• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tinggalkan 4 Kebiasaan Makan Tak Sehat Ini Selama Puasa

Tinggalkan 4 Kebiasaan Makan Tak Sehat Ini Selama Puasa

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Ramadan memang menjadi waktu yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Tidak hanya dipenuhi dengan ritual keagamaan yang hanya bisa dilakukan selama bulan ini, bulan ini juga menjadi semakin meriah dengan berbagai tradisi lokal yang terutama terkait dengan makanan dan minuman. Bagi banyak orang, Ramadan juga menjadi sangat nikmat jika dihabiskan dengan orang-orang terkasih.

Meskipun diketahui bahwa puasa selama bulan Ramadan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun faktanya tidak semua orang bisa dipastikan tetap sehat selama menjalani ibadah ini. Apalagi jika seseorang hanya mengikuti Hasrat mereka selama makan sahur dan berbuka puasa tanpa mengindahkan keseimbangan nutrisi. Tak hanya jenis makanan yang dikonsumsi, kebiasaan makan yang salah juga bisa membuat ibadah puasa terganggu.

Baca juga: Alasan Konsumsi Ikan Saat Puasa Bisa Tingkatkan Imunitas

Lantas, apa saja kebiasaan makan yang tidak sehat yang perlu dihentikan selama Ramadan? Berikut ulasannya! 

Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Wajar rasanya jika kamu ingin berbuka puasa dengan makanan yang sedang kamu idam-idamkan. Namun bukan berarti kamu bisa makan sepuasnya selama buka puasa. Jadi alangkah lebih baik untuk tidak menyiapkan terlalu banyak hidangan berbeda untuk menu berbuka puasa. Dengan begini, kamu tidak akan tergoda untuk makan berlebihan, dan secara otomatis akan lebih mudah makan dalam jumlah sedang.

Berbuka Puasa dengan Makanan yang Mengandung Minyak

Biasanya makanan dengan kandungan minyak yang cukup banyak adalah jenis makanan yang menawarkan rasa yang lezat. Namun, makan makanan berminyak seperti gorengan saat perut kosong bisa menyebabkan masalah seperti gangguan pencernaan. Alih-alih mengandalkan makanan berlemak atau junk food, mungkin kamu bisa kembali ke tradisi lama buka puasa, yakni berbuka puasa dengan beberapa kurma dan segelas air atau susu.

Kurma adalah makanan yang memiliki kandungan gula yang baik untuk menggantikan energi segera setelah seharian berpuasa. Kurma juga memenuhi perut dan mencegah kamu makan berlebihan setelahnya. Usai menunaikan salat Maghrib, kamu bisa kembali ke meja makan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Baca juga: Alami Panas Dalam saat Puasa? Hindari 10 Makanan Ini

Mengkonsumsi Minuman Berkafein selama Sahur

Beberapa orang pasti tergoda untuk mendapatkan secangkir kopi pagi setiap hari selama sahur, tetapi ini jelas bukan pilihan paling baik untuk tubuh. Kafein cenderung bersifat diuretik dan akan membuat kamu jadi lebih sering buang air kecil. Jika hal ini terjadi, maka tubuhmu akan dengan mudah mengalami dehidrasi. Kondisi seperti ini sangatlah tidak baik selama berpuasa, apalagi jika kamu tinggal di area dengan cuaca yang panas. 

Hanya Fokus pada Asupan Air Selama Sahur

Dehidrasi adalah tantangan fisik terbesar selama puasa, tetapi mengisi perut dengan terlalu banyak air selama sahur tidak akan berhasil mencegah dehidrasi. Sebaliknya, kamu mungkin menjadi mual atau jadi lebih sering ke toilet untuk buang air kecil. Cara agar tetap terhidrasi di siang hari adalah menghidrasi diri sendiri sepanjang malam.

Kamu bisa mulai dengan minum dua gelas air selama berbuka puasa diikuti oleh segelas air setiap jam sampai kamu tidur. Dengan begitu, kamu hanya perlu menambahkan beberapa gelas air saja selama sahur. Namun, pastikan kamu memiliki setidaknya delapan gelas air per hari untuk mencegah dehidrasi. 

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kebersihan Mulut saat Puasa

Itulah beberapa kebiasaan makan dan minum tidak sehat yang perlu kamu hindari selagi menjalankan ibadah puasa. Ingat, jika kamu mengalami gangguan kesehatan, jangan ragu untuk segera mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc. Dokter selalu siaga memberikan saran kesehatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan kamu. Tunggu apa lagi? Download aplikasi Halodoc kamu dan rasakan nikmatnya terhubung dengan dokter pribadi hanya melalui genggaman!

Referensi:
Brilio English. Diakses pada 2020. 7 Harmful Eating Habits During Ramadan Fasting.
Prime Plus Medical. Diakses pada 2020. Unhealthy Eating Habits to Avoid during Ramadan.