang mengidap diabetes, kesemutan umumnya terasa di kaki lalu naik ke tangan. Hal ini karena pengidap diabetes rentan mengalami kerusakan saraf yang ringan hingga parah.



2.Stroke

Meski tidak selalu, stroke juga bisa jadi penyebab tangan kesemutan, hingga mati rasa. Tanda lainnya adalah kesulitan untuk berbicara atau memahami obrolan orang lain, pusing mendadak, atau kehilangan keseimbangan.

Selain itu, gejala lain yang dapat dialami pengidap stroke adalah sakit kepala yang parah dan masalah pada salah satu atau kedua mata.



3.Saraf Kejepit

Saraf kejepit dapat menyebabkan kesemutan pada leher, punggung, tangan, hingga kaki. Kondisi ini umumnya terjadi karena cedera, postur tubuh yang buruk, hingga radang sendi. 

Selain tangan kesemutan, cedera dapat menyebabkan gangguan saraf dan menimbulkan rasa nyeri pada pengidapnya.



4.Penyakit Carpal Tunnel

Penyakit carpal tunnel adalah penyakit yang terjadi karena gerakan berulang atau getaran yang akhirnya menekan saraf di pergelangan tangan. Ini juga bisa jadi penyebab tangan kesemutan. 

Selain itu, gerakan yang berulang tersebut bisa mengakibatkan jaringan di sekitar saraf tangan membengkak dan menekan saraf. Pada akhirnya, tekanan tersebut dapat menyebabkan kesemutan disertai dengan mati rasa, terasa sakit, dan salah satu tangan menjadi lemah.



5.Gangguan Tiroid

Kelenjar tiroid pada leher sejatinya berfungsi untuk menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Tiroid yang kurang aktif atau hipotiroidisme dapat terjadi ketika tiroid memproduksi terlalu sedikit hormon.



6.Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis berkembang secara perlahan. Biasanya, gejala muncul ketika penyakit sudah memasuki tahap yang parah. Penyakit ini juga bisa jadi penyebab tangan kesemutan. 

Terutama, pada pengidap ginjal kronis, biasanya kesemutan akan disertai dengan gejala lain. Seperti penurunan berat badan, anemia, mual, muntah, dan nyeri otot. 



7.Serangan Jantung

Waspada saat kamu tiba-tiba mengalami kesemutan pada area tangan. Kondisi ini bisa menjadi tanda serangan jantung. Penyumbatan pada pembuluh darah membuat aliran darah menuju jantung menjadi terganggu sehingga menyebabkan kesemutan serta nyeri dada. 

Tidak jarang, kondisi ini juga menyebabkan mati rasa pada salah satu bagian tangan.



8.Vaskulitis

Vaskulitis adalah peradangan pada pembuluh darah yang menyebabkan perubahan pada dinding pembuluh darah. Perubahan ini bisa menyebabkan gangguan pada aliran darah dan memicu berbagai gejala, salah satunya kesemutan. 



9.Peredaran Darah Tidak Lancar

Peredaran darah yang tidak lancar juga bisa jadi penyebab tangan kesemutan. Beberapa hal yang dapat menyebabkan hal ini adalah:

  • Posisi tidur yang buruk.
  • Terlalu lama duduk diam.
  • Sering melakukan gerakan berulang. Seperti mengetik, menulis, dan memotong.
  • Memiliki kebiasaan merokok.
  • Gaya hidup sedentary.
  • Obesitas.

10.Epikondilitis

Epikondilitis adalah kondisi ketika tendon di area siku mengalami peradangan. Selain kesemutan, gejalanya adalah nyeri dan pembengkakan di area siku.

Selain pada tangan dan kaki, kesemutan juga bisa terjadi pada area muka. Ketahui penyebabnya di sini → Ini 3 Penyebab Muka Mengalami Kesemutan

Itulah pembahasan mengenai penyebab tangan kesemutan dan cara mengatasinya. Jika kamu mengalaminya, segera hubungi dokter di Halodoc✔️ untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi:
Nerve and Vascular Injuries in Sports Medicine. Diakses pada 2020. Causes of Numbness and Tingling in Athletes.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Could Cause Tingling in the Feet or Hands?
Urology Care Foundation. Diakses pada 2021. Kidney Renal Failure.
Medical News Today. Diakses pada 2023. 20 Causes of Numbness in The Hand.
MedicineNet. Diakses pada 2023. Tingling in Hands and Feet: Symptoms & Signs.

Diperbarui pada 17 April 2023

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan