Suka Tidur, Inilah 4 Ras Anjing yang Pemalas

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Desember 2020
Suka Tidur, Inilah 4 Ras Anjing yang PemalasSuka Tidur, Inilah 4 Ras Anjing yang Pemalas

Halodoc, Jakarta – Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang menyenangkan. Selain bisa menemani kamu selama berada di rumah, memelihara anjing juga memiliki beragam manfaat bagi manusia. Salah satunya membuat kamu rutin melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan untuk tubuh. Nah, jika kamu ingin memiliki anjing yang bisa menemani untuk berolahraga sebaiknya pilihlah jenis anjing yang tepat.

Baca juga: Apa Penyebab Anjing Tidak Mau Menggonggong?

Nyatanya, ada beberapa jenis anjing ras yang memiliki sifat pemalas. Jika beberapa jenis anjing gemar berlari kesana kemari, tetapi ada beberapa anjing yang lebih menyukai kegiatan duduk di sofa dan bermalas-malasan setiap hari. Nah, jika kamu merupakan orang yang terlalu sibuk bagi anjing berenergi tinggi, tidak ada salahnya memilih anjing dengan sifat pemalas. 

Inilah Ras Anjing yang Pemalas

Banyak pilihan jenis ras anjing yang bisa kamu pilih untuk dipelihara. Hal yang perlu diperhatikan, pilihlah jenis ras yang cocok dengan keseharian dan waktu kamu. Berikut ini jenis ras anjing yang pemalas. Anjing ini mungkin cocok bagi kamu yang senang ditemani anjing di dalam rumah!

1.Basset Hound

Basset Hound menjadi salah satu jenis anjing yang memiliki sifat pemalas. Bukan tanpa alasan, ada beberapa faktor yang menyebabkan anjing Basset Hound cenderung memiliki sifat pemalas. Postur tubuhnya yang gemuk dan pendek membuat anjing ini tidak nyaman untuk selalu aktif bergerak seperti jenis anjing lainnya. Selain itu, sifatnya yang gemar makan juga membuat tubuhnya akan semakin membesar. Bahkan, jika dibiarkan tanpa aturan, Basset Hound menjadi jenis anjing yang rentan terhadap kondisi obesitas

Untuk menghindari kondisi ini, sebaiknya atur pola makan anjing kesayangan kamu agar kesehatannya tetap terjaga. Selain itu, berikan waktu luang untuk mengajaknya bermain dan melakukan berbagai aktivitas fisik yang sesuai dengan jenis anjing. Kondisi ini akan membuat kesehatan Basset Hound tetap terjaga dengan baik.

2.St. Bernard

Siapa sih yang tidak gemas melihat anjing jenis St. Bernard? Anjing dengan ukuran besar dan berbulu panjang ini memiliki sifat ramah, baik hati, dan juga penyabar. Selain itu, mereka jenis anjing yang sangat suka dimanja. Inilah yang menyebabkan St. Bernard lebih senang bermalas-malasan di sofa bersama pemiliknya. Meskipun memiliki energi yang terbilang rendah, tetapi mengajaknya berjalan-jalan selama beberapa menit dapat membuat St. Bernard merasa senang dan memuaskan hatinya.

Baca juga: Inilah Makna Dibalik Gonggongan Anjing

3.French Bulldog

French Bulldog menjadi jenis lain dari anjing ras yang memiliki sifat pemalas dan pendiam. French Bulldog memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu besar sehingga cocok bagi kamu yang memiliki ukuran rumah tidak terlalu luas. Selain itu, French Bulldog memiliki sifat tenang, sehingga akan jarang menggonggong

Mereka juga sangat ramah pada anak-anak maupun jenis anjing lain. French Bulldog merupakan jenis anjing yang pintar sehingga akan lebih cepat mengerti ketika mendapat pelatihan yang tepat.

4.Great Dane

Great Dane adalah anjing dengan ukuran besar, tetapi memiliki sifat baik hati dan ramah. Selain itu, anjing ini bersifat santai dan pemalas. Bahkan, saat bertemu dengan jenis anjing lain, Great Dane tidak akan menjadi dominan. Dalam kesehariannya, Great Dane hanya membutuhkan aktivitas fisik sederhana

Namun, sebaiknya hindari memelihara Great Dane pada lingkungan yang sempit dan kecil. Great Dane membutuhkan lingkungan yang luas. Jangan lupa untuk melakukan pelatihan pada Great Dane. Lakukan pelatihan dengan cara yang menyenangkan. Terlalu sering menghukum Great Dane akan membuat anjing ini hilang kepercayaan dan menjadi lebih agresif.

Baca juga: Cara Tepat Menghentikan Anjing Melolong

Itulah beberapa jenis anjing yang memiliki sifat pemalas dan pendiam. Namun ingat, setiap anjing tetap membutuhkan aktivitas fisik dan perhatian dari pemiliknya. Kamu bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter hewan mengenai pentingnya aktivitas fisik bagi anjing kesayangan.

Yuk, download Halodoc melalui App Store atau Google Play. Cari tahu mengenai durasi aktivitas fisik yang cocok bagi anjing kesayanganmu, sekarang juga!

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2020. 10 Calm Dog Breeds.
Purina. Diakses pada 2020. Calm and Lazy Dog Breeds.
The Spruce Pets. Diakses pada 2020. Low Maintenance Dogs for Busy People.
Good Housekeeping. Diakses pada 2020. The 15 Laziest Dog Breeds That Are Total Couch Potatoes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan