• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tips Aman Berpuasa untuk Pengidap Diabetes

7 Tips Aman Berpuasa untuk Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Pengidap diabetes yang ingin berpuasa harus memperhatikan pola makan, jadwal konsumsi obat, serta aktivitas fisik yang dilakukan. Hal tersebut dilakukan guna mencegah turun atau naiknya kadar gula darah dalam tubuh secara drastis. Saat kondisi tersebut terjadi, gejala yang dialami adalah pusing, sakit kepala, sering haus, lemas, kejang, hingga pingsan.

Baca juga: Waspadai Gejala Diabetes yang Menyerang Tubuh

Turun atau naiknya kadar gula darah dalam tubuh secara drastis pada pengidap diabetes merupakan kondisi yang berbahaya dan perlu mendapatkan penanganan medis yang tepat. Lalu, bagaimana jika pengidap diabetes ingin melakukan ibadah puasa? Berikut tips aman berpuasa untuk pengidap diabetes!

Tips Berpuasa bagi Penderita Diabetes

Saat pengidap diabetes ingin menjalankan ibadah berpuasa, berikut tips aman berpuasa untuk pengidap diabetes:

  • Jangan Melewatkan Makan Sahur

Tips aman berpuasa untuk pengidap diabetes yang pertama adalah jangan melewatkan makan sahur agar cadangan energi selama berpuasa mencukupi dan tidak terjadi hipoglikemia. Nah, hipoglikemia sendiri merupakan kondisi yang terjadi ketika kadar gula dalam darah berada di bawah normal.

  • Makan 3 Kali Sehari

Berpuasa tidak akan bisa membuat kamu makan saat siang hari. Untuk menyiasatinya, sarapan bisa diganti dengan makan sahur, makan siang diganti dengan makan saat berbuka, sedangkan malam malam diganti makan setelah salat tarawih. Pergantian jam makan tersebut dilakukan agar kadar gula dalam darah tidak turun terlalu lama.

Baca juga: Sering Buang Air Kecil Tanda Gangguan Diabetes?

  • Jangan Makan Berlebihan

Porsi makan yang diatur sangat penting untuk mengontrol kadar gula dalam darah, serta berat badan. Meski terasa sangat lapar, disarankan untuk tidak makan terlalu banyak saat berbuka puasa. Sebaiknya kamu mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang dalam porsi secukupnya.

  • Konsumsi Makanan Berserat

Makanan dengan kandungan serat tinggi akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Kandungan tinggi serat dapat kamu peroleh dari nasi merah, gandum, sayur, serta buah-buahan

  • Jangan Konsumsi Makanan Manis

Tips aman berpuasa untuk pengidap diabetes selanjutnya adalah dengan tidak mengonsumsi gorengan atau makanan manis, karena akan menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh, yang mampu meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, pengidap diabetes juga disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan manis guna menjaga kadar gula darah tetap stabil.

  • Cukup Air Putih

Cukup minum air putih penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Konsumsi air putih lebih dianjurkan ketimbang minuman manis atau minuman yang mengandung kafein. Pasalnya, minuman berkafein dapat menyebabkan sering buang air kecil, yang menjadi pemicu dari dehidrasi.

  • Berolahraga Secara Rutin

Tips aman berpuasa untuk pengidap diabetes selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Berolahraga baik untuk menjaga kebugaran pengidap diabetes, asalkan tidak dilakukan secara berlebihan. Aktivitas fisik yang berlebihan bagi pengidap diabetes dapat menyebabkan hipoglikemia. 

Baca juga: Selalu Merasa Kelelahan? Ini 5 Penyebabnya 

Selain beberapa hal tersebut, pengidap diabetes juga perlu memeriksakan kadar gula darahnya secara rutin selama berpuasa. Pemeriksaan gula darah sendiri dapat dilakukan sebanyak 2-4 kali sehari, yaitu setelah sahur, selama berpuasa, serta setelah berbuka. Hal tersebut penting dilakukan guna mencegah terjadinya hipoglikemia atau hiperglikemia.

Selama menjalani ibadah puasa, tetap mengonsumsi obat secara teratur diperlukan. Jika perlu, diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk mengatur ulang jadwal konsumsi obat agar sesuai dengan jadwal makan selama bulan puasa. Kondisi tubuh masing-masing orang akan berbeda. Sebaiknya diskusikan dengan dokter sebelum kamu menjalani ibadah puasa.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. How to Fast Safely: 10 Helpful Tips.
Healthxchange. Diakses pada 2020. Diabetes and Ramadan: 9 Tips for Safe Fasting.
WebMD. Diakses pada 2020. Can You Fast If You Have Diabetes?