• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Tips Belanja Aman di Supermarket agar Terhindar dari Corona

Ini Tips Belanja Aman di Supermarket agar Terhindar dari Corona

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Beberapa waktu belakangan, beredar video yang menunjukkan 2 orang tengah berbelanja di supermarket kawasan Jakarta Selatan, dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap, berupa baju hazmat, sarung tangan, dan masker. Video tersebut lantas viral dan menuai banyak kritikan, karena dianggap terlalu berlebihan. Meski mungkin mereka hanya ingin belanja aman di supermarket, di tengah masa pandemi virus corona, hal itu dinilai hanya akan menimbulkan kepanikan masyarakat lainnya.

Seperti yang diketahui, saat ini, petugas medis yang berada di garda terdepan dalam penanganan infeksi virus corona sedang kewalahan dan tak jarang juga yang kehabisan stok APD. Jadi, jika kamu dalam kondisi yang sehat-sehat saja, tidak perlu menggunakan APD lengkap ketika berbelanja di supermarket atau di tempat umum lainnya, ya. Cukup lindungi diri dengan masker jika kondisi tubuh sedang tidak fit dan selalu jaga kebersihan diri. Agar bisa belanja dengan aman di supermarket, ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu.

Baca juga: Ini yang Harus Diperhatikan saat Isolasi di Rumah Terkait Virus Corona

Tak Perlu Panik, Ini Tips Belanja dengan Aman di Supermarket

Dalam menghadapi pandemi virus corona, pemerintah memang telah beberapa pekan terakhir mengimbau seluruh warga untuk tetap berada di rumah. Aktivitas di luar rumah tetap diperbolehkan, jika memang penting dan darurat saja, seperti misalnya belanja kebutuhan sehari-hari. Namun, karena virus corona diketahui sangat mudah menular, apalagi di tempat-tempat ramai, kamu mungkin akan merasa khawatir dan panik ketika harus belanja di supermarket.

Hal itulah yang mungkin menjadi alasan mengapa ada orang yang nekad mengenakan APD lengkap ketika belanja di supermarket. Padahal, sebenarnya tidak perlu berlebihan juga. Selama kamu menjaga kebersihan diri dan selalu menjaga jarak fisik dengan orang lain saat di luar rumah. Saat belanja di supermarket, kamu juga sebaiknya berbelanja dengan efisien dan cepat, demi mencegah kemungkinan penularan infeksi virus corona.

Nah, agar kamu tetap bisa berbelanja dengan efisien, aman, dan terhindar dari penularan corona, tanpa perlu panic buying juga, berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Buat Perencanaan Makan untuk Seminggu

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum berangkat ke supermarket untuk belanja adalah membuat perencanaan makan untuk seminggu. Iya, tidak perlu sebulan, untuk seminggu saja dulu. Sebab, kadang kalau untuk sebulan, kamu bisa saja kalap atau bingung, dan pada akhirnya mungkin saja jadi membeli yang tidak butuh-butuh amat. Dengan membuat perencanaan makanan selama seminggu, kamu akan jadi lebih mudah untuk mengetahui apa saja yang harus dibeli. 

2. Buat Daftar Belanja

Tak dapat dimungkiri jika ketika belanja, kamu tak hanya akan membeli bahan makanan saja, tetapi juga kebutuhan rumah tangga lainnya. Nah, agar lebih mudah dan cepat, buatlah daftar belanja di secarik kertas atau ponsel. Dengan begitu, kamu dapat berbelanja dengan lebih cepat. Jika sudah buat daftar belanja, pastikan untuk mematuhinya. Jangan dengan sengaja berlama-lama dan keliling-keliling untuk mencari barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. 

Tips lainnya, kamu juga perlu memiliki daftar cadangan untuk barang-barang penting yang akan kamu beli. Sebab, ada beberapa barang yang mungkin sulit dicari di supermarket. Jadi, sebaiknya jangan hanya terpaku pada satu merek atau benda saja. Kamu harus membuat daftar cadangan merek atau barang lainnya sebagai alternatif, jikalau barang yang kamu cari ternyata tidak tersedia di supermarket.

