• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Makan Sehat saat Liburan Natal

Tips Makan Sehat saat Liburan Natal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Libur Natal dan tahun baru sudah semakin dekat ya? Pasti kamu sudah tidak sabar dong ingin berkumpul bersama keluarga di libur panjang akhir tahun ini? Biasanya, apa yang kamu lakukan bersama keluarga? Tak lepas dari makan-makan ya pastinya? Namun sering kali terlupa, sedang liburan, kamu jadi malas olahraga. Apalagi dengan tidak adanya rutinitas yang biasanya kamu lakukan, dan kala makan, kamu jadi lebih kalap. 

Jangan sampai, ya! Ini bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kamu, lho! Bisa-bisa, kamu masuk kerja di awal tahun dan menyambut hari baru dengan kondisi obesitas dan terserang penyakit tertentu karena kebanyakan makan. Lalu, bagaimana sih seharusnya? Ada kok, tips mudah tetap jaga asupan makan tetap sehat dan kaya nutrisi selama liburan Natal. Simak yuk!

  • Utamakan Buah dan Sayuran Segar

Meski liburan, asupan makanan harus tetap kamu perhatikan, supaya liburan kamu bersama orang-orang tersayang tetap berkesan. Nah, di setiap menu makan, usahakan tetap ada buah dan sayuran segar. Tidak harus diolah menjadi makanan, kok, kamu bisa membuat sayuran dan buah segar menjadi minuman yang kaya akan nutrisi, semisal smoothies. Rasanya juga pasti sangat lezat dan tentu saja menyehatkan. 

Baca juga: Liburan Natal, Ini Tips Mengatur Jam Tidur Si Kecil

Namun, bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi daging. Boleh saja, asal kamu pandai-pandai memilih dagingnya dan tidak mengonsumsinya terlalu berlebihan. Lalu, ngemil. Aktivitas ini memang sangat menyenangkan ya dilakukan sembari bersantai dengan keluarga. Namun, usahakan kamu mengonsumsi buah sebagai camilan dan bukan makanan dengan kalori yang tinggi. 

  • Masak Makanan Sendiri

Tak jarang, kamu menjadi malas masak karena ingin lebih santai di hari raya bersama keluarga, sehingga kamu lebih memilih untuk membeli makanan daripada masak sendiri. Padahal, memasak makanan sendiri tentu jauh lebih baik daripada kamu membelinya. Kamu bisa tahu bahan apa saja yang kamu gunakan dan kualitasnya. Cara pengolahannya pun tentu lebih bersih daripada kamu beli di luar. 

Makanan olahan memang belum tentu terjamin higienitas dan kualitas bahannya. Tak jarang, ini justru membuat kamu mudah mengalami masalah pencernaan, misalnya karena keracunan makanan. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena sekarang kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter tindakan pengobatan apa yang bisa kamu gunakan. Bisa Tanya Dokter, Beli Obat, Cek Lab, bahkan hingga membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat. 

Baca juga: Liburan Natal Jangan Stres, Hindari Makanan Ini

  • Kurangi Kopi dan Alkohol

Natal memang identik dengan kebersamaan, dan biasanya tak sedikit dari kamu yang memilih untuk mengonsumsi kopi, bahkan minuman beralkohol. Sebaiknya, kamu menggantinya dengan konsumsi air putih, karena ini lebih menyehatkan. Kafein atau alkohol yang terlalu banyak akan memperberat kerja ginjal dan beberapa organ penting lainnya, termasuk hati dalam menetralisir racun dari alkohol yang kamu konsumsi.

  • Hindari Makanan Siap Saji

Bosan dengan makanan yang begitu saja? Jajan di restoran cepat saji sepertinya lebih menyenangkan, ya? Namun, jangan salah, karena ini bisa membuat kamu rentan mengalami masalah obesitas, kolesterol, dan tekanan darah tinggi yang akhirnya berujung pada penyakit jantung. Sekali lagi, makanan sehat, seperti sayur dan buah lebih nikmat, kok, bahkan tidak kalah nikmat dari makanan siap saji

Baca juga: Liburan Natal, Saatnya Pilih Camilan Sehat Ini



Referensi: 
Mayo Clinic News Network. Diakses pada 2019. 10 Healthy Holiday Nutrition Tips.
Harvard Health Blog. Diakses pada 2019. 12 Tips for Holiday Eating.
Family Doctor. Diakses pada 2019. Tips for Eating Healthy During the Holidays.