• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ternyata, Ini 4 Manfaat Okra untuk Ibu Hamil

Ternyata, Ini 4 Manfaat Okra untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Menjalani masa kehamilan menjadi momen yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Ibu hamil tentunya harus menjaga kesehatan dengan baik agar pertumbuhan dan perkembangan janin berjalan optimal. Cara menjaga kesehatan saat hamil tentunya dengan rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan. 

Baca juga: 6 Makanan Wajib Bumil di Trimester Pertama

Selain itu, memperhatikan asupan nutrisi yang dimakan juga penting bagi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan. Banyak sayuran dan buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, tahukah kamu kalau okra atau yang dikenal dengan lady’s finger adalah sayuran yang bermanfaat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Ini ulasan selengkapnya.

Ketahui Manfaat Okra bagi Ibu Hamil

Okra, dikenal juga dengan lady’s finger adalah salah satu sayuran yang memiliki beragam jenis kandungan yang baik untuk ibu hamil. Dilansir dari Medical News Today, sayuran okra juga mengandung serat yang baik dan kandungan mineral yang tinggi untuk kesehatan ibu hamil.

Di dalam 100 gram okra mengandung 7,5 gram karbohidrat, 3,2 gram serat, 23 miligram vitamin C, 57 miligram magnesium, 82 miligram kalsium, dan 60 microgram folat. Jadi, tidak ada salahnya ibu hamil menjadikan sayuran okra menjadi pilihan yang tepat dan sehat saat menjalani masa kehamilan.

Melihat kandungan okra yang baik untuk kehamilan, ini manfaat yang bisa ibu hamil rasakan, yaitu:

1. Memenuhi Kebutuhan Folat

Dilansir dari Healthline, kandungan folat menjadi salah satu kandungan yang diperlukan oleh ibu hamil. Folat pada ibu hamil mampu menurunkan risiko gangguan pada kehamilan, seperti preeklamsia dan keguguran. Tidak hanya itu, folat membuat perkembangan bayi dalam kandungan optimal dan terhindar dari cacat lahir. Mengkonsumsi okra dapat memenuhi kebutuhan folat ibu hamil setiap harinya. Pastikan saat memasak okra dalam tingkat kematangan yang tepat.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan Ibu Hamil

Sayuran okra mengandung kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Ada banyak manfaat yang bisa ibu hamil rasakan ketika memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh, seperti mencegah sembelit, mengontrol berat badan ibu selama hamil, mengatur gula darah dalam tubuh, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Jadi, tidak ada salah ibu mengonsumsi okra agar kesehatan ibu dan bayi tetap terjaga.

Baca juga: 4 Sayuran Ini Penting untuk Nutrisi Ibu Hamil

3. Menjaga Tumbuh Kembang Bayi dalam Kandungan

Okra menjadi sayuran dengan kandungan antioksidan cukup tinggi. Kekurangan antioksidan pada ibu hamil, seperti mangan, tembaga, dan seng kondisi ini dapat menghambat pertumbuhan bayi dan menurunkan sistem kekebalan tubuh bayi. Selain mengonsumsi sayuran okra, lakukan pemeriksaan kandungan secara rutin pada rumah sakit terdekat untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan bayi tumbuh dengan optimal. Sebelum pergi ke rumah sakit, kamu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Dilansir dari Healthline, sayuran okra dapat menjaga gula darah pada tubuh. Tentu, ibu hamil perlu menjaga gula darah dalam tubuh tetap stabil. Ada berbagai gangguan kesehatan yang bisa terjadi ketika ibu hamil memiliki gula darah yang cukup tinggi, salah satunya adalah diabetes gestasional. Diabetes gestasional adalah diabetes yang dialami pada ibu hamil selama menjalani masa kehamilan saja. Kondisi ini meningkatkan risiko anak terlahir dengan berat badan yang berlebihan.

Baca juga: Waspada, Ibu Hamil Pengidap Diabetes Dapat Alami Keguguran

Itulah manfaat okra yang perlu diketahui oleh ibu hamil. Tidak hanya okra, berbagai macam sayuran dan buah juga perlu dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi bagi ibu hamil maupun bayi dalam kandungan. Selain nutrisi dan gizi, penuhi juga kebutuhan cairan air putih agar kondisi ketuban ibu hamil selalu terjaga dengan baik.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Nutrition and Health Benefits of Okra
Kingdom of Baby. Diakses pada 2020. Okra During Pregnancy
Being The Parent. Diakses pada 2020. Eating Okra During Pregnancy
Medical News Today. Diakses pada 2020. Benefits and Uses of Okra