Baca juga: Potensi Virus Corona di Transportasi Umum dan Pencegahannya

3. Hindari Belanja di Jam-Jam Sibuk

Saat masa darurat pandemi corona ini, semua orang memang disarankan untuk melakukan physical distancing (jaga jarak fisik). Namun, hal ini sepertinya agak susah ya kalau dipraktikkan di tempat umum, seperti supermarket. Untuk itu, salah satu cara yang bisa dicoba adalah menghindari waktu belanja di jam sibuk. Jika sudah sering belanja di supermarket tertentu, kamu tentu tahu jam berapa saja biasanya situasi lebih padat dan jam berapa situasi lebih longgar. Nah, belanjalah pada bukan jam sibuk, seperti siang hari atau pagi-pagi sekali saat supermarketnya baru buka.

4. Jangan Belanja Saat Lapar

Ini adalah aturan lama tetapi sepertinya cukup efektif. Sebab, ketika lapar, keinginan untuk belanja cepat bisa jadi akan terganggu. Kamu hanya akan memikirkan makan dan terus mencari makanan yang kamu inginkan di rak supermarket. Akibatnya, selain waktu berbelanja jadi lebih lama, kamu jadi akan kalap beli hal-hal yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan.

5. Jangan Memegang Area Wajah

Fokus dan selalu ingatlah bahwa virus dapat menempel di benda-benda apapun di sekeliling. Ketika belanja di supermarket, tentu sulit untuk tidak memegang benda ini dan itu, karena kamu memang harus memilih barang belanjaan. Jadi, solusinya adalah jangan memegang area wajah sama sekali, selama berbelanja. 

Sebab, seperti banyak diberitakan, virus corona dapat masuk ke tubuh melalui mukosa atau lendir tubuh, seperti pada mulut, hidung, dan mata. Oleh karena itu, selama kamu masih berbelanja dan tidak memungkinkan untuk cuci tangan, jangan menyentuh area wajah kamu sama sekali. Fokuslah untuk berbelanja dengan cepat dan segera cuci tangan ketika selesai dan sampai di rumah.

Baca juga: Cara Hadapi Ancaman Virus Corona di Rumah

6. Segera Bebersih Sebelum Masuk Rumah

Kamu tidak pernah tahu apakah ada virus yang menempel di baju atau tubuhmu. Setelah selesai belanja di supermarket dan pulang ke rumah, jangan sampai kamu malah membawa virus masuk, lho. Untuk itu, segeralah bebersih diri sebelum memasuki rumah, dengan cara:

  • Semprotkan cairan desinfektan ke seluruh pakaian dan sepatu sebelum masuk ke rumah.
  • Langsung bergegas ke kamar mandi untuk bebersih diri dan mandi.
  • Masukkan semua pakaian yang digunakan untuk belanja ke supermarket ke mesin cuci atau bak cuci, dan rendam dengan air serta sabun.
  • Jangan sentuh benda apapun di rumah ketika belum mandi. Hindari juga berkontak fisik dengan anggota keluarga di rumah.
  • Buang semua kertas struk belanja dan karcis parkir di tempat sampah luar, sebelum memasuki rumah. Sebab, virus dapat menempel pada kertas dalam waktu yang cukup lama. 

Itulah beberapa tips belanja aman di supermarket agar terhindar dari virus corona. Sebenarnya mudah, bukan? Jadi, tidak perlu panik dan berlebihan melindungi diri dengan memakai APD ketika belanja. Hal penting yang perlu kamu lakukan adalah selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta tingkatkan imunitas tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Kalau kamu merasa tidak enak badan dan ingin tahu apakah sakitmu adalah gejala corona atau bukan, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter. Pilih menu COVID-19 pada fitur Chat with a Doctor ya, untuk bertanya seputar virus corona pada dokter secara gratis. Kalau dokter meresepkan obat dan vitamin untuk kamu minum, kamu bisa membeli obat dan vitaminnya lewat aplikasi juga, lho.

Referensi:
Today. Diakses pada 2020. How to safely shop for groceries if you're concerned about coronavirus.
The Hill - Changing America. Diakses pada 2020. Can I shop for groceries safely during the coronavirus pandemic?
The Strategist. Diakses pada 2020. How to Shop Safely During the Coronavirus Pandemic.