7 Cara Menghilangkan Mata Panda untuk Tampil Lebih Segar

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 November 2023

“Mata panda dapat diatasi dengan beberapa cara, antara lain kompres dingin, banyak minum air putih, hingga penggunaan krim mata.”

7 Cara Menghilangkan Mata Panda untuk Tampil Lebih Segar7 Cara Menghilangkan Mata Panda untuk Tampil Lebih Segar

DAFTAR ISI

Penyebab Mata Panda

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat


Halodoc, Jakarta – Mata panda kerap membuat tampilan wajah menjadi kurang segar dan terlihat lebih tua. Bagi sebagian orang, menggunakan riasan tebal menjadi cara menghilangkan mata panda yang praktis dan cepat. 

Namun, cara ini tidak dapat menghilangkan kehitaman pada area bawah mata secara permanen. Lantas, apakah mata panda akan hilang dengan sendirinya?

Langkah terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menghindari penyebabnya. Misalnya, cukup istirahat dan memenuhi asupan air minum guna mencegah dehidrasi.

Penyebab Mata Panda

Biasanya, mata panda terjadi ketika seseorang kurang tidur atau mengalami kelelahan.

Namun, masalah ini bisa terjadi karena beberapa kondisi berikut:

  • Genetik.
  • Kurang minum atau dehidrasi.
  • Alergi.
  • Interaksi dengan gawai dalam waktu lama.
  • Kebiasaan buruk merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan.

Selain itu, mata panda juga bisa terjadi karena pertambahan usia dan penuaan. Sebab, seiring dengan usia yang semakin bertambah, penipisan kulit akan terjadi.

Begitu pula penurunan produksi kolagen dan jaringan lemak. Akibatnya, pembuluh darah pada area bawah mata akan tampak menonjol dan warna kulit akan terlihat lebih gelap.

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat

Saat kebutuhan tidur tak terpenuhi dengan baik, pembuluh darah pada area bawah mata jadi melebar.

Hal ini memicu peningkatan aliran darah. Sebab, kulit bawah mata lebih tipis ketimbang area lain. Selain itu, warna gelap yang muncul terjadi karena peningkatan volume darah pada bagian bawah mata.

Namun, tidak perlu memakai skincare mahal atau make up tebal, karena kamu bisa mencoba perawatan kulit berikut ini sebagai cara menghilangkan mata panda:

1. Kompres dingin

Cara pertama dengan kompres dingin. Caranya, bungkus es batu dengan waslap atau kain bersih dan letakkan pada mata.

Sensasi dingin dari es batu membantu meredakan panas dan lelah pada mata. Kamu bisa melakukan perawatan ini selama 20 menit setiap hari  untuk hasil yang maksimal.

2. Cukupi kebutuhan tidur

Studi dalam The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menyebutkan, kurang tidur memperburuk lingkaran hitam pada mata.

Jadi, penuhi kebutuhan tidur setidaknya 7 sampai 8 jam setiap harinya.

Posisi tidur yang salah juga bisa menyebabkan mata panda. Posisi kepala yang sejajar dengan tubuh membuat cairan menggenang pada bawah mata. Alhasil, area tersebut menjadi lebih bengkak.

Solusinya, tambahkan beberapa bantal supaya posisi kepala lebih tinggi dari tubuh untuk mencegah terjadinya pembengkakan.

3. Kompres dengan kantung teh

Cara menghilangkan mata panda berikutnya adalah kompres dengan kantung teh.

Sebab, teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, serta mengurangi penumpukan cairan pada bawah kulit.

Cara ini berfungsi untuk menyamarkan mata panda. 

Studi dalam Advanced Biomedical Research menyebutkan bahwa kafein dalam kantung teh dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi tampilan mata panda pada permukaan kulit.

Caranya, rendam dua kantong teh dalam air panas selama 5 menit. Lalu dinginkan dalam lemari es selama 15 hingga 20 menit. Letakkan kantong teh pada mata selama 10 hingga 20 menit.

4. Hindari konsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol meningkatkan risiko dehidrasi yang membuat lingkaran hitam pada bawah mata semakin terlihat jelas.

Selain alkohol, kamu juga perlu membatasi asupan kafein baik dalam makanan maupun minuman sebelum tidur.

Bukan tanpa alasan, kafein dapat membuat kamu terjaga dan kesulitan tidur pada malam hari.

5. Perbanyak minum air putih

Cara menghilangkan mata panda yang paling mudah adalah memenuhi asupan cairan tubuh.

Asupan ini bisa berbeda untuk setiap orang, tetapi setidaknya tidak kurang dari 2 liter per hari.

Selain bisa mengurangi mata panda, memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga efektif mendukung kesehatan kulit, termasuk menjaga elastisitas dan kelembapannya.

Sementara untuk tubuh, asupan cairan tidak hanya mencegah dehidrasi, tetapi juga membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

6. Menggunakan air mawar

Air mawar tak hanya berbau harum, tapi juga dapat menenangkan dan meremajakan kulit. Guna membantu menghilangkan mata panda, bahan alami ini berfungsi sebagai toner kulit. 

Menggunakan air mawar sebagai cara menghilangkan mata panda tidak sulit. Cukup rendam kapas dalam air mawar. Lalu, kompreskan pada area bawah mata selama sekitar 15 menit dan bilas air hangat. 

Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari. Selain membantu mengurangi mata panda, ketahui manfaat air mawar lain untuk wajah dengan klik artikel 10 Manfaat Air Mawar untuk Wajah.

7. Memakai krim mata

Cara menghilangkan mata panda yang terakhir adalah menggunakan krim mata. Kamu bisa menggunakan produk yang mengandung vitamin K, E, C, maupun ekstrak daun teh.

Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi munculnya kerutan pada kulit dan menyamarkan lingkaran hitam pada bagian bawah mata. 

Meski begitu, hasilnya tentu tidak bisa langsung terlihat. Biasanya, efeknya baru terlihat setelah penggunaan produk selama beberapa minggu. Informasi lain tentang krim mata untuk mata panda bisa kamu baca pada artikel Seberapa Efektif Penggunaan Eye Cream untuk Atasi Mata Panda?

Itu tadi beberapa cara mengatasi mata panda agar wajah tampak lebih segar yang bisa kamu coba. Jika belum memberikan hasil, kamu bisa konsultasi dengan dokter spesialis kulit secara online dari aplikasi Halodoc untuk mendapatkan pilihan penanganan medis yang tepat.

chat dengan dokter untuk mengatasi masalah mata panda
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What Causes Dark Circles Under Your Eyes?
Medical News Today. Diakses pada 2023. 10 ways to help remove dark circles under eyes permanently.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Dark Circles Under Eyes.
Advanced Biomedical Research. Diakses pada 2023. Evaluation of the clinical efficacy and safety of an eye counter pad containing caffeine and vitamin K in emulsified Emu oil base.
The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. Diakses pada 2023. Periorbital hyperpigmentation: A comprehensive review.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan