Mengapa Telinga Terasa Sakit saat Pilek?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 September 2021
Mengapa Telinga Terasa Sakit saat Pilek?Mengapa Telinga Terasa Sakit saat Pilek?

Pada kondisi normal, tabung eustachius menjaga tekanan udara agar tetap seimbang dengan gerakan membuka dan menutup. Namun, saat pilek, gerakan buka tutup ini sulit dilakukan karena adanya tumpukan mukus. Penumpukan ini membuat tekanan menjadi lebih tinggi pada telinga bagian tengah. Hal ini yang membuat kamu merasa bindeng atau tidak respons pada suara di sekitar dan merasakan sakit pada telinga.”


Halodoc, Jakarta – Saat sedang terserang pilek, apakah kamu juga mengalami rasa sakit pada bagian telinga? Kondisi ini umum terjadi selain hidung tersumbat. Flu dan pilek menyebabkan terjadinya akumulasi lendir dan tekanan di telinga kamu. 

 

Perbedaan di antara keduanya adalah tingkat keparahan penyakitnya. Sederhananya, pilek lebih ringan dibandingkan dengan flu. Faktanya, semakin parah pilek yang kamu alami, maka telinga kamu akan semakin terasa sakit. Sebenarnya, apa yang menyebabkan telinga sakit saat pilek? Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

 

Penumpukan Lendir Menyebabkan Telinga Sakit

Pilek terjadi ketika virus jenis rhinovirus datang dan menginfeksi bagian saluran pernapasan. Tidak hanya hidung, dampak dari infeksi virus ini juga mengenai bagian tenggorokan dan tabung eustachius. Inilah mengapa ketika pilek, kamu biasanya juga akan mengalami sakit pada telinga dan tenggorokan pada saat yang sama.

Baca juga: Gak Perlu Minum Obat, Pilek Bisa Diatasi dengan 5 Cara Ini

Pada dasarnya, produksi mukus atau lendir selalu terjadi meski kamu sedang tidak pilek. Mukus ini mengalir dari hidung menuju ke paru-paru, berfungsi untuk menyaring udara kotor sekaligus mempertahankan kelembapan.

 

Ketika terjadi infeksi, lendir yang diproduksi menjadi lebih banyak dan mengalami perubahan warna. Kondisi ini menyebabkan tersumbatnya hidung dan tabung eustachius. Penumpukan lendir yang semestinya mengalir menuju tenggorokan berkumpul dan terjebak pada telinga bagian tengah, menyebabkan telinga menjadi tersumbat.

Baca juga: Sering Tertukar, Inilah Bedanya Pilek dan Flu

Pada kondisi normal, tabung eustachius menjaga tekanan udara agar tetap seimbang dengan melakukan gerakan membuka dan menutup. Namun, saat pilek, gerakan buka tutup ini menjadi lebih sulit dilakukan karena adanya tumpukan mukus. 

 

Tidak hanya itu, penumpukan ini juga membuat tekanan menjadi lebih tinggi pada telinga bagian tengah. Ini yang membuat kamu merasa bindeng atau tidak respons pada suara di sekitar dan merasakan sakit pada telinga. Namun, telinga sakit saat pilek akan sembuh dengan sendirinya ketika pilek yang kamu alami membaik.

 

Menyembuhkan Pilek dan Mengompres Telinga

Telinga terasa sakit ketika kamu sedang pilek pasti akan membuat kamu tidak nyaman, bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, kondisi ini tidak selamanya terjadi. Kamu cukup mengobati pilek, maka dengan sendirinya sakit telinga juga mereda. Biasanya, dokter meresepkan obat seperti ibuprofen, acetaminophen, atau dekongestan untuk membantu mengencerkan lendir.

Baca juga: 5 Makanan Terbaik untuk Meredakan Pilek

Selain itu, kamu juga bisa mengurangi rasa sakitnya dengan mengompres telinga menggunakan handuk yang sebelumnya telah kamu rendam pada air hangat. Jangan lupa untuk menjaga asupan cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya.

 

Meski terbilang penyakit ringan, pilek juga harus segera kamu obati. Pasalnya, penumpukan lendir cenderung menyebabkan pertumbuhan bakteri pada telinga yang memicu terjadinya peradangan atau infeksi lanjutan. Infeksi telinga memiliki gejala yang hampir mirip dengan pilek. Bedanya, rasa sakit pada telinga akan diikuti dengan sulit tidur dan sakit kepala.

 

Itulah penyebab telinga sakit saat pilek dan bagaimana mengatasinya. Kalau kamu merasakan sakit yang amat sangat pada telinga dan membutuhkan pemeriksaan ke rumah sakit, kontak saja dokter melalui aplikasi Halodoc! Download aplikasinya sekarang juga, ya.


Referensi:

Beaumont Dermatology & Family Practice. Diakses pada 2021. What To Know About Ear Pain In Cold Weather

Well and Good.com. Diakses pada 2021. Yes, Having Ears That Are Super Sensitive to the Cold Is a Thing and I Hate It

Healthline. Diakses pada 2021. How to Treat Ear Pain Brought on by a Common Cold


Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan