• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tampil Lebih Segar, Ini 4 Cara Menghilangkan Mata Panda
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tampil Lebih Segar, Ini 4 Cara Menghilangkan Mata Panda

Tampil Lebih Segar, Ini 4 Cara Menghilangkan Mata Panda

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Juli 2022

“Lingkaran hitam di bawah mata atau sering disebut dengan mata panda bisa mengganggu tampilan wajah. Namun, persoalan ini mudah diatasi dengan perawatan sederhana.”

Tampil Lebih Segar, Ini 4 Cara Menghilangkan Mata Panda

Halodoc, Jakarta – Mata panda kerap membuat tampilan wajah menjadi kurang fresh dan tampak lebih tua. Faktor kelelahan, kurang tidur, dan dehidrasi adalah beberapa pemicu adanya lingkaran hitam di bawah mata tersebut.

Bagi sebagian orang, menggunakan makeup tebal jadi pilihan cepat untuk menghilangkannya. Tapi, tak melulu cara itu bisa jadi solusi jitu. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.  

Cara Menghilangkan Mata Panda

Tidak perlu menggunakan skincare bermacam rupa, perawatan wajah di bawah ini bisa mengurangi mata panda:

1. Kompres dingin

Kamu bisa mengurangi mata panda dengan kompres dingin. Caranya, bungkus es batu dengan waslap atau kain bersih dan oleskan ke mata. Lakukan perawatan ini selama minimal 20 menit setiap hari dan kamu akan lihat perubahannya.

2. Cukupi kebutuhan tidur

Kurang tidur sering menjadi penyebab utama kelelahan. Bukan itu saja, kurang tidur juga bisa menyebabkan kulit tampak pucat dan itu yang menjadi penyebab mata panda. Cukupi kebutuhan waktu tidur setidaknya 7 sampai 8 setiap harinya. 

3. Tinggikan kepala saat tidur

Posisi tidur yang salah ternyata juga bisa menyebabkan mata panda. Posisi kepala yang sejajar dengan tubuh membuat cairan menggenang di bawah mata. Alhasil, area tersebut menjadi lebih bengkak. Solusinya, tambahkan beberapa bantal supaya kepala lebih tinggi dari badan untuk mencegah terjadinya pembengkakan.

4. Kompres dengan kantung teh

Teh mengandung kafein dan antioksidan yang dapat membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, serta mengurangi penumpukan cairan di bawah kulit. Ini juga berfungsi untuk menyamarkan mata panda. 

Caranya,  rendam dua kantong teh dalam air panas selama 5 menit. Setelah itu dinginkan di lemari es selama 15 hingga 20 menit. Jika sudah dingin, oleskan kantong teh ke mata selama 10 hingga 20 menit.

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Bila kamu mengalami masalah yang berhubungan dengan mental, jangan ragu untuk menemui psikolog. Segera buat janji medis dengan psikolog di aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download  Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Causes Dark Circles Under Your Eyes?
Medical News Today. Diakses pada 2022. 10 ways to help remove dark circles under eyes permanently.