• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Sifat Bayi yang Diwarisi dari Ibu

5 Sifat Bayi yang Diwarisi dari Ibu

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat lahir, banyak orang yang mengatakan jika anak ibu mirip dengan salah satu orangtuanya. Pada umumnya, orang di sekitar akan berkomentar tentang wajah dan rambut. Memang pada kenyataannya setiap bayi mempunyai 23 kromosom yang didapat dari sang ibu dan 23 buah lainnya didapat dari sang ayah.

Tahukah kamu apabila sifat yang timbul pada anak juga dapat diwarisi dari orangtuanya, terutama ibunya? Jika sang ibu mempunyai watak pemarah, bukan tidak mungkin jika anak yang dilahirkannya mempunyai sifat yang sama. Dengan itu, kamu dapat mengetahui sifat warisan pada bayi apa saja yang diturunkan oleh sang ibu. Baca di sini!

Baca juga: 7 Fakta tentang Bayi Baru Lahir

Sifat Warisan Bayi yang Diturunkan dari Sang Ibu

Memang sudah sewajarnya jika anak merupakan gambaran dari orangtuanya. Sang ayah dapat menurunkan bentuk fisiknya, seperti tinggi badan, sidik jari, dan susunan gigi. Lalu, ibu juga dapat menurunkan beberapa warisan dalam bentuk fisik layaknya warna dan tipe rambut, tangan yang dominan, dan lainnya.

Hal yang paling banyak diturunkan dari ibu adalah sifat-sifatnya. Maka dari itu, tidak heran apabila anaknya akan mempunyai sifat layaknya sang ibu, sehingga sang ayah harus menghadapi dua orang dengan sifat yang sama persis. Berikut adalah beberapa sifat warisan dari ibu kepada bayinya yang diturunkan:

  1. Pola Tidur

Hal pertama dari sifat yang menjadi warisan dari ibu ke bayi adalah pola tidur. Disebutkan bahwa genetik dari ibunya memainkan peran lebih besar untuk membentuk cara anak ibu untuk tidur. Beberapa hal yang berhubungan dengan ini, seperti posisi tidur yang kerap berubah dan gangguan insomnia yang timbul.

  1. Kecerdasan

Sifat lainnya yang merupakan warisan dari ibu adalah tingkat kecerdasannya, yang memang terkait dengan DNA. Jika seorang ibu merupakan seseorang yang terbilang cerdas, anak ibu juga umumnya akan sama. Namun, DNA memang memengaruhi faktor pendorong kecerdasan tersebut meskipun hanya separuh, sisanya dipengaruhi oleh faktor luar lainnya.

Baca juga: Gangguan Kecemasan Sosial adalah Penyakit Turunan?

  1. Aktif Bicara

Disebutkan juga salah satu sifat yang diwariskan dari ibu kepada anaknya adalah kebiasaan aktif bicara karena faktor gen ekstrovert yang diterima. Jika ibu dari anak memiliki kebiasaan bergaul, maka kemungkinan besar anaknya juga mempunyai sifat yang sama. Walau begitu, sifat ini tetap dapat berubah tergantung dari kedekatannya dengan sang ayah.

Banyak orang yang masih bertanya-tanya apa saja sifat yang merupakan warisan dari ibu kepada bayinya. Namun, ibu dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait kebingungan tersebut. Caranya mudah, ibu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone untuk mendapat kemudahan akses kesehatan!

  1. Kemampuan Bermusik

Sifat lainnya yang dapat diturunkan dari ibu ke anak adalah kemampuan musik. Walau begitu, bakat tersebut dapat diasah atau tidak tergantung dari minat anak untuk mengeksplorasi hal tersebut. Meskipun mempunyai bakat, jika tidak sering dilatih, maka tetap saja tidak akan menguasainya.

  1. Ingatan

Disebutkan juga apabila seorang ibu dapat mewariskan kekuatan untuk mengingat kepada anak-anaknya melalui DNA yang ada. Awalnya, hal ini dianggap tidak mungkin dan merupakan faktor dari lingkungan tempat anak tumbuh. Namun, pada sebuah penelitian disebutkan jika trauma yang parah dapat menurun ke anaknya melalui DNA tersebut.

Baca juga: Inilah 6 Penyakit yang Disebabkan Genetik

Itulah beberapa hal yang merupakan sifat warisan dari ibu ke anaknya. Meski begitu, semua hal ini tetap tergantung dari faktor lingkungan dan orangtuanya. Dukungan pada anak terkait kecerdasan dan minat musiknya dapat ditingkatkan melalui dorongan dari orangtua dan juga minat anaknya.

Referensi:
Family Education. Diakses pada 2020. 8 Traits Babies Inherit From Their Mother.
Craft Factory. Diakses pada 2020. 20 Unexpected Traits Children Inherit From Their Mothers.