• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Kacang Tanah yang Jarang Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tak Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Kacang Tanah yang Jarang Diketahui

Tak Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Kacang Tanah yang Jarang Diketahui

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 Desember 2022

“Kacang tanah bisa kamu konsumsi dalam bentuk kering atau rebus. Tak hanya mengenyangkan, manfaat kacang tanah juga termasuk mengurangi risiko kanker, menjaga kesehatan jantung, mengendalikan kadar gula darah, dan membantu menurunkan berat badan.”

Tak Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Kacang Tanah yang Jarang DiketahuiTak Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Kacang Tanah yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Sebagian besar sumber makanan yang masuk dalam golongan kacang-kacangan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali manfaat kacang tanah. Ini berkat kandungan nutrisinya, termasuk serat, protein, vitamin E, asam lemak tidak jenuh, omega-3, selenium, mangan, tembaga, fosfor, dan magnesium. 

Manfaat Kacang Tanah yang Belum Banyak Orang Tahu

Sekitar 80 persen kandungan nutrisi dari kacang adalah lemak tidak jenuh yang menawarkan banyak sekali manfaat untuk mendukung tubuh tetap sehat. Akan tetapi, kamu tidak boleh lupa kalau kacang juga memiliki kalori yang tinggi, sehingga asupannya juga tidak boleh berlebihan. 

Asupan kacang yang baik dalam satu minggu adalah sekitar 4 porsi, dengan 1 porsi yang sama dengan 42,5 gram. Selain itu, kacang yang kamu konsumsi sebaiknya berupa kacang panggang yang memiliki kandungan garam rendah. Jadi, kamu bisa mendapatkan manfaat kacang tanah secara lebih optimal.

Lalu, apa saja manfaat kacang tanah untuk kesehatan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Mengurangi risiko kanker

meningkatkan risiko kanker

Asupan kacang tanah memiliki kaitan dengan penurunan risiko kanker. Studi dalam jurnal Cancer Causes & Control menyebutkan, mengonsumsi kacang tanah juga berhubungan dengan penurunan kanker payudara pada wanita setelah menopause. Manfaat lainnya termasuk penurunan risiko kanker kolorektal, kanker lambung, dan esofagus. 

2. Mencegah pembentukan batu empedu

Mencegah pembentukan batu empedu

Manfaat kacang tanah selanjutnya adalah mencegah munculnya batu empedu. Studi dalam American Journal of Epidemiology menyebutkan, pria dan wanita yang mengonsumsi kacang sebanyak lima unit atau lebih, memiliki risiko untuk mengidap penyakit batu empedu lebih rendah. 

3. Manfaat kacang tanah untuk menjaga kesehatan jantung

Manfaat kacang tanah untuk menjaga kesehatan jantung

Selain itu, kacang tanah juga membantu menjaga jantung tetap sehat. Studi pada jurnal Nutrition menyebutkan, mengonsumsi 46 gram kacang tanah atau selai kacang secara rutin setiap hari membantu memelihara kesehatan jantung bagi pengidap diabetes.

4. Mengendalikan kadar gula darah

Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat kacang tanah lainnya adalah membantu mengendalikan kadar gula dalam darah. Sebab, makanan ini memiliki indeks glikemik yang rendah, tinggi protein, serat, dan lemak. Tak hanya itu, kandungan minyak sehat dan magnesium pada kacang tanah juga efektif untuk membantu mengendalikan gula darah. 

5. Membantu menurunkan berat badan

Membantu menurunkan berat badan

Meski tinggi kalori, mengonsumsi kacang tanah tidak membuat berat badan bertambah. Studi dalam Nutrition Research menyebutkan, mengonsumsi kacang tanah bisa mengurangi risiko kamu mengalami obesitas dan membantu menjaga berat badan. Sebab, kandungan seratnya yang tinggi membuat kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Itu tadi beberapa manfaat kacang tanah yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sumber makanan sehat ini secara rutin. Jangan lupa, lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, manfaatkan Layanan Janji Medis Halodoc agar jauh lebih mudah. Cek dan download Halodoc langsung di ponselmu dari Play Store atau App Store. 

Referensi:
Cancer Causes & Control. Diakses pada 2022. Tree nut, peanut, and peanut butter intake and risk of postmenopausal breast cancer: The Netherlands Cohort Study.
American Journal of Epidemiology. Diakses pada 2022. A prospective cohort study of nut consumption and the risk of gallstone disease in men.
Nutrition. Diakses pada 2022. A randomized controlled trial to evaluate the effect of incorporating peanuts into an American Diabetes Association meal plan on the nutrient profile of the total diet and cardiometabolic parameters of adults with type 2 diabetes.
Nutrition Research. Diakses pada 2022. Peanut consumption in adolescents is associated with improved weight status.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What are the nutritional benefits of peanuts?