• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Susah Bangun Sahur saat Puasa, Ikuti 7 Trik Ini

Susah Bangun Sahur saat Puasa, Ikuti 7 Trik Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat memasuki Ramadan, bukan hanya jam makanmu saja yang berubah, tapi juga jam tidurmu. Dengan pola makan yang berubah, otomatis kamu harus menyesuaikannya dari awal, sama seperti pola tidur. Jika biasanya jam 3 pagi kamu masih tidur nyenyak, saat puasa kamu harus mengisi tubuh dengan asupan makanan dan minuman sebagai bekal untuk beraktivitas nanti.

Bangun sahur membutuhkan niat yang kuat dalam hati, supaya kamu dapat bangun secara otomatis tanpa ngantuk dan rasa malas. Bukan hanya niat saja yang dibutuhkan, agar mudah bangun saat sahur dan memiliki sahur yang berkualitas, ikuti tips bangun sahur berikut ini, ya!

Baca juga: Pilihan Menu Sahur Sehat Saat Puasa

  • Kontrol Makan saat Buka

Buka puasa biasanya dijadikan ajang balas dendam setelah seharian merasa haus dan lapar. Padahal, cara tersebut salah, dan malah bikin kamu jadi malas bangun saat sahur karena kekenyangan dan susah bergerak. Tipsnya adalah, jangan mengonsumsi makanan yang berlebihan saat berbuka. Konsumsi makanan sewajarnya agar pencernaan lebih lebih santai dalam mengolah makanan, sehingga metabolisme tubuhmu dalam tidak akan terganggu.

  • Hindari Makanan Manis Sebelum Tidur

Kalau konsumsi makanan berlebihan saat berbuka akan membuat kamu jadi malas bangun sahur karena kekenyangan, mengonsumsi makanan manis justru akan membuatmu sulit untuk tidur. Kamu akan terjaga sampai larut malam. Jika hal tersebut sudah terjadi, kamu bisa saja bangun kesiangan saat sahur, karena pola tidurmu yang sembarangan.

  • Siapkan Menu Favorit

Menyiapkan santapan yang disukai saat malam hari untuk sahur nanti akan membuat kamu lebih bersemangat saat sahur. Biasanya. seseorang malas bangun sahur karena makanan saat sahur identik dengan makanan saat berbuka yang dipanaskan kembali. Padahal, beberapa makanan yang dikonsumsi setelah dihangatkan kembali akan memicu timbulnya masalah kesehatan.

  • Sempatkan Tidur Siang

Aktivitas satu ini ternyata ampuh untuk membuat badan tetap bugar saat berpuasa. Faktanya, banyak sekali orang berpuasa yang menjalankan tidur siang sebagai moment killing time sembari menunggu waktu berbuka. Namun, jangan dilakukan dalam waktu yang lama, ya! Bisa-bisa kamu bangun dalam keadaan yang lemas. Sebaiknya lakukan tidur siang selama 30 menit saja guna mengistirahatkan otak dan tubuh.

Baca juga: Pilihan Menu Sahur Sehat Saat Puasa

  • Jauhkan Ponsel saat Malam Hari

Ponsel kini menjadi candu, ditambah dengan banyaknya media sosial yang dapat diakses kapanpun. Maka, tips bangun sahur selanjutnya adalah menjauhkan ponsel saat hendak tidur di malam hari untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Terlalu lama menatap layar ponsel juga akan membuat mata kamu pegal dan terasa nyeri. Jika sudah begitu, kamu tidak akan bisa tidur nyenyak karena rasa sakitnya.

  • Pasang Alarm Secara Berkala

Ada beberapa orang yang tidak bisa bangun meski sudah menggunakan alarm. Bagi yang terbiasa bangun karena bunyi alarm, pastikan untuk memasang dan mengaktifkan bunyinya. Kamu juga bisa memasang alarm lebih dari satu waktu, yang dapat kamu setting per sepuluh menit. 

  • Usap Mata dengan Kompres Dingin

Tips bangun sahur selanjutnya adalah mengusap mata dengan handuk yang telah dibasahi air dingin. Cara ini terbilang agak ribet, tapi efektif untuk mengatasi kantuk saat sahur. Saat alarm sahur sudah berbunyi, usapkan handuk tersebut pada wajah dan area mata kamu. Saat kulit terkena air dingin, saraf dan otak akan aktif seketika, sehingga rasa kantuk hilang dengan sendirinya.

Baca juga: Begini Pola Makan yang Sehat saat Sahur

Jika beberapa langkah tersebut tidak dapat membangunkanmu, cara terbaik adalah meminta bantuan keluarga atau kerabat yang tinggal denganmu. Jika kamu adalah tipe orang yang sangat sulit dibanginkan, jangan segan untuk berpesan untuk membangunkanmu dengan cara yang lebih ekstrem, seperti menciprati air, atau menyetel musik dengan kencang. Nah, jika kamu mengalami masalah kesehatan saat berpuasa, segera diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Referensi: 

The National. Diakses pada 2020. How to Get Enough Sleep During Ramadan.
UAE. Diakses pada 2020. 7 Tricks to Make Yourself Wake Up for Suhoor.
Very Well Health. Diakses pada 2020. 9 Ways to Stay up Late and Avoid Feeling Sleepy.