• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Supaya Puasa Full 30 Hari, Cegah Lesu dengan 5 Cara Ini

Supaya Puasa Full 30 Hari, Cegah Lesu dengan 5 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Muslim di Indonesia biasanya menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan kurang lebih selama 13 jam. Tidak makan dan minum selama itu otomatis akan membuat seseorang menjadi lesu dan lemas karena kurangnya asupan makanan dan minuman. Apalagi, mereka yang berpuasa harus tetap menjalankan aktivitas harian seperti biasanya.

Untuk mencegah lesu saat berpuasa, kamu harus memilih jenis makanan dan porsi yang tepat saat sahur. Porsi yang disarankan lebih sedikit dari biasanya dan cukup untuk tubuh. Jangan sampai merasa kekenyangan dan kembung, karena akan menimbulkan sejumlah masalah kesehatan saat siang nanti. Untuk mencegah lesu saat berpuasa, ini tips yang dapat dilakukan!

Baca juga: Diet Sambil Puasa, Begini Caranya

  • Perhatikan Asupan Makanan

Asupan makanan saat sahur dan berbuka akan sangat memengaruhi rasa lemas saat kamu berpuasa. Saat berbuka biasanya orang tidak akan memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi dan baik untuk tubuh, karena rasa lapar yang menumpuk. Nah, ketika kamu salah memilih makanan, justru akan membuatmu lesu saat puasa nanti.

Tipsnya adalah, hindari makanan berbahan dasar tepung karena mengandung glukosa yang akan membuat tubuh menjadi cepat lesu. Sebisa mungkin, hindari makanan yang digoreng dan makanan asin. Berkaitan dengan hal tersebut, disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mudah untuk dicerna, serta tinggi kandungan vitamin dan protein.

  • Konsumsi Kurma Sebagai Makanan Pendamping

Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan pembuka saat berbuka. Pasalnya, selama berpuasa orang akan kekurangan gula dan air dalam tubuhnya. Berkurangnya glukosa dalam tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang. Gula dalam buah kurma disebut dengan fruktosa, yaitu kandungan yang dapat langsung diserap oleh tubuh.

Fruktosa dapat dengan mudah diserap oleh sistem pencernaan, yang kemudian dikirim ke seluruh tubuh, seperti otak, saraf, sel darah merah, serta sel pembersih tulang. Jadi, untuk mencegah lesu saat berpuasa kamu dapat mengonsumsi 3 buah kurma saat sahur, dan 3 buah kurma saat berbuka puasa.

Baca juga: Ini 4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

  • Penuhi Kebutuhan Cairan

Saat berpuasa, otomatis kamu tidak bisa minum sepanjang hari. Normalnya, untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu memerlukan 8-10 gelas air per hari. Saat berpuasa, kamu bisa menerapkan pola 2 gelas saat sahur, 4 gelas setelah berbuka, serta 2 gelas sebelum tidur.

  • Berolahraga Ringan

Berpuasa bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Selain baik untuk kesehatan tubuh, olahraga akan menjaga tubuh untuk tetap fit dan tidak mudah lesu saat menjalankan puasa. Saat berpuasa, kamu dapat melakukan olahraga ringan dalam ruangan untuk menghindari keluarnya banyak cairan dalam tubuh.

  • Cukup Istirahat

Lesu dan lemas saat berpuasa bukan hanya karena kurang makan dan minum saja, tapi juga waktu tidur yang kurang. Apalagi, saat berpuasa kamu harus bangun lebih awal untuk menyantap sahur. Untuk itu, tidurlah lebih awal selama bulan puasa, agar kebutuhan istirahat tercukupi dengan baik, sehingga kamu terbebas dari rasa lemas sepanjang hari.

Baca juga: Trik Jitu Cegah Lemas Saat Puasa

Selain beberapa hal tersebut, kamu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen tambahan. Sebelum mengonsumsinya, diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk mengetahui jenis vitamin dan suplemen apa yang kamu butuhkan. Selamat menjalankan ibadah berpuasa!

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2020. How to Fast Safely: 10 Helpful Tips.
Dummies. Diakses pada 2020. 9 Ways to Stave Off Hunger When Fasting.
Trusty Spotter. Diakses pada 2020. 11+ Terrific Ways to Not Feel Hungry when Fasting